Share on Pinterest
More share buttons
Bendungan Katulampa

Yuk, Kita Mengenal Bendung Katulampa Bogor!

Saat musim hujan tiba, tak jarang Bogor menjadi sorotan media. Salah satu julukan yang melekat pada kota Bogor adalah kota hujan. Hal itu dikarenakan intensitas curah hujan di daerah Bogor melebihi daerah lain. Terlebih di saat musim penghujan, Bogor seharian basah. Namun hal itu tak menjadi masalah bagi warganya yang memang terbiasa. Bahkan semasa saya kuliah dulu, salah satu dosen saya tidak menerima alasan mahasiswanya yang tidak masuk atau terlambat karena hujan. Hujan bukan alasan.

Kalau kamu liburan di Bogor, cobalah mengulik tentang sejarahnya. Salah satu lokasi wisata di Bogor yang memiliki nilai sejarah namun luput dari perhatian adalah kawasan Katulampa. Disana terdapat sebuah bendungan bernama bendung Katulampa. Pasti kamu sudah tidak asing dengan nama bedungan ini kan? Bendungan Katulampa sering kali dikaitkan dengan banjir di ibukota. Sedih yaaa.

Bendungan Katulampa terletak di Kel. Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat. Bangunan ini dibangun pada masa kolonial Belanda yaitu pada tahun 1911 dan selesai pada awal Oktober 1912. Peresmian bendung Katulampa melibatkan sejumlah petinggi Belanda yang pada masa itu menduduki wilayah Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor). Hal ini memperlihatkan betapa pentingnya proyek pembangunan Katulampa bagi kedua wilayah itu. Adalah Gubernur Jenderal Alexander Willem Frederik Idenburg yang meresmikan bendung Katulampa pada tanggal 11 Oktober 1912.

Bendungan Katulampa

Bendung Katulampa (sumber: www.ahermediacentre.com)

Bendung Katulampa pada masa itu memiliki dua fungsi utama, yaitu fungsi irigasi dan fungsi peringatan dini terhadap bahaya banjir sungai Ciliwung. Namun semenjak banyak beralihfungsinya lahan persawahan di kawasan Jakarta menjadi gedung-gedung tinggi pencakar langit, fungsi irigasi bendung Katulampa tak lagi punya daya.

Bandungan Katulampa Bogor

Kini banyak orang yang datang untuk melihat-lihat (sumber: radarcirebon.com)

Banyak orang yang salah paham akan bendung Katulampa sebagai penyebab banjir ibukota. Namun hal itu buru-buru dibantah oleh Badan Penanggulangan Bencana pada saat banjir menimpa Jakarta lima tahun silam. Bendung Katulampa memang tidak memiliki pintu, jadi bendungan ini tidak bisa ‘menahan’ air selayaknya pintu air manggarai. Fungsi bendung Katulampa adalah memantau tinggi rendahnya debit air sehingga bisa menyampaikan peringatan dini kepada pos-pos pintu air di Jakarta untuk siap siaga seumpama debit air sungai Ciliwung meluap. Karena dahulu pada tahun 1872, bencana banjir besar pernah melanda Jakarta yang mengakibatkan kerugian besar. Oleh karenanya, Belanda yang saat itu masih menjajah Indonesia berinisatif untuk membangun bendungan ini agar ketinggian debit air dapat terpantau. Jadi, jangan salahkan Bogor lagi ya!?

Katulampa Bogor

Katulampa saat kemarau (beritadaerah.com)

Untuk sampai ke bendung Katulampa, kamu akan melewati jejeran rumah makan dan hotel di Bogor. Lokasinya tak jauh dari pusat tas dan rekreasi keluarga SKI Tajur Katulampa. Sesampainya disana kamu bisa menikmati derasnya aliran sungai Ciliwung dari balik kaca mobil, tapi itu jika debit air sedang tinggi. Namun jika musim kemarau, aliran air disini terlihat tenang dan normal. Jika merasa bosan hanya memandangi bendungan, jangan khawatir! Di sekitar bendung Katulampa terdapat banyak tempat wisata air. Kamu bisa melipir kesana dan menikmati pemandangan indah dengan gemericik air yang syahdu sembari melahap makan siangmu disana. Jangan salahkan saya ya kalau kamu betah berlama-lama dan bisa jatuh cinta sama Bogor.

9144 Total Views 28 Views Today
Yuk, Kita Mengenal Bendung Katulampa Bogor!
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,301 times, 1 visits today)


About

Blogger. Freelancer. Contributor.


'Yuk, Kita Mengenal Bendung Katulampa Bogor!' have 1 comment


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool