Share on Pinterest
More share buttons

Yuk Buru Kue Oleh-Oleh Bogor Kekinian, Bika Bogor!

Setiap tempat di Indonesia adalah istimewa. Selain keragaman budaya, aneka penganan dan kuliner khas daerah tertentu selalu menjadi inceran para wisatawan, terutama wisatawan domestik. Jika soal pariwisata, wisatawan mancanegara rela untuk menginap di hotel  terdekat dengan pusat wisata di daerah kota maupun kabupaten di Bogor, demikian pula wisatawan domestik. Kita nih, biasanya suka berburu kuliner, karena memang lidah Indonesia yang terbiasa dengan pelbagai makanan nusantara dan mudah beradaptasi dengan makanan luar pun pastinya ingin merasakan sensasi makanan khas daerah. Bogor, sebagai destinasi favorit terutama warga Jabodetabek juga menyimpan potensi kuliner khas bogor yang beragam. Tak hanya kulineran yang makan di tempat, pulangnya pun, mesti deh, ada oleh-oleh khas bogor yang dibawa untuk sanak saudara dan teman-teman di daerah asal.

Talubi alias talas ubi merupakan ikon bahan baku oleh-oleh bogor. Dulu, talas bogor hanya sekedar umbi-umbian yang dijual di pinggiran jalan. Diolah, dengan direbus dan menjadi singkong atau ubi rebus dan goreng. Namun saat ini beragam penganan dibuat dari talubi. Penganan inovatif ini juga berpotensi untuk menjadi oleh-oleh khas bogor yang menarik. Dari hanya sekedar “buah” talas, sekarang, banyak sekali bentuk kue dan makanan lain berbahan dasar itu.

oleh oleh khas bika bogor

bika bogor lembutnya menggoda

Bika Bogor, misalnya. Bika ambon yang sudah lama menjadi khas di Medan, kini juga menjadi favorit oleh-oleh bogor. Sebab, bika bogor walaupun berjenis “bika”, namun jauh berbeda dari sisi kelezatan. Ini subyektif loh ya, tapi rata-rata bilang begitu. Jika bika ambon banyak pula yang tidak suka karena katanya manis nya “keterlaluan” dan di perut suka “gak nyaman” karena bika ambon itu tepungnya “full” membuat perut cepat “begah”. Katanya sih, faktor lain karena adanya daun jeruk dan sereh yang membuat baunya menyengat dan malah menghilangkan selera.

Tidak demikian dengan bika bogor. Teksturnya lebih padat namun rasanya tidak tajam karena bahan diatas dihilangkan. Bau dan rasanya, talas bogor banget yang enak. Pun varian lain yang juga menggoda. Tekstur bika yang kembang-kempis di dalam, di bika bogor tetap sama. Namun tidak lengket dan meluber yang kadang membuat orang kurang suka.

sampel bika bogor yang enak banget

sampel bika bogor yang enak banget

Bika bogor memang berbahan dasar talas bogor dan ubi, alias talubi. Namun bukan itu saja keunggulannya. Dari rasa yang lebih universal sehingga banyak lidah masyarakat yang membeli cocok. Permisif lidahnya dengan rasa enak bika bogor. Kue yang tak begitu membuat perut seakan kekenyangan dan ketakutan akan per-lemak-an yang membuat badan jadi gemuk.

Bika bogor lebih sehat. Teksturnya yang lembut dan tanpa bahan pengawet membuat oleh-oleh ini cocok untuk mereka yang suka kealamian dan kesehatan. Karena tanpa bahan pengawet, catat ya, hanya tahan 4 hari saja. Jangan senang dulu kalau expired date oleh-oleh masih lama. Karena dengan demikian patut dicurigai dibuat dengan bahan pengawet yang pastinya tak sehat untuk tubuh dan berakibat fatal dalam jangka panjang. So, Bika Bogor “talubi” ini memang pilihan yang tepat.

Bika bogor merupakan salah satu inovasi menarik. Kekinian banget untuk penganan berbahan talas bogor. Merk terkenal saat ini adalah Bika Bogor Talubi. Dikemas rapi dan menarik dalam box, Bika Bogor Talubi memiliki beberapa outlet di Kota Bogor yang strategis sehingga kita dari arah mana saja bisa menemukannya.

suasana di dalam outlet

suasana di dalam outlet

oleh oleh bogor bika bogor di Padjadaran

outlet bika bogor di Padjadaran. Sekitar 200m sebelum/sesudah Mall Ekalos/Lippo Mall

Outlet yang ada sangat strategis, yaitu di Jalan Raya Gadog-Puncak sebelah Vimala Hills. Ini outlet pertama yang sukses mencuri perhatian pemburu oleh-oleh sejak dibuka tahun 2014. Pada akhir tahun, cabang kedua dibuka, yaitu di Jalan Padjadjaran dan kemudian tahun berikutnya di Jalan Soleh Iskandar No 18 B. Aha, tiga cabang outlet ini memang seakan menyambut tamu-tamu yang datang ke Bogor dari arah jalan tol! Karena di padjadjaran bisa kamu tempuh dengan keluar tol jagorawi, di gadog bisa keluar tol gadog, dan di soleh iskandar keluar di toll BORR (Bogor Outer Ring Road).

Kebetulan, saya berkunjung ke gerai yang ada di Padjadjaran. Tempat yang cozy dengan nuansa hijau ini memang utamanya menjual Bika Bogor. Namun beragam penganan oleh-oleh lain juga ada. Misalnya donat madu, lapis talubi dan brownies maupun berbagai keripik dan makanan kering lainnya.

oleh oleh bogor bika Padjadaran

bika bogor Padjadaran

bika bogor 2

Bika Bogor memiliki 4 varian rasa yang enak. Kita bisa memilih, rasa  coco pandan, talas, nangka dan ubi. Semua rasa ini favorit dan enak. Untuk yang suka simpel, lapis talubi cokelat dan lapis talubi green tea bisa kamu tambahkan ke keranjang. Brownies kukus talas original juga menjadi pilihan menarik. Saya sukanya sih brownies kukus hehe.. Nah, inovasi lainnya dari Bika Bogor, ada mini bika bogor yang dalam 1 kotak ada 10 pcs mix kombinasi rasa pandan, talas dan nangka.

Tokoh Aceh

bika mini

dikemas dengan praktis, cocok untuk yang ngga mau repot potong2

dikemas dengan praktis, cocok untuk yang ngga mau repot potong2

Soal harga, ngga mahal. Standard oleh-oleh kue khas bogor aja. Bika Bogor harganya Rp 35ribu, Lapis talubi Rp 29ribu, Brownies Rp 32ribu, dan mini bika harganya hanya Rp 29ribu. Saya rasa, ini semua harga standard untuk oleh-oleh kue jenis ini.

Bagi kamu yang ingin nanya-nanya pun, Bika Bogor ternyata memiliki akun sosmed loh. Di LINE, ada @bikabogor atau PIN BB : TALUBI. Selain itu SMS dan WA bisa kamu catat nih, di 0888 4829 626. Jadi jangan ragu kalau mau order atau sekedar nanya-nanya. Jangan lupa berburu oleh-oleh bogor Bika Bogor ya kalau datang ke Bogor!

Dapatkan banyak pilihan Hotel Murah hanya di Ezytravel.co.id dan jangan lewatkan banyak Promo Diskon lainnya
3120 Total Views 6 Views Today
Yuk Buru Kue Oleh-Oleh Bogor Kekinian, Bika Bogor!
Vote Us
(Visited 1,848 times, 3 visits today)


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'Yuk Buru Kue Oleh-Oleh Bogor Kekinian, Bika Bogor!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool