Share on Pinterest
More share buttons

Yuk Berbudaya Cinta Bogor dengan Ide Berani dan MelekBogor!

Ezytravelers masih ingat cerita saya mengenai Bogor memiliki 90 komunitas? Hehe. Itu sudah saya ceritakan dalam tulisan Ulang Tahun Bogor Ngariung. Puluhan komunitas yang ada di Bogor patut dikulik, saat ini saya tertarik membahas mengenai kebudayaan yang ada di Bogor. Adapun komunitas dengan kategori budaya di Bogor, antara lain : 1. Kampoeng Bogor, 2. AICT (Ambassador Indonesia Culture and Tourism), 3. Mojang Jajaka Kota Bogor. Tak kenal maka tak sayang, tak kenal maka kenalan! Haha, sekarang kenalan dulu yuk kenalan dengan satu komunitas budaya di Bogor, yaitu Komunitas Kampoeng Bogor!

Kampoeng Bogor, komunitas yang memiliki motto “Memuliakan Pusaka adalah juga Memuliakan Kehidupan” ini punya beberapa program andalan yang bisa buat kita melek tersadar pentingnya menjaga kebudayaan di suatu wilayah. Highlight programnya antara lain, Cerita Kota, #MelekBogor, Unggah Unduh Kota.

Cerita kota memiliki makna menceritakan kisah tentang kota dan warganya, lebih spesifiknya seperti cerita suatu lokasi dengan sudut pandang sejarah dan budayanya. Contohnya saja bahasan Alun-alun Empang. Program selanjutnya adalah #MelekBogor, sebuah gerakan membangun heritage inventory dalam media baru.  Seperti yang diceritakan dalam laman #melekbogor, Bogor sebagai kota yang masih kaya akan pusaka, pelestarian pusaka baik penataan lingkungan fisik dan kegiatan non fisik pun menjadi latar belakang adanya #MelekBogor ini. Singkat katanya, supaya kita sebagai warga Bogor ini tidak hanya tidur, bangun, makan, dan jalan di Bogor tapi ‘melek’ perihal budaya yang ada untuk terus dilestarikan dan pengembangan kota Bogor tercinta. Program Melek Bogor bertujuan untuk membangun heritage inventory dalam bentuk web dan aplikasi smartphone. Keren kan?

Saat ini ada banyak komunitas yang bergabung dalam kegiatan #MelekBogor, diantaranya adalah; Komunitas Kalam, Gebu Cinta, Paguyuban Mojang dan Jajaka Kota Bogor, Bogor Ngariung, Dongscrew, Parpala Trippers, Bogorisme. Adapun social media yang bisa kamu akses untuk kepo-in #MelekBogor ini Twitter: @melekbogor, Instagram: @melekbogor. Dan Youtube Channel: Melek Bogor.

Sehubungan dengan mendukung budaya kemajuan kota Bogor, selain #melekbogor dari KampoengBogor, komunitas Bogor BISA pun punya program yang bermana IDE BERANI.  Kemarin tanggal 30 dan 31 Maret 2017 telah dilaksanakan Diskusi Hangat Tata Kota, Komunitas, & Suistainable Development Goals (SDGs) dan Kontes Ide Berani Batch 2 di Plaza Telkom pajajaran Bogor. Diskusi mengenai pengembangan Tata Kota dan Sustainable Development Goals dan Ide Berani Batch 2 dihadiri oleh beberapa pakar dalam bidang Tata Kota, Komunitas, dan SDG’s, antara lain dari Ngabogor (Bapak Edgar Suratman), Kampoeng Bogor (Putri Cantika), Bogor Ngariung (Robby Firliandoko), dan 2030 Youth Force (Ronald Unan).

Ide Berani Melek Bogor

Diskusi Hangat Tata Kota Bogor (Dok. Septian Awaludin)

Komunitas Bogor Bisa memiliki misi berfokus pada pengembangan sumber daya teman muda, supaya anak muda masa kini tidak menjadi generasi muda yang kegiatannya hanya mengkritik kerja pemerintah atau mengeluh di media, tapi dapat berkontribusi positif untuk kemajuan kota Bogor. Tak heran anak muda usia 16-22 tahun pun turut hadir serta berkompetisi di Kontes Ide Berani Batch 2.  Konsep Ide Berani adalah Hackthon for Student pertama di Kota Bogor, acara 2 hari itu bertujuan untuk menginkubasi teman-teman muda agar mengenal lebih jauh tentang kotanya, menemukan potensi dirinya ide kreatifnya, dan menjembatani idenya agar di dengar oleh pemerintah.

Ide Berani Melek Bogor

Diskusi Hangat Komunitas Bogor (Dok. Septian Awaludin)

Pelajar dan Mahasiswa yang tergabung sebagai peserta kemarin, yaitu SMAN 5 Bogor, SMAN 2 Bogor, SMAN 3 Bogor, SMAN 6 Bogor, SMX, Green Ecopreneur School , hingga Universitas Gajah Mada pun datang.  Tujuan penyelenggaraan Ide Berani yaitu untuk mebentuk budaya merealisasikan ide untuk kemajuan kota, mulai dari mecari tantangan sekaligus solusi untuk memecahkan tantangan tersebut. Bekerjasama dengan Ruang Akal dan O labs, kegiatan diskusi hangat dan Kontes Ide Berani pun berjalan hangat dan seru.

Ide Berani Melek Bogor

Juara 1 Kontes Ide Berani (Dok. Rio Sapta Samudera)

 

Ide Berani Melek Bogor

Juara 2 Kontes Ide Berani (Dok. Rio Sapta Samudera)

 

 Ide Berani

Kontes Ide Berani Batch 2 (Dok. Lukman Yullyadi)

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: Hotel di BogorPaket Wisata murah dan bisa bikin visa online dengan budget terjangkau. Mau?

Pada akhir acara pun diumumkan pemenang Kontes Ide Berani ini, yaitu dijuarai oleh SMAN 6 dengan proyek membuat gerakan NgaBogor, lalu Juara 2 yaitu SMAN 2 Bogor dengan proyek membuat teknologi pemanfaatan energi dari air hujan. Selamat ya kepada pemenang Kontes Ide Berani Batch 2! Yuk kita berbudaya melek bogor dengan berani beride dan merealisasikannya! Kalau bukan kita yang beraksi untuk Bogor, siapa lagi? 😉

141 Total Views 1 Views Today
Vote Us
(Visited 34 times, 1 visits today)



'Yuk Berbudaya Cinta Bogor dengan Ide Berani dan MelekBogor!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool