Share on Pinterest
More share buttons

Wisata Sejarah: Petilasan Prabu Siliwangi di Kaki Gunung Salak Bogor

Pesan Hotel Amaroosa Murah Bogor

Yuhuuuu. Long weekend telah tiba. Hari libur nasional seperti hari ini sering dimanfaatkan sejumlah orang untuk berwisata. Apalagi mereka yang sengaja mengambil cuti di hari esok demi mendapatkan waktu libur yang lebih lama. Ada yang sudah jauh-jauh hari memesan tiket pesawat murah untuk bisa menghabiskan waktu bersama keluarga nun jauh di mata. Tapi untuk kamu yang tidak bisa berpergian jauh namun ingin cuci mata dan memperkaya pengetahuan, kamu gak salah baca tulisan ini.

Indonesia negara yang sarat akan budaya dan mitologi. Untuk kamu yang senang berwisata sejarah, wisata Bogor memiliki segudang lokasi yang bisa menambah wawasanmu. Kamu kenal Sri Baduga Maharaja atau yang lebih akrab dengan sebutan Prabu Siliwangi? Kalau kamu sering nonton sinetron laga ‘Raden Kian Santang’ kamu pasti sudah tak asing lagi dengan nama tersebut. Konon kabarnya, sosok Prabu Siliwangi adalah sosok ideal seorang pemimpin di tanah sunda. Kerajaan Pakuan Pajajaran tempat Prabu Siliwangi bertahta dulunya adalah dua buah kerajaan bernama kerajaan Sunda dan Galuh. Pakuan Pajajaran sendiri merupakan nama ibukotanya, yang terletak di wilayah barat pulau Jawa, tepatnya di Bogor, Jawa Barat.

Salah satu lokasi legenda yang memiliki nilai histori tentang Prabu Siliwangi adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkarta yang terletak di kaki gunung Salak, Ciapus, Kec. Taman Sari, Kab. Bogor. Letak Pura ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Bogor, tak jauh dengan wisata air Curug Nangka. Dari jalan utama, kamu masih harus menempuh perjalan kurang lebih satu kilometer untuk sampai di Pura ini.

Papan Petunjuk Arah Menuju Pura

Papan Petunjuk Arah Menuju Pura

Pura ini merupakan pura terbesar di Jawa Barat dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Arti dari nama ‘Parahyangan Agung Jagatkarta’ adah alam dewata suci sempurna. Nama Parahyangan diambil karena letaknya di wilayah Parahyangan. Suguhan pemandangan alam yang indah di sekitar Pura menjadi nilai plus yang membuat pengunjung semakin tertarik untuk berwisata ke Pura ini.

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Menurut legenda, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta ini merupakan tempat Prabu Siliwangi beserta prajurit mencapai moksa (menghilang) dan tidak pernah diketahui keberadaannya hingga sekarang. Sebelum dibangun Pura, tempat ini diyakini sebagai persemayaman dan pemujaan terhadap Prabu Siliwangi dan para hyang (leluhur) dari Pakuan Pajajaran dan dibuat sebuah candi macan hitam dan macan putih sebagai bentuk penghotmatan kepada Prabu Siliwangi. Kemudian pada tahun 1995, candi itu dihilangkan dan dibuatlah Pura ini meski belum memiliki bangunan yang sempurna.

pura di bogor

Sebuah Patung di zona Nista Mandala (zona terluar, pintu masuk pura)

pura di bogor

Patung Ganesa di Madya Mandala (Jaba Tengah)

bergaya ala patung Ganesha di Pelataran Pura

bergaya ala patung Ganesha di Pelataran Pura

Untuk masuk ke Pura ini, pengunjung tidak ditarik biaya resmi tapi terdapat sebuah kotak dimana pengunjung bisa menaruh uang seikhlasnya untuk para penjaga Pura. Sebelum masuk ke Pura, pengunjung diharuskan memakai seutas kain berwarna kuning, merah, putih, atau hitam  yang diikatkan di pinggang dan dapat dikembalikan pada akhir kunjungan. Dulu, Pura ini sangat terbuka untuk umum hingga memasuki tempat ibadahnya. Namun sejak dua tahun yang lalu, pengunjung hanya bisa melihat dan berfoto di pelataran dan samping Pura.

Pura Pasar Agung

Pura Pasar Agung dan Pura Melanting bersebelahan dengan Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Tata Tertib Masuk ke Pura

Tata Tertib Masuk ke Pura

Selain Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, terdapat pula dua pura lain yang berukuran lebih kecil, yaitu Pura Pasar Agung dan Pura Melanting. Oiya, untuk masuk ke Pura ini ada tata tertibnya loh, salah satunya bagi perempuan yang sedang datang bulan dilarang memasuki pura ini. Ini tempat suci.

53649 Total Views 40 Views Today
Wisata Sejarah: Petilasan Prabu Siliwangi di Kaki Gunung Salak Bogor
5 (100%) 2 votes
(Visited 25,009 times, 1 visits today)


About

Blogger. Freelancer. Contributor.


'Wisata Sejarah: Petilasan Prabu Siliwangi di Kaki Gunung Salak Bogor' have 12 comments

  1. 02/21/2015 @ 8:16 am Selviana Saefulloh

    Wowww seru yaaa. Kalau mau kesana pakai kendaraan umum mesti gimana ya?

    Reply

    • 09/29/2015 @ 11:29 pm Rian nyobe

      klo mau ketempat ini gampang koq..

      Reply

    • 01/28/2016 @ 10:18 pm shaden

      Main ke situs batu keris kujang,ada tempat patilasan eyang prabu siliwangi,di kampung tenjo laya

      Reply

    • 07/24/2016 @ 2:38 pm rocky

      Bareng aku ajh hehe..

      Reply

  2. 02/21/2015 @ 1:37 pm Angga Dwinovantyo

    Tempat yang paling keren di Bogor buat foto keluarga 🙂 Apalagi kalau ada kabutnya wuuuuuuuw

    Reply

  3. 09/11/2015 @ 4:34 pm made

    sometimes i must come here I love prabu siliwangi

    Reply

  4. 09/19/2015 @ 7:52 pm cecep acoy mulyadi

    Senang rasa hati ini bila mengunjungi nya

    Reply

  5. 11/09/2015 @ 7:56 pm I Gede Gunung, S.Ag S.Pd

    Sy sangat berkeinginan datang ke tempat petilasan Prabu Siliwangi,di gunung salak bogor untuk bersembhyang dan melihat keindahan alam gunung salak bogor mudah-mudahan dapat rejeki yang banyak, Astungkara sekaligus melihat anak yang bertugas di kesatuan KOSTRAD

    Reply

  6. 12/25/2015 @ 9:58 pm iful h

    Liburan ini pgn ke pura nan elok ini

    Reply

  7. 07/26/2016 @ 4:23 pm Pura Parahyangan Bogor, Satu Lagi Tempat Wisata Hits yang Harus Kamu Kunjungi di Akhir Pekan | Kepolagi.com

    […] Pura di lereng gunung salak via hellobogor.com […]

    Reply

  8. 08/21/2016 @ 11:21 am Herdian

    Disana ada jg kawah ratu tempet yg paling sakral jalanya banyak yg indah

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool