Share on Pinterest
More share buttons
Moseleum Van Motman

Wisata Sejarah ke Moseleum Van Motman di Bogor

Setelah kopi dikembangkan Belanda di Batavia, salah satu wilayah di nusantara yang digunakan sebagai perkebunan kopi adalah Bogor. Di masa pemerintahan Gubernur Jenderal Herman Williem Daendels (1808-1811), seorang tuan tanah pemilik perkebunan kopi tersebut bernama Van Motman. Saat ini, peninggalan Van Motman masih bisa dilihat. Salah satunya adalah moseleum yang dahulu di tempat itu disemayamkan empat jenazah dari keluarganya.

Moseleum Van Motman

Moseleum Van Motman

Moseleum Van Motman terletak di Kampung Pilar, Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Di dokumen sejarah peninggalan Belanda, daerah ini dikenal dengan nama Djamboe. Berjarak 25 kilometer dari Bogor ke arah Jasinga. Lokasi moseleum dari jalan raya sekitar enam menit jalan kaki. Banyak kisah menarik di balik moseleum Van Motman. Peninggalan sejarah berupa bangunan yang merupakan replika Gereja Santo Petrus yang ada di Roma, Italia ini akan indah seandainya dirawat dengan baik. Sayangnya, sebagaimana nasib bangunan bersejarah lain, moseleum Van Motman juga tak luput jadi korban vandalisme. Banyak coretan di dalam maupun di luar bangunan. Bahkan menurut kabar yang beredar, tahun 1970-an moseleum ini dijarah habis-habisan. Barang-barang yang dirasa mempunyai nilai ekonomis seperti kaca, besi, marmer, bahkan empat mayat keluarga Van Motman yang disimpan di moseleum hilang tanpa bekas. Yang tersisa hanya bangunan yang sampai sekarang masih bisa kita saksikan. Meskipun demikian, perlu disyukuri juga bangunan moseleum dan beberapa nisan yang berbentuk seperti tugu di situs ini masih ada.

Di masa jayanya Van Motman juga membangun dua landhuis atau rumah peristirahatan. Rumah yang pertama terletak di Daerah Jambu tetapi sayangnya bangunannya sudah hilang sama sekali. Yang tertinggal hanya moseleum yang hingga saat ini masih bisa kita lihat. Satu lagi masih utuh dan terawat dengan baik karena berada di dalam kompleks kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga. Landhuis peninggalan Van Motman itu sekarang difungsikan sebagai guest house oleh IPB.

Van MotmanUntuk mengunjungi rumah peristirahatan yang ada di kampus IPB atau melihat moseleum di daerah Leuwisadeng, kita bisa menggunakan angkutan umum jurusan Jasinga. Atau bila menggunakan kendaraan sendiri, itu lebih nyaman. Rumah peninggalan Van Motman yang berada di kampus IPB tentulah sangat mudah ditemukan. Bisa dibilang semua orang tahu di mana lokasi IPB Dramaga. Jadi tinggal masuk ke kompleks IPB, tanya di mana lokasi guest house IPB kepada salah satu mahasiswa yang bertebaran di kampus itu, landhuis Van Motman pasti tanpa kesulitan langsung bisa dijumpai.

Sedangkan untuk menemukan lokasi bekas rumah peristirahatan kedua yang sekarang sisanya tinggal moseleum dan beberapa nisan berbentuk tugu, kita perlu cermat mengamati penunjuk arah menuju lokasi yang terpancang di pinggir jalan raya Bogor-Jasinga. Hal ini perlu dilakukan karena lokasi moseleum berada di dalam perkampungan. Hanya penunjuk arah itu yang memandu kita ke situs moseleum Van Motman dengan cara cukup berjalan kaki lurus mengikuti jalan kampung.

Moseleum Van Motman merupakan bangunan bersejarah yang menarik untuk didatangi. Masukkan tempat ini ke dalam agenda kunjungan wisata di Bogor Anda. Atau bila Anda dan keluarga sedang berlibur di Bogor, wisata sejarah ke moseleum ini bisa menjadi alternatif kunjungan sekaligus mengajarkan kepada anak-anak sejarah yang terjadi di negeri ini khususnya di Bogor. Jangan sampai anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa abai akan sejarah bangsanya sendiri.

5199 Total Views 3 Views Today
Wisata Sejarah ke Moseleum Van Motman di Bogor
5 (100%) 3 votes
(Visited 1,280 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Wisata Sejarah ke Moseleum Van Motman di Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool