Share on Pinterest
More share buttons
Masjid Al Mustofa Bogor

Wisata Sejarah Ke Masjid Tertua di Kota Bogor

Ramadhan kali ini rasanya nggak lengkap kalau kita nggak mencoba mengunjungi tempat-tempat bersejarah, khususnya bangunan yang berhubungan dengan tempat wisata di bogor tentang sejarah Islam yang ada di Kota Bogor. Salah satu diantaranya adalah bangunan masjid tertua di Bogor yang berusia ratusan tahun, konon di bangun sekitar abad ke 17, yakni tahun 1728 oleh pendirinya yaitu Tubagus Mustofa Bakri. Beberapa waktu lalu saya mencoba untuk menelusuri atau mencari tau dimana letak adanya masjid tertua yang bernama Masjid Al-Mustofa ini. Dari sejarah yang saya baca, masjid ini kental oleh perpaduan ulama Cirebon dan Banten. Tubagus Mustofa Bakri bin  Tubagus Abdul Qodir sendiri adalah sosok yang memiliki garis keturunan langsung dari Sunan Gunung Jati.

Mesjid Al Mustofa Bogor

Masjid ini berdiri di pemukiman padat di Daerah Bantarjati. Yang dahulunya dikenal bernama Kampung Baru. Kampung ini konon adalah cikal bakal berdirinya Kota Bogor. Dan merupakan tempat berkumpulnya para pejuang kemerdekaan, khususnya pejuang Islam. (dari berbagai sumber). Berada di gang kecil, Gg. Masjid Al-Mustofa, tepatnya di Jl. Ciremai Ujung Bantarjati Kaum.

Masjid yang sudah beberapa kali mengalami renovasi ini masih tetap terasa kental bangunan aslinya, Bangunan berupa tiang yang ada di dalam masjid dulunya terbuat dari kayu jati yang terdapat Sembilan goresan yang melambangkan Walisongo, namun sekarang diganti menjadi beton dengan tidak menghilangkan elemen bangunan baik struktur maupun ornamen yang ada di masjid.

Mesjid Al- Mustofa

Masjid atau Mesjid Al- Mustofa yang sudah dijadikan cagar budaya oleh pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menyimpan juga sejarah lainnya, yaitu dengan adanya peninggalan sejarah berupa Al-Quran dan khotbah shalat Jumat yang ditulis tangan, yang saat ini disimpan dalam sebuah kotak kaca yang berada di dalam Masjid. Dari info yang ada di dalam masjid, Al-Quran ini disebut ditulis tangan oleh putera pertama dari Tubagus Mustofa Bakri, namun sayang tulisannya tidak jelas terbaca oleh saya. Selain Al-Quran, di komplek ini juga terdapat mata air yang tidak pernah kering dari jaman dulu, yang selalu digunakan oleh warga untuk wudhu, mensucikan diri sebelum masuk masjid.

Mesjid Al- Mustofa

Al-Quran yang ditulis tangan

Saat ini masjid ini masih aktif dimanfaatkan atau digunakan warga untuk melakukan ibadah, kemarin saat saya mampir untuk melakukan shalat Ashar, banyak anak-anak kecil yang sedang belajar mengaji. Dan berada didalam masjid yang berusia ratusan tahun memang terasa beda.

Mesjid Al- Mustofa

Mungkin teman-teman juga tertarik untuk menapaki jejak-jejak sejarah Islam di Kota Bogor? Masjid ini wajib menjadi destinasi wisata Bogor untuk mengenal sejarah Islam. Jika tertarik, ada dua cara untuk bisa sampai ke sini. Pertama melalui rute dari arah Plaza Jambu Dua. Disebelah kiri sebelum masuk parkir belakang atau arah pasar Jambu Dua, disitu ada plang nama jalannya, Jl. Ciremai Ujung. Ikuti saja jalan itu nanti akan ketemu gang yang ada gapura bertulisan Selamat Datang di Masjid Al-Mustofa, adanya sebelah kiri. Jalan Ciremai Ujung ini tembusnya nanti ketemu dengan Taman Kencana.

9138 Total Views 30 Views Today
Wisata Sejarah Ke Masjid Tertua di Kota Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,436 times, 1 visits today)


About

Blogger | @melfeyadin


'Wisata Sejarah Ke Masjid Tertua di Kota Bogor' have 2 comments

  1. 06/30/2015 @ 1:09 pm Rumah Murah

    wah terima kasih infonya ya, siap meluncur nih ke TKP

    Reply

    • 06/26/2017 @ 6:32 am Herry Mulyana

      Alhamdulillah, masjid tempat shalat saya dari kecil sampai dewasa ini ternyata merupakan masjid tertua di Kota Bogor.

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool