Share on Pinterest
More share buttons

Wisata Sejarah di Bogor: Prasasti Kebon Kopi II

Bila ingin belajar peradaban manusia, mulailah menengok ke belakang. Lihat dan pelajari sejarah yang terjadi. Setiap bangsa memiliki sejarahnya sendiri. Ada kalanya terdapat keterkaitan sejarah antar bangsa. Di Bogor, kita bisa melakukan itu: belajar sejarah. Saat sedang liburan di Bogor dan memiliki cukup waktu, sempatkan mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Berwisata ke Bogor tidak mesti mengunjungi Kebun Raya. Bogor menawarkan banyak situs bersejarah sebagai media belajar peradaban. Salah satu yang bisa kita tuju adalah Prasasti Kebon Kopi II.

Cungkup Prasasti Kebon Kopi II.

Cungkup Prasasti Kebon Kopi II.

Yang disebut Prasasti Kebon Kopi II sendiri barangnya sudah tidak ada di lokasi. Prasasti itu hilang sekitar tahun 1940-an. Hingga saat ini tidak diketahui keberadaannya. Mungkin saja prasasti itu ada di tangan kolektor atau museum di luar negeri, Museum Volkenkunde (Leiden, Belanda) misalnya, yang juga memiliki koleksi arca peninggalan Kerajaan Singosari yang diambil dari Candi Singosari, Malang, Jawa Timur. Prasasti Kebon Kopi II hanya dapat dilihat fotonya di buku-buku sejarah.

Situs Prasasti Kebon Kopi II disebut juga Batu Dakon. Disebut demikian karena selain Prasasti Kebon Kopi II yang sudah hilang, peninggalan bernilai sejarah lainnya yang masih bisa dilihat di tempat itu adalah dua batu dakon/congklak dan tiga menhir (tiang batu/tugu batu). Benda-benda ini ada di dalam cungkup yang melindunginya. Di depan cungkup terdapat sebuah plang bertuliskan Prasasti Kebon Kopi II (Batu Dakon). Lima prasasti yang merupakan hasil penggalian tim dari Puslitarkenas pada tahun 1980-an tersebut merupakan peninggalan tradisi megalitikum. Hasil kerja tim Puslitarkenas ini menjelaskan adanya tempat pemujaan dari warga setempat masa itu yang berkembang jauh sebelum datangnya pengaruh Hindu.

batu dakon

Batu Dakon.

Batu dakon yang kita bisa lihat hingga sekarang diperkirakan memiliki fungsi sebagai tempat saji atau sistem penanggalan/kalender seperti sistem penanggalan yang ditemui di masyarakat Badui, Banten yang disebut kolenjer. Sedangkan menhir berfungsi sebagai lambang kekuasaan atau ketokohan. Satu menhir mewakili satu tokoh. Saat penguasa atau tokoh sudah meninggal, tugu batu tersebut beralih fungsi sebagai tempat pemujaan atas ketokohan mereka.

Lokasi Prasasti Kebon Kopi II hanya berjarak sekitar 100 meter dari Prasasti Kebon Kopi I. Kita cukup berjalan kaki untuk menuju tempat tersebut. Sama seperti Prasasti Kebon Kopi I, Prasasti Kebon Kopi II yang juga adalah peninggalan masa Kerajaan Tarumanegara berada di Kampung Muara, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Angkutan umum atau angkot bisa kita gunakan untuk menuju ke tempat itu atau kalau ingin lebih nyaman bisa membawa kendaraan sendiri. Jika angkot yang dijadikan pilihan, naiklah dari Terminal Bus Baranangsiang. Pilih angkot warna hijau nomor 03 trayek Bubulak-Baranangsiang. Sampai di Terminal Bubulak, pindahlah ke angkot jurusan Ciampea lalu turun di Pasar Ciampea yang merupakan akhir rute angkot tersebut. Dari Pasar Ciampea, jalan sedikit melewati pasar hingga ketemu pertigaan. Dari pertigaan itu kita dapat melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau naik ojek hingga ke lokasi. Jika bawa motor atau mobil sendiri, gunakan jalur angkot yang dari Terminal Bubulak tapi jangan melewati Pasar Ciampea karena akan ketemu macet kecuali di atas pukul 12 siang. Sebaiknya belok ke kiri di pertigaan dekat Polsek Ciampea sebelum Pasar Ciampea. Ikuti jalan utamanya sampai bertemu tikungan sekaligus pertigaan yang ada papan penunjuk arah ke lokasi Prasasti Batutulis Ciaruteun. Dari situ, jarak ke lokasi Prasasti Kebon Kopi II sekitar 25 menit jalan kaki.

4873 Total Views 3 Views Today
Wisata Sejarah di Bogor: Prasasti Kebon Kopi II
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,064 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Wisata Sejarah di Bogor: Prasasti Kebon Kopi II' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool