Share on Pinterest
More share buttons
makam raja islam

Wisata Sejarah di Bogor: Pemakaman Raja-raja Islam di Garisul

Tak akan bisa dihabiskan dalam waktu satu hari untuk mengunjungi situs-situs bersejarah saat liburan di Bogor. Ada begitu banyak peninggalan sejarah yang tersebar di wilayah Bogor Raya (Kota dan Kabupaten). Selain itu, beberapa di antaranya berada di lokasi yang tak gampang dijangkau. Tempatnya terpencil, harus jalan kaki untuk mencapainya karena tak ada kendaraan yang bisa digunakan berhubung lokasinya berada di lereng gunung. Namun demikian, tak akan menyesal dan akan sangat bermanfaat bila acara berwisata di Bogor diisi kegiatan-kegiatan bernas yang salah satunya adalah mengunjungi tempat bersejarah.

Sungai Cidurian

Sungai Cidurian

Salah satu lokasi yang disarankan untuk dikunjungi adalah area pemakaman raja-raja Islam di Kampung Garisul, Desa Kalongsawah yang masuk wilayah Jasinga. Berjarak sekitar 32 km dari arah Kota Bogor. Lokasinya sekitar 500 meter dari jalan raya. Untuk sampai di kompleks pemakaman raja-raja Islam abad ke-19 M ini, kita harus berjalan kaki dan sebagian jalan setapak yang disusuri berada persis di tepi Sungai Cidurian. Bagi yang suka wisata alam, menyusuri pinggiran sungai tentu sangat menyenangkan. Bahkan kalau mau, kita bisa turun ke sungai untuk bermain air.

Cungkup makam raja-raja Islam di Garisul

Cungkup makam raja-raja Islam di Garisul.

Menengok arti Garisul yang merupakan nama kampung tempat kompleks makam ini berada, Garisul merupakan sebuah kata dari bahasa Sunda yang bermakna tanah yang tidak rata. Ada pula yang menyatakan bahwa Garisul merupakan singkatan dari garis batas penyusulan. Bila melihat kontur tanah yang tidak rata alias turun naik dan makam tersebut berada di atas area yang lebih tinggi, tak aneh bila kampung itu dinamakan Garisul.

Kaligrafi Arab gundul di batu nisan

Kaligrafi Arab gundul di batu nisan.

Di area pemakaman seluas kurang lebih 5000 M2, makam raja-raja Islam berada di puncak bukit di bawah cungkup. Ada sembilan makam yang berada di tempat tersebut. Di situ terdapat makam Syeh Arifudin Mandiri Langlangbuana Jagat, Syeh Mangkubumi, Syeh Daud bin Maulana Mansur Cikadueun, Syeh Ishak bin Abdullah, dan makam seorang putri raja Kediri. Di sekeliling makam utama itu terdapat makam para syuhada penyebar agama Islam pada masa itu. Kalau dilihat bentuk nisannya yang terbuat dari batu cadas dan terdapat tulisan Arab gundul, situs Garisul ini dipengaruhi gaya Banten Lama. Bentuk dari nisan yang ada ternyata juga mempunyai arti. Nisan berbentuk gada menandakan yang disemayamkan adalah laki-laki, sedangkan yang pipih untuk perempuan. Batu nisan yang diperuntukkan para raja lebih besar dibandingkan nisan-nisan yang berada di sekelilingnya.

Makam di sekeliling makam utama

Makam di sekeliling makam utama.

Di hari biasa, tidak banyak pengunjung di kompleks pemakaman kuno itu. Paling juru kunci makam yang ada di situ karena memang tugasnya merawat dan membersihkan makam. Berbeda sekali bila bulan Maulud, kompleks makam ini penuh pengunjung sampai-sampai sebagian pengunjung tak bisa masuk ke dalam makam utama yang bercungkup. Sekarang Anda tinggal atur jadwal saja kapan mau berkunjung ke makam raja-raja Islam yang ada di Garisul itu.

15149 Total Views 21 Views Today
Wisata Sejarah di Bogor: Pemakaman Raja-raja Islam di Garisul
4 (80%) 2 votes
(Visited 4,394 times, 2 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Wisata Sejarah di Bogor: Pemakaman Raja-raja Islam di Garisul' have 3 comments

  1. 06/30/2015 @ 1:00 am unggulcenter

    Wah menarik sekali.. saya baru tau nih ada makam raja-raja ini.. ini benar raja atau ulama, atau ulama-kerajaan ? Kerajaan apa kang? Banten? Demak? atau?

    Reply

    • 09/24/2015 @ 5:30 pm ahmad

      makam org2 kesultanan banten yang gugur berperang waktu peristiwa penaklukan kerajaan sunda pajajaran

      Reply

  2. 06/17/2017 @ 3:36 pm Hamdan

    Boleh kah saya bertanya …

    Pas pintu masuk ke makam apakah ada Pohon Besar di sana… dan di tempat itu ada satu makam…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool