Share on Pinterest
More share buttons
Masjid Az-Zikra

Wisata Rohani di Bogor

Tiket Jakarta ke Kuala Lumpur

Bogor yang begitu kasohor tidak hanya wisata kuliner, namun juga wisata rohani yang menarik dikunjungi ketika wisata di Bogor. Masjid Az-Zikra dan Masjid Andalusia menjadi dua daya tarik wisata rohani di wilayah Kabupaten Bogor. Masjid Az-Zikra berlokasi di Sentul, Kecamatan Babakan Madang. Wisata rohani ke Masjid Az-Zikra bisa menggunakan angkutan umum berwarna biru, yaitu T.05 jurusan Cileungsi-Ciawi turun di Bellanova Country Mall kemudian lanjut ojek atau taksi. Dari Jakarta bisa menggunakan APTB jurusan Sentul loh, kalo dari Baranang Siang bisa naik bus Sentul City yang menunggu di terminal Damri Botani Square dan turun di depan Bellanova Country Mall. Berhubung kami naik sepeda motor, rute yang ditempuh adalah Jalan Babakan Madang.

Masjid berlantai tiga ini sanggup menampung 22 ribu jamaah sekaligus. Bangunan masjid juga memiliki convention hall, menara setinggi 57 meter dengan lift dan air mancur. Pusat kegiatan umat Islam dilengkapi juga dengan payung yang serupa dengan Masjid Nabawi Madinah, sebagai tempat tambahan bagi jamaah tidak tertampung di dalam masjid. Nuansa hijau yang tertata apik, Masjid Az-Zikra dibangun oleh Bapak Ustadz Arifin Ilham di lingkungan hunian bernuansa islami Bukit Az-Zikra dan Pondok Pesantren Az-Zikra. Memasuki gerbang Az-Zikra akan disambut dengan tanda peringatan bahwa lingkungan ini bebas rokok, wajib berjilbab, dan wajib berjamaah. Jika membayangkan perkampungan muslim, disinilah tempatnya, suasana nyaman dan nuansa Islami begitu kental terasa. Ibadah pun lebih nyaman dan tenang. Masjid yang diresmikan sejak tahun 2009 ini memiliki banyak ruang kosong bagi jamaahnya, namun jangan heran ketika ada pengajian dan zikir bersama, semua ruang kosong dipenuhi oleh ribuan jamaah.

Masjid Az-Zikra

tampak depan Masjid Az-Zikra

Bagi orang tua yang masih mencari-cari tempat belajar yang kondusif untuk anak-anaknya memperdalam ilmu, Pondok pesantren Az-Zikra sudah membuka pendaftaran siswa baru setingkat SMP khusus laki-laki! dengan program unggulan tahfidzul Qur’an, kitab hadis Arba’in Nawawiy, dan Umdatul Ahkam. Kegiatan belajar mengajar juga didukung ekstrakurikuler ilmu pengobatan dan seni islami, seperti qori, qosidah, marawis, dan kaligrafi, pramuka dan bela diri juga ada. Dijamin semakin seru dan bertambah pengetahuan islami dengan menuntut ilmu di Pondok Pesantren Az-Zikra, tempat belajar yang nyaman dan kondusif masih berada di lingkungan Masjid Az-Zikra.

Tak perlu menempuh perjalanan yang terlampau jauh, berdiri megah di pinggir jalan Sentul City. Masjid dan kompleks Islamic Center Andalusia yang dibangun oleh seorang mu’alaf dan merupakan pakar ekonomi syariah Bapak Syafii Antonio. Beliau menyampaikan bahwa pembangunan Andalusia Islamic Center ini terinspirasi akan kejayaan peradaban kekhalifahan islam di Andalusia, selain kemakmuran rakyat di wilayah tersebut pada waktu itu, kesuksesan mencetak ribuan ilmuwan muslim di berbagai bidang menjadi inspirasi utama.

Masjid Az-Zikra

Letak Masjid Az-Zikra dan Andalusia tidak terlalu jauh

So, masih bingung menghabiskan waktu di Bogor? wisata kuliner, wisata rohani, dan tempat-tempat wisata lainnya siap mengisi waktu luang anda! untuk informasi mengenai agenda kegiatan terkini bisa cek di azzikra.com dan andalusia.or.id

12353 Total Views 9 Views Today
Wisata Rohani di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,038 times, 1 visits today)


About

Part of Disaster Management Student at Indonesia Defense University


'Wisata Rohani di Bogor' have 9 comments

  1. 02/24/2015 @ 1:18 pm Mochamad Reza

    Suasana islami memang luar biasa di komplek az zikra…apalagi saat bulan puasa….sunggunh alhamdulillah

    Reply

  2. 02/24/2015 @ 2:13 pm Fikih Hidayat

    Mari berwisata.. Mari mengenal potensi wilayah sekitar.. Maju terus pariwisata Bogor, Maju terus Pariwisata Indonesia.

    Reply

  3. 06/09/2015 @ 5:13 pm Hana

    Kalau dari Pasar Rebo, rutenya kmn aja ya? dan angkutanya apa aja ya? kebetulan saya ga ngerti naik angkutan umum

    Reply

    • 06/10/2015 @ 6:45 pm Gioveny Astaning Permana

      kalo dari pasar rebo, bisa naik angkutan umum dari kampung rambutan ke arah Bogor
      rute angkutan ke terminal Bogor itu melalui jalan raya bogor, ada juga yang lewat tol dan keluar gerbang tol citeureup
      kalo dari terminal bogor turun di botani square lanjut bus ke bellanova sentul city terus naik ojek ke tempat ini
      kalo dari gerbang tol citeureup, bisa lanjut angkutan umum ke ciawi tapi bilang supirnya turun di bellanova terus naik ojek deh

      Reply

      • 06/12/2015 @ 7:15 am susy

        Asslkm..Mbak Gioveny yang baik hati,
        Saya Ibu Susy dari Tangerang, InsyaAllah saya berniat bersama anak perempuan saya akan beritikaf selama sebulan di Masjis Az Zikro, mohon info kendaraan umum kalo dari Tangerang menuju kesana. Terimakasih.
        Wass..

        Reply

        • 06/12/2015 @ 7:17 am susy

          Maksud saya akan bermalam / itikaf di Masjid Az Zikro selama sebulan selama bulan Ramadhan tahun ini

          Reply

          • 06/15/2015 @ 9:27 pm Gioveny Astaning Permana

            Waalaikumsalam Ibu Susi, dari tangerang itu ada bus ke cibinong, saya belum pernah ke tangerang sih bu.. naik bus yang ke cibinong itu bisa turun di gerbang keluar tol citeureup terus lanjut angkutan umum ke ciawi tapi bilang supirnya turun di bellanova terus naik ojek bu


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool