Share on Pinterest
More share buttons
Air Terjun Curug Seribu

Wisata Ekstrim Menyusuri Sungai di Bogor

Dikatakan ekstrim karena risikonya nyawa bisa melayang. Sebenarnya, risiko yang ada bisa diminimalkan. Kecuali memang kita lagi apes. Meski sudah berusaha, tetap masih tertimpa sial.

Air Terjun Curug Seribu

Curug atau Air Terjun Seribu.

Tak ada salahnya liburan di Bogor sekali-sekali diisi dengan wisata yang tidak biasa, penuh petualangan, butuh perjuangan. Sekaligus menginap di Bogor juga boleh. Banyak pilihan hotel murah di kota ini. Bentuk wisata yang sangat menguji nyali tentu akan menyenangkan bagi yang suka tantangan. Bila lokasinya sebagaimana disebut di judul adalah sungai, jangan dibayangkan sungai yang dimaksud adalah Ciliwung atau Cisadane yang keduanya membelah Kota Bogor. Bukan, bukan kedua sungai itu. Sungai yang akan disusuri ini merupakan sebuah sungai yang terbentuk oleh jatuhan air dari sebuah curug atau air terjun yang paling tinggi di kawasan Gunung Salak. Bisa menebak air terjun apa yang dimaksud? Curug Seribu!

Selain tekad, niat, dan doa, hal lain yang dibutuhkan untuk melakukan wisata yang tergolong ekstrim ini adalah kemampuan berenang, tidak takut ketinggian, siap menghadapi risiko yang terjadi selama menempuh perjalanan yang berlangsung selama dua sampai tiga jam tergantung kecepatan dalam menyusuri sungai. Rute perjalanan diawali dari Curug Seribu.

Air Terjun Curug Seribu

Dari lokasi ini petualangan dimulai.

Satu hal yang menyenangkan dari petualangan ini adalah ketenangan. Tak ada suara manusia karena ini memang bukan jalur wisata komersil atau trek yang umum dilalui. Hanya gemericik air, kicauan burung serta binatang hutan lain entah apa, dan desau angin yang terdengar. Tempatnya bersih dari sampah yang biasa ditinggalkan pelancong. Yang terlihat Cuma sampah alam semacam dedauanan, ranting, dahan, dan potongan batang kayu yang patah karena angin atau karena sudah rapuh. Di satu titik, sungai mendangkal berhampar pasir. Di titik lain, kita harus terjun ke air sungai yang berpusar dan dalam. Itulah sebabnya kemampuan berenang dibutuhkan. Terjun ke pusaran air itu harus dilakukan. Tidak bisa tidak karena tebing di kiri-kanan berdiri tegak lurus dan berlumut yang tidak mungkin dipanjat. Satu-satunya cara untuk bisa meneruskan perjalanan adalah harus lompat ke air dari ketinggian. Asyiknya lagi, terjun ke air bukan hanya sekali. Ada beberapa lokasi yang mengharuskan kita melompat ke air dengan ketinggian bervariasi. Tempat tertinggi sekitar empat meter. Oleh karena itu, mereka yang berniat menikmati petualangan ini harus tidak takut ketinggian.

Bukan perjalanan yang mudah tetapi sangat menyenangkan khususnya bagi pecinta petualangan ekstrim. Dikatakan ekstrim karena medannya yang lumayan berat dan berisiko kehilangan nyawa bila tiba-tiba datang air bah yang berasal dari hujan lebat yang terjadi di atas dan sekitar puncak Gunung Salak. Dengan risiko seperti itu, sangat disarankan untuk tidak melakukan petualangan tersebut di musim penghujan yaitu Oktober sampai Maret.

Titik akhir perjalanan penuh tantangan ini adalah mata air panas Ciparay. Setelah sekitar dua sampai tiga jam berbasah-basahan di air sungai yang dingin menyegarkan, kita bisa memanjakan diri dengan mandi air panas alami untuk menghilangkan rasa capek. Sebuah hadiah yang menyenangkan.

Untuk sampai ke Curug Seribu, akses paling mudah adalah melalui pertigaan Cibatok (arah ke Leuwiliang). Satu lagi, jangan lupa bawa baju ganti yang dibungkus kantong plastik dan diikat rapat agar tidak kemasukan air selama perjalanan menyusuri sungai. Selamat berpetualang.

5721 Total Views 16 Views Today
Wisata Ekstrim Menyusuri Sungai di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,492 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Wisata Ekstrim Menyusuri Sungai di Bogor' have 5 comments

  1. 03/11/2015 @ 11:39 am Gioveny Astaning Permana

    bener-bener butuh perjuangan banget ya kesana pak

    Reply

  2. 03/11/2015 @ 1:52 pm rahmiaziza

    air terjunnya bagus bangett, mudah2an tetep terjaga kebersihannya, yaa

    Reply

  3. 03/11/2015 @ 3:42 pm Melly Feyadin

    Waktu ke air panas ciparay kmrin jg mikir, seru kali ya menelusuri sungai diatas gunung. Ahh ini indah banget. Tp serem jg klo tiba2 ada air bah ๐Ÿ˜€

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย Hellobogor.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool