Share on Pinterest
More share buttons
Suaka Elang Loji Bogor

Wisata Alam dan Edukasi di Suaka Elang Loji Bogor

Buat anak 90an pasti tau dong lirik lagu ini “Aku ingin terbang tinggi, seperti elang, melewati siang malam, menembus awan”. Iyap, itu adalah cuplikan lirik lagu dari Dewa 19 di album The Best of Dewa 19. Album ini dirilis pada tahun 1999 yang juga album terakhir untuk vokalis Ari Lasso. Saat itu Ari Lasso sedang bermasalah dengan obat-obatan terlarang sehingga dengan terpaksa dikeluarkan dari formasi Dewa 19. Mungkin saat itu obat-obatan menjadi pelarian Arie Lasso ditengah puncak ketenaran Dewa 19. Kalau saja saat itu traveling mudah seperti saat ini, bisa saja Ari Lasso tak perlu menggunakan obat-obatan terlarang sebagai pelarian, tetapi cukup berwisata ke seluruh Indonesia, karena salah satu manfaat traveling kan sebagai refreshing dari kepenatan sehari-hari yang melanda kita tiap waktu.

Ngomong-ngomong soal elang, di Bogor sendiri ada tempat khusus untuk rehabilitasi burung elang loh. Orang-orang lebih mengenalnya sebagai Suaka Elang Loji. Itu karena suaka ini memang terletak di daerah Loji, Bogor. Tempat ini memang belum terlalu terkenal karena memang peruntukannya bukan murni untuk tujuan pariwisata, tetapi tetap bisa dijadikan alternatif wisata kok khususnya wisata alam di kota Bogor.

Untuk menuju Suaka Elang Loji tidak terlalu sulit. Dengan membawa kendaraan sendiri tinggal diarahkan untuk melewati jalur alternatif Bogor-Sukabumi via Cihideung-Cijeruk. Menjelang keluar dari jalur alternatif ini kita akan menemui jalan bercabang dengan papan petunjuk Loji di pertigaannya. Dari situ kendaraan belok kanan untuk terus saja sampai dengan bertemu dengan papan petunjuk lainnnya. Patokannya adalah sebuah sekolah dasar dan gardu listrik.

Suaka Elang Loji Bogor

Petunjuk jalan menuju Suaka Elang Loji Bogor

Setelah memarkirkan kendaran, selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Dari parkir terakhir masih perlu berjalan kaki sekitar 15 menit melewati perkampungan dan jalan setapak. Hati-hati karena tidak ada lagi petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Suaka Elang dari situ, ikuti saja terus jalan yang puncak dan hutan.

Suaka Elang Loji Bogor

Area Parkir Motor dan Mobil (Kalau Sanggup) 😀

Akhirnya setelah berjalan kaki kurang lebih 20 menit melewati perkampungan, sawah dan hutan yang asri sampailah saya ke Pos Jaga yang dihuni oleh Polisi Hutan. Di pos tersebut saya mendapatkan informasi bahwa selain suaka elang, ditempat itu pula bisa berkemah karena tidak jauh dari pos memang lokasi bumi perkemahaan. Juga kita pun bisa berkunjung ke Curug Cibadak. Namun untuk mencapai lokasi curug perlu berjalan lagi kurang lebih 1,5 jam untuk sampai ke lokasi. Berhubung susah sore saya pun hanya jalan-jalan disekitar hutan dan menuju kadang display elang yang sedang dalam rehabilitasi.

Sebenarnya ada tiga lokasi kandang, yang pertama adalah kandang display, disini kita bisa melihat elang-elang yang sedang ditangkar. Yang kedua adalah kandang rehabilitasi dan yang ketiga adalah kadang pelepasan. Pengunjung hanya diizinkan melihat di kandang display sedangkan dua kandang lainnya tidak boleh karena elang di kandang ini dibuat sejauh mungkin dengan manusia agar bisa dilepaskan di alam liar.

Suaka Elang Loji Bogor

Jalan setapak menuju pos suaka di dalam hutan

Suaka Elang ini baru didirikan tahun 2008, jadi masih terhitung baru. Tujuannya adalah sebagai tempat rehabilitasi untuk burung elang yang dipelihara warga atau hasil tangkapan ilegal yang diperjual belikan secara ilegal pula. Karena satwa burung elang merupakan satwa yang dilindungi maka suaka ini adalah langkah yang diupayakan oleh pemerintah bekerja sama dengan LSM untuk melestarikan satwa langka ini.

Setelah puas di kandang display, saya pun kembali ke pos. Disini ada jembatan gantung yang asik buat tempat foto-foto. Walaupun jembatan ini tidak terlalu tinggi, namun tetap saja sensasinya menegangkan. Jembatan gantung ini menghubungkan dua lereng yang dipisahkan lembah dengan sungai mengalir di bawahnya. Lumayan lah untuk uji nyali, hehe.

Suaka Elang Loji Bogor

Jembatan Gantung

Suaka Elang Loji Bogor

Pos Jaga Polhut, Jembatan Gantung dan Bumi Perkemahan

Untuk bumi perkemahannya berada di sebelah atas dari pos. Tempatnya berupa hutan pinus, membuat tempat berkemah ini serasa bukan di Indonesia. Untuk fasilitasnya, jangan kuatir tidak jauh dari lokasi kemah ada toilet yang sudah dibangun.

Suaka Elang Loji ini tempat yang pas untuk lepas sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Dengan tempatnya yang masih alami, tempat ini bisa juga untuk dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak. Jadi, ke Bogor jangan cuma kulinernya saja, wisata alamnya juga wajib dimasukan list tujuan wisata kesini.

19792 Total Views 8 Views Today
Wisata Alam dan Edukasi di Suaka Elang Loji Bogor
1 (20%) 1 vote
(Visited 15,678 times, 1 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Wisata Alam dan Edukasi di Suaka Elang Loji Bogor' have 3 comments

  1. 03/02/2017 @ 5:55 pm Gabion

    Halo, mau tanya, liat dari fotonya, jalan menuju parkir motor agak sempit, apakah bisa & boleh dilewati mobil?

    Reply

  2. 04/07/2017 @ 12:23 am Anonymous

    kalau dari st. bogor naik angkot apa n klearah mana gan

    Reply

  3. 09/27/2017 @ 2:43 am Anonymous

    Preman di parkiran nya tolong di benahin, temen gua hampir mati di situ, pengalaman Gua disitu niatnya anak” daerah Gua pengen camping, tiba” suruh pulang lagi gak tau alasannya apa??
    Sempet di babi buta anak” daerah Gua disitu, BUAT LO NIH ,PREMAN” DI TEMPAT PARKIR KALO EMANG LUH BENERAN PREMAN GAK USAH DI TEMPAT LO BERANINYA !!!!

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool