Share on Pinterest
More share buttons
Wayang bambu

Wayang Bambu Kebanggan Kota Bogor

Liburan di Bogor sangat banyak sekali pilihan ragamnya, baik itu wisata edukasi, kuliner bahkan seni dan budaya. Seni Budaya di Kota Bogor juga sangat menarik untuk dinikmati. Salah satunya adalah Wayang Bambu kreasi dari Ki Drajat Iskandar. Wayang Bambu mirip dengan wayang golek dari Jawa Barat, namun yang menjadi pembeda dengan Wayang Golek media wayang yang terbuat dari bambu semua dan tokoh wayang yang tidak sama dengan tokoh mahabrata.

Wayang Bambu masih berada di kota Bogor di kawasan Cijahe, untuk mencapai ke tempat ini cukup mudah. Cukup dengan menggunakan Angkutan Kota 06 dari Terminal Merdeka menuju Cijahe. Dari Pertigaan Cijahe bisa menggunakan Ojek ataupun jalan kaki menuju Sanggar Wayang Bambu ini. Rumah Ki Drajat menjadi tempat berkumpul pemuda Cijahe yang tertarik dengan wayang bambu. Wayang Bambu juga merupakan tempat wisata di Bogor.

wayang bambu

Ide Wayang Bambu ini berawal dari besek bambu yang sering dibuang setelah isinya di makan. Timbullah ide membuat wayang dari Bambu, dan juga bambu sangat banyak di daerah Cijahe ini. Akhirnya lama kelamaan menjadi sebuah kesenian baru yang khas dari kota Bogor. Wayang Bambu ini sudah mentas di berbagai wilayah Indonesia, bahkan luar negeri pun sudah, seperti Jepang, dan negara-negara ASEAN.

wayang bambu

Wayang Bambu ini selain untuk pementasan, di buat juga untuk souvenir khas Bogor. Di buat dengan berbagai dimensi untuk kepentingan pariwisata. Satu buah wayang bisa selesai dalam 2 hari itupun dengan catatan Matahari bersinar dengan terang. Karena untuk pembuatan wayang ini menggunakan media lem, tidak seperti kayu yang dipahat dibentuk. Sehingga sangat membutuhkan sekali Matahari.

Leukleuk kanggo ngadamel Wayang Awi” ujar Ki Drajat disela-sela obrolan dengan saya. Artinya dalam pembuatan Wayang ini butuh kesabaran lebih karena banyak sekali bagian wayang yang memerlukan detail yang bagus. Dan proses penempelan antar bagian tubuh wayang yang memerlukan kesabaran itu, terutama membuat wayang ukuran kecil ini yang lebih sulit.

wayang bambu

Wayang bambu, di bagian wajah tidak menggunakan cat seperti wayang golek untuk membedakan karakter wayang masing-masing. Karena untuk memperlihatkan karakter bambunya yang kuat. Untuk tokoh jahat wayang diberkan Cat warna merah untuk menjadi pembeda saja, selebihnya tidak ada pengunaan cat. Hanya kain yang membedakan beberapa tokohnya. Wayang Bambu ingin mengangkat kesenian lokal, sehingga dalam cerita wayangnya tidak menggunakan yang biasa dipakai di Wayang Golek yaitu kisah Mahabrata. Yang di angkat dalam pentasnya cerita keseharian yang ada di masyarakat Jawa Barat telrbih lagi Bogor. Bahasa yang digunakan juga bahasa Sunda dialek Bogor.

Semoga seni budaya Sunda tetap bisa hidup dalam jaman modern seperti sekarang ini.

4747 Total Views 3 Views Today
Wayang Bambu Kebanggan Kota Bogor
5 (100%) 2 votes
(Visited 932 times, 1 visits today)


About

toekangpoto keliling, toekangjalan, toekangnulis perjalanan di www.kangdudi.com "berharap setiap foto dan tulisan dapat menginspirasi untuk orang banyak"


'Wayang Bambu Kebanggan Kota Bogor' have 1 comment

  1. 11/17/2015 @ 6:00 pm EuisSintiaNugraha

    Permisi apakah boleh bertnya, kalau boleh tahu. apakah kerajinan wayang bambu sampai saat ini masih ada?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool