Share on Pinterest
More share buttons

Warna-Warni Martabak Manis dan Martabak Asin San Francisco (di) Bogor

Pernah melewati jembatan San Francisco yang merah merona membentang berkelebat awan putih di Negeri Paman Sam sana? Belum? Saya pun. Tidak perlu repot beli tiket pesawat ke sana, karena sekarang San Francsco ada di Bogor lho! Tidak percaya? Yuk kita telusuri lagi keliling wisata Bogor yang selalu penuh dengan kejutan!

Sudah lama tidak makan yang manis-manis, maklum suka giung kalau sedang bercermin di dinding. Tapi gak mungkin makan wajah sendiri ya kan? Hmmm.. jadi ingat waktu liputan Sosis Godzilla di Taman Peranginan kemarin. Tidak jauh dari situ, terdapat sebuah tempat di mana sensasi lezatnya martabak manis warna-warni berada persis di penghujung jembatan setelah deretan ruko-ruko Bolu Kukus Amanda, Pecel Lele Lela, Circle K, yang dekat dengan Halte Sudirman 2 seberang Bogor Permai.

Namanya Martabak San Francisco, adalah salah satu Franchise dari merk dagang bernama sama yang berpusat di Jl. Burangrang 42, Bandung. Martabak San Francisco didirikan oleh Pak Ajum sejak tahun 1967 di Kota Kembang Lautan Api, kemudian berkembang menjadi Martabak Mr.Buyung oleh Pak Buyung, satu-satunya putra dari Pak Ajum yang meneruskan trah warisan keluarga warna-warni ini. Franchise yang di Bogor dipegang langsung oleh konsultan waralaba, Pak Adrian. Untuk Martabak Mr.Buyung sendiri tidak membuka cabang di mana pun dan hanya ada di Kota Bandung. Nah, bagi yang berminat untuk Franchise Martabak San Francisco bisa langsung konsultasikan rencana usahanya dengan Pak Adrian, terutama bagi yang tinggal di Bogor.

Cukup untuk informasi ekonomi kreatifnya? Mari lanjutkan warna-warninya Martabak Manis yang satu ini. Ada banyak pilihan toping yang beragam lho, dengan tiga garis besar pembagian pilihan. Yang pertama ada Martabak Manis dengan pilihan menu klasik seperti Cokelat Kacang & Pisang Keju. Untuk ukuran medium atau sedangnya seharga mulai dari Rp40-50ribuan, sedangkan untuk yang large atau besarnya berkisar di antara Rp70-100ribuan. Menu pilihan lainnya ada Nangka, Kismis, Jagung, Almond, Plum, dan Durian.

Martabak Manis Cokelat KacangMartabak Manis Cokelat Kacang
Martabak Manis Pisang KejuMartabak Manis Pisang Keju

Ada juga yang bernama Strawberry Forever, Vanilla Oreo, & Coffee Cappucino. Pilihan-pilihan ini masuk dalam daftar menu Special Mix, dengan ukuran sedangnya berkisar antara Rp40-60ribuan, & yang besarnya pada rentang Rp70-120ribuan. Pilihan rasa lainnya ada Blueberry, Tiramisu, Red Velvet, Black Forest, Taro, & Peyeum.

Special Mix Strawberry ForeverSpecial Mix Strawberry Forever
Special Mix Vanilla OreoSpecial Mix Vanilla Oreo
Special Mix Coffee CappucinoSpecial Mix Coffee Cappucino

Ketiga nih, ada Kitkat Green Tea, Ovomaltine, juga Nutella Almond, yang termasuk ke dalam pilihan Special Topping. Ukuran sedangnya berkisar antara Rp50-80ribuan, dan yang besar berada di rentang harga Rp80-150ribuan. Pilihan lainnya sangat berwarna-warni aneka rasa, ada Skippy buat yang suka kacang, juga ada Toblerone & Silver Queen Chunky Bar untuk yang doyan cokelat,

Special Topping Nuttella AlmondSpecial Topping Nuttella Almond
Special Topping OvomaltineSpecial Topping Ovomaltine
Special Topping KitKat Green TeaSpecial Topping KitKat Green Tea

Bagi yang ingin merasakan sensasi berbagai macam rasa istimewa dengan topping pilihan, bisa coba kombinasi Martabak Pizza-nya Martabak San Francisco. Ada Great Mix 1 & 2, Green Tea Lovers, Chocolate Lovers, Peanut Lovers, dan Cheese Lovers. Ukuran sedangnya mulai dari Rp85ribu dan yang besarnya sekitar Rp150ribuan.

martabak manis special

Selain Martabak Manis aneka warna, ada juga Martabak Asin bagi yang kurang suka dengan manis-manis seperti saya. Martabak Asinnya bisa pakai Keju Mozzarella lho, yang melar ketika ditarik dan terasa gurih ketika meleleh di lidah. Untuk pilihan dagingnya ada Sapi, Ayam, Bock-wurst, Smoked Beef, Cornet, Tuna, juga Vegetarian (Jamur & Jagung). Pilihan rasanya ada Rica-Rica, Black Pepper, dan Special Mix Recipe. Harganya yang ukuran sedang Rp60-75ribuan dan yang besar pada rentang Rp75-120ribuan.

Special Topping KitKat Green Tea Hajaar!!

 

Ternyata tidak mudah lho menambahkan Mozzarella di atas Martabak. Persiapan harus dilakukan setidaknya setengah hari untuk membuat Mozzarella bisa dipotong setelah disimpan di dalam Freezer. Pertama Martabak harus dipotong merata sesuai ukuran Mozzarella. Selanjutnya potongan Mozzarella yang telah siap, dilepaskan dari lapisannya yang terkadang agak lengket. Kemudian satu-persatu potongan Mozzarella diletakkan di atas Martabak enak yang telah dipotong-potong. Akhirnya, Mozzarella dibakar dengan pemantik api untuk menghasilkan tekstur lapisan atas Martabak yang melar ketika diangkat.

ciaaaat!!ciaaaat!!
 dikasih keju.. dikasih keju..
 bakaaarr!!bakaaarr!!
lumeeerrr... meleeerrr...lumeeerrr… meleeerrr…

Ada cerita di balik nama waralaba martabak warna-warni ini. Konon katanya, Pak Ajum, generasi pertama dari rantai waralaba ini, terinspirasi dengan lagu San Francisco yang dipopulerkan oleh Scott McKenzie kala itu. Di baliknya, terkandung pula sebuah nilai lintas generasi yang sarat akan sebuah keberlanjutan. Generasi keduanya ada Pak Buyung, yang sejak tahun 2000-an dengan lebih modern dan update dari konsep ‘kue ekonomi’ yang bertabur gula putih saja, menjadi berbagai macam toping yang berwarna-warni dengan nama Martabak San Francisco.

San Francisco sebagai jembatan antar generasi, sebuah gambaran gairah ekonomi kreatif yang bersinergi dengan pembangunan yang berkelanjutan. Bagaimana suatu warisan budaya bisa terus menerus berlangsung, itu semua dimulai dari keluarga, dalam hal ini usaha kecil menengah yang dirintis oleh Pak Ajum dengan Martabak San Francisco-nya, kemudian dikembangkan lagi oleh Pak Buyung dengan konsep Mr.Buyung-nya. Pada tahun 2009, Martabak Mr.Buyung yang mulai berjalan bersama dgn Martabak San Fransisco, hingga sampai pada tahun 2010 akhirnya menjadi dua unit kesatuan usaha yg terpisah karena perbedaan management & pengembangan konsep juga produk.

Seperti tembang lawas yang dilantunkan oleh Scott McKenzie:

“for those who come to San Francisco, Summertime will be a love-in there, in the streets of San Francisco, Gentle People with flowers in their hair…”

Main Ke Bogor dan Booking Hotel Bogor Dengan Harga Murah Hanya di Ezytravel.co.id

Bagi mereka yang datang ke Martabak San Francisco Bogor, ada rasa liburan penuh warna di setiap gigitnya. Belum lagi Kota Bogor sebagai Kota Tercinta 2016, di mana orang-orangnya murah senyum lagi penuh keramahtamahan khas Indonesia. Bagaimana kemudian Martabak San Francisco bisa menjadi Jembatan Rasa yang menyambungkan lidah rakyat se-Nusantara dengan Franchise-nya, itulah harapan Pak Adrian, Konsultan Franchiser dari brand waralaba asal Bandung ini.

Siap Kirim Pesanan Ala Go FoodSiap Kirim Pesanan Ala Go Food

Bagi yang mager atau sibuk untuk datang langsung, Martabak San Francisco menerima hantaran via Go Food lho! Jangan khawatir tidak sampai di tangan, Pak Adrian telah menyiapkan sistem kontrol apik lagi efektif. Semua ada di Bogor, mulai dari yang jauh di Negeri Paman Sam sampai Kota Kembang pun juga. Jadi, masih bingung menyempatkan nuansa liburan ke mana? Yuk berwisata kuliner di Kota Hujan Kebun Raya Tercinta!

3010 Total Views 3 Views Today
Vote Us
(Visited 1,913 times, 3 visits today)


About

Writer • Networker • Eater --- WhatsApp at: +6281250413403 Email to: taufan.sulaeman@gmail.com


'Warna-Warni Martabak Manis dan Martabak Asin San Francisco (di) Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool