Share on Pinterest
More share buttons
Taman Bunga Nusantara

Warna Warni Keceriaan Warga Bogor ada di Taman Bunga Nusantara

Ruang publik di tengah kota bukan hanya menjadi kebutuhan pemerintah kota berkenaan pemenuhan kewajiban tata ruang kota, tapi menjadi sebuah kebutuhan bagi masyakarat di kota dan kabupaten suatu daerah tersebut untuk adanya ruang terbuka hijau atau taman-taman sebagai sarana berkumpul dan berinteraksi. Setuju, Ezytravelers? Di kota Bogor, sedikit demi sedikit sudah mulai dibangun Taman Tematik Bogor yang kece.

Sudah tahu kan belum ada Taman Corat-Coret  yang jadi wadahnya warga Bogor “pecinta” vandalisme? Atau tahukah Taman Ekspresi yang sering jadi tempat nonton bareng acara musik ataupun film karya warga Bogor? Adalagi juga tempat berkumpul seperti Taman Kencana, Taman Parahyangan , dan lainnya di Bogor. Saat kemarin kita sudah menikmati kuliner area Puncak dan Cipanas, di dekat Istana Cipanas pun ada taman yang jadi favorit masyarakat, itu loh taman yang penuh warna-warni, apalagi kalau bukan Taman Bunga Nusantara , jadi salah satu taman keceriaan warga Bogor.

Selamat Datang Taman Bunga Nusantara

Patung Angsa Hitam Lambang Selamat Datang Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan sebuah taman yang memiliki luas 35 hektar sebagai asset nasional dengan skala internasional. Sebanyak 23 hektar diisi bunga dan pohon berbunga yang terdiri dari Taman Air, Topiari Merak, Jam Taman Raksasa, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Mediterania, Taman Rahasia (Labyrinth), Taman Bali, Taman Palem, Taman Pembibitan, Taman Amerika, dan Taman Jepang. Warna warni yang ada di taman-taman begini nih bisa meningkatkan keceriaan warga Bogor. Hihi. Selanjutnya sebanyak 7 hektar diisi untuk taman bermain anak yang bernama Alam Imajinasi. Sedangkan 2 hektar diperuntukkan sebagai lahan pembibitan, 3 hektar untuk sebuah restoran dan ruang pertemuan yang bernama Saung Nini dan Saung Aki. Oke, langsung masuk Taman Bunga Nusantaranya deh yuk supaya tahu lebih dalam.

Pintu Masuk Taman Bunga Nusantara

Pintu Masuk Taman Bunga Nusantara

 

Tiket Taman Bunga Nusantara

Tiket dan Peta Taman Bunga Nusantara

Memasuki gerbang Taman Bunga Nusantara, kita harus langsung mempersiapkan uang untuk pembayaran parkir, baik yang berkendara motor sebesar Rp 10.000 ataupun mobil sebesar Rp 15.000. Setelah selesai parkir, berjalan ke arah pintu masuk, kita akan disambut dengan Patung Angsa Hitam yang menjadi ikon Taman Bunga Nusantara. Kenapa ya Angsa Hitam? Hasil mengulik informasi, Angsa Hitam (Cygnus Attratus) terpilih menjadi ikon karena unggas ini memiliki daya tahan butuh yang sangat kuat, mudah beradaptasi dengan lingkungan, dan berkembang biak sangat pesat meskipun berada di luar habitat aslinya. Keunggulan dari Angsa Hitam tersebut yang menjadikan harapan Taman Bunga Nusantara ini selalu dapat berinteraksi secara harmonis dengan masyarakat luas, lingkungan, flora maupun fauna.

Bergerak dari Patung Angsa ke Loket, persiapkan uang sebesar Rp 40.000 saja untuk tiket masuk. Berhubung taman ini luas banget, saat dapat tiket kita langsung diberi brosur yang berisi peta Taman Bunga Nusantara. Menariknya, jika Ezytravelers membawa teman atau keluarga yang warga negara asing (WNA) tidak perlu khawatir, brosur peta TBN untuk wisatawan ada 5 macam bahasa loh! Bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Arab, dan Jepang. Wuih, mantab ya! Keceriaan warga Bogor terjamin deh pas jalan-jalan kesini sekalipun membawa rombongan turis.

Jam Raksasa Taman Bunga Nusantara

Jam Raksasa Taman Bunga Nusantara

Eh iya, saat sudah masuk Taman Bunga Nusantara dari sekian banyak taman bunga yang ada, terdapat 3 taman yang paling menarik perhatian saya, yaitu

  1. Topiari Merak

Saat memasuki Taman Bunga Nusantara, kita langsung disambut oleh air mancur di tengah dan di sebelah kanan terdapat terdapat burung merak yang cantik. Ups, bukan! Haha. Itu ada topiari yang menyerupai burung merak, sehingga disebutnya Topiari Merak. Jika belum tahu, topiari adalah pengolahan tanaman menjadi berbagai bentuk yang berbeda dari bentuk aslinya, seperti tanaman yang bentuk aslinya lurus dijadikan bengkok. Bahasa sederhananya, topiari yaitu seni memahat tanaman. Pahatan tanaman menjadi bentuk tubuh burung merak, ditambah jajaran taman yang dibentuk menjadi bulu ekornya, jadi keren ya!

Keceriaan Warga Bogor Taman Bunga Nusantara

Topiari Merak Taman Bunga Nusantara (dok. pribadi)

  1. Taman Perancis

Di Eropa pada abad ke 17 terbentuk tren sebuah taman yang mengedepankan kerapihan, keserasian, dan keseimbangan bentuk. Nah, memang hal ini yang membuat saya naksir dengan taman perancis ini! Hehe. Taman perancis berisini bunga warna-warni ini dibingkai oleh Perdu Tiwan Beauty disebut broderie de par terre atau sulaman di atas tanah. Ya, sulaman yang indah ya di taman ini!

Keceriaan Warga Bogor Taman Bunga Nusantara

Taman Perancis Taman Bunga Nusantara (dok. pribadi)

  1. Taman Rahasia (Labyrinth)

Mendengar namanya saja kita pun akan sadar bahwa ada teka teki di taman tersebut. Taman rahasia merupakan sebuah taman yang bergagasan arsitektural membentuk jalan berliku tak berujung untuk menuju ke istana atau tempat istimewa. Seru banget konsepnya, dan pas coba masuk ke jalan labirin ini, makin greget deh untuk sampai di lokasi target! Saat sudah di tujuan, pengelola pun menyiapkan taman yang indah untuk dinikmati. Jadi worth it lah setelah berpetualang hehe. Oh iya jangan berkecil hati jika Ezytravelers khawatir tersesat, karena pengelola menyediakan peta labirin yang bisa diperoleh dengan Rp 2.000 saja. Cara jitu membantu Ezytravelers yang penasaran berjelajah di dalam Labirin. Hehe.

Taman Labirin Taman Bunga Nusantara Keceriaan Warga Bogor

Taman Labirin Taman Bunga Nusantara (dok. pribadi)

Selain banyaknya taman cantik berwarna-warni tadi, terdapat beberapa fasilitas lain di dalam Taman Bunga Nusantara bagian depan, seperti rumah kaca, danau angsa, menara pandang, air mancur musikal, kemudian jika berjalan ke belakang terdapat Alam Imajinasi, yaitu area bermain keluarga terutama untuk anak-anak antara lain super go-kart, danau by tow, kereta api mini, mobil mini, catur raksasa, baby excavator, bumber boat, bumper car, dan ATV race. Destinasi yang tepat banget kan untuk keluarga maupun pasangan mau prewedding ? Yuhu. Langsung saja nyalakan kendaraan dan arahkan global positioning system ke Taman Bunga Nusantara atau ke alamat di Jalan Mariwati KM7 Desa Kawungkluwuk Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Saat weekday, Taman Bunga Nusantara buka pukul 08.00 s/d 17.00 WIB., saat weekend buka pukul 08.30 s/d 17.00 WIB.

Batu Peresmian Taman Bunga Nusantara

Batu Peresmian Taman Bunga Nusantara

Jalan-jalan di Bogor, tapi takut ada spot kelewat? Hmm.. tour aja! Nih cari Paket Tour Murah, Sekalian weekend di Bogor Cari Hotel Murah, Kalau dari Bogor, kamu bisa Booking Tike Pesawatke destinasi favorit kamu!

Taman Bunga Nusantara sejak diresmikan pada 10 September 1995 oleh Presiden Republik Indonesia ke 2 (Bapak Soeharto) telah dikunjungi lebih dari 5.976.403 pengunjung, kamu termasuk didalamnya? Jika belum, ayo bergegas melihat warna-warni bunga yang cantik karya Nusantara 😉

 

 

1094 Total Views 1 Views Today
Warna Warni Keceriaan Warga Bogor ada di Taman Bunga Nusantara
Vote Us
(Visited 497 times, 1 visits today)

Tagged:



'Warna Warni Keceriaan Warga Bogor ada di Taman Bunga Nusantara' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool