Share on Pinterest
More share buttons
Curug Cibadak Bogor

Trekking Berasa Naik Gunung Ke Curug Cibadak Cigombong Bogor

Sejak pernah ikut lomba lintas alam dua tahun lalu, saya gak pernah lagi mau ikutan yang namanya naik gunung. Bukan karena saya gak suka, tapi saya agak sedikit kapok karena waktu itu trek yang saya lalui, menurut saya yang baru banget ikut lintas alam, itu susah. Beberapa kali saya sempat mengalami keram kaki, dan akhirnya harus menyerah ditengah jalan.

Curug Cibadak Bogor

Makanya, dari sekian banyak tempat wisata Bogor, saya termasuk yang pilih-pilih banget kalau buat wisata alamnya. Mungkin itu juga kenapa, sampai saat ini, pengetahuan saya soal curug-curug yang ada di Bogor minim banget. Berbanding terbalik kalau ditanya soal tempat kuliner di Bogor, saya cukup PeDe buat ngasih jawabannya, hehehe.

Satu-satunya curug yang cukup sering saya datangin itu, ya Curug Nangka, yang notabene lokasinya emang dekat aja dari rumah. Tapi, makin ke sini, makin banyak juga bermunculan curug-curug baru yang lagi-lagi lokasinya juga gak terlalu jauh dari rumah.

Curug Cibadak Bogor

Akhirnya, modal nekat dan mumpung ada yang lagi bisa nemenin, hari Jumat lalu, saya ceritanya jadi bolang (bocah petualang) ala-ala bareng sahabat saya. Tujuannya ke Curug Cibadak, yang ada di Kampung Loji, Cigombong. Curug Cibadak ini masih satu lokasi sama Suaka Elang Loji.

Dari rumah, saya arahkan motor ke jalan alternatif Bogor-Sukabumi, setelah melewati pertigaan Cibadak (yang kalau ke kiri ke Caringin), di sebelah kanan jalan ada plang bertuliskan “LOJI”. Saya pun berbelok, dan terus nge-gas motor ngikutin jalan. Sampai tiba di depan sebuah Sekolah Dasar, kami menemukan petunjuk jalan lagi.

Curug Cibadak Bogor

Nah, setelah melewati SD inilah, jalanan cukup menantang. Berupa turunan yang cukup curam dengan kontur jalan berbatu. Teman saya sampai turun dari motor dan berjalan kaki, sementara saya berusaha jaga keseimbangan motor biar gak terjungkal. Menurut info, hari Minggu ini jalannya baru mau diperbaiki, jadi kalau teman-teman ke tempat ini setelah lebaran, bisa dipastikan jalannya udah bagus.

Curug Cibadak Bogor

Setelah memarkirkan motor di sebuah rumah sederhana, yang nampaknya beralih fungsi jadi sebuah parkiran. Saya dan sahabat saya, melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Melewati beberapa rumah warga, pematang sawah, sungai, kebun karet, dan akhirnya sampai juga di sebuah pos, tapi posnya kosong. Ada juga beberapa ABG yang lagi asyik foto-foto di jembatan gantung. Iya, jembatan gantungnya emang instagram-able banget sih!

Curug Cibadak Bogor

Pos Jaga

Curug Cibadak Bogor

Karena gak tahu harus ke mana, kami pun melewati jembatan gantung untuk menuju ke sebuah bangunan serupa kantor. Di sini kami bertemu petugas dan membayar tiket masuk 7500/orang. Ternyata, jalan untuk ke Curug Cibadak dari pos tadi itu tinggal lurus terus aja ke atas. Kami pun kembali melewati jembatan gantung, lewati hutan pinus yang sekaligus juga jadi lokasi kemah.

Curug Cibadak Bogor

Gak usah heran ya harganya beda sama di tiket, 2500nya buat uang kebersihan, katanya.

Menurut info, dari pos ke curug butuh waktu kurang lebih 45 menit. Yang pada kenyataannya, kami butuh waktu sekitar 1 jam, dengan kondisi jalanan berbatu yang semakin atas semakin menanjak. Ini sih main ke curug rasa naik gunung namanya!

Saya sempat kepayahan juga ditengah jalan, untungnya gak sampai nyerah sih. Sayang banget rasanya kalau nyerah, karena waktu kita sampai di “puncak”, semua lelah serasa terbayar lunas. Pemandangannya subhanallah banget! Aliran air dari Curug Cibadak ini terbagi jadi dua gitu, dan biarpun semalamnya abis hujan, airnya gak terlalu deras. Tapi yang menakjubkan nih, di beberapa sudut atas, ada juga air terjun lain yang indaaah banget keliat dari kejauhan.

Curug Cibadak Bogor

Ini dia curugnya …

Curug Cibadak Bogor

another waterfall

Curug Cibadak Bogor

Pohon tumbang

Cuma satu yang agak ganggu sih, banyak pohon tumbang, yang sebetulnya bikin rada ngeri juga mengingat hari itu saya cuma berdua sama sahabat saya. Dan gak ada pengunjung lain di hari itu, makanya kita gak lama-lama di sana. Lihat langit yang mulai agak mendung, kita langsung turun deh. Pastinya, perjalanan pulang lebih cepat yaaa, soalnya jalanan tinggal menurun aja.

So far, buat yang suka bertualang, tempat ini cocok sih buat didatangin. Buat yang bawa keluarga, terlebih bawa anak kecil saya lebih prefer mending main-main di hutan pinusnya aja 🙂 Dan kalau ke sini, jangan lupa bawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup yaaa, soalnya gak ada warung ^^

Curug Cibadak Bogor

Curug Cibadak Bogor

Curug Cibadak Bogor

5916 Total Views 7 Views Today
Trekking Berasa Naik Gunung Ke Curug Cibadak Cigombong Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 3,660 times, 5 visits today)


About

Moody blogger at www.novariany.com | Suka Jajanjajan | Suka Jalanjalan | @raninovariany on IG/TW


'Trekking Berasa Naik Gunung Ke Curug Cibadak Cigombong Bogor' have 2 comments

  1. 07/08/2016 @ 4:22 pm Titis Ayuningsih

    Wah bagusnya curugnya, adem pastinya. Rekomendasi banget nih buat yang mau jalan2 ke Bogor dst

    Reply

  2. 02/04/2017 @ 2:55 pm Anonymous

    Kalo naik mobil kira2 bisa ga ya?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool