Share on Pinterest
More share buttons

Trashbag Community, Kegiatan Anak Muda Bogor

Wisata. Siapa sih yang tidak senang berwisata? Apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, membuat banyak orang semakin semangat untuk berwisata. Hah? Apa hubungannya wisata dengan teknologi? Ada dong. Penggunaan teknologi saat ini dapat kita lihat dari akun akun yang dimiliki di sosial media. Hayo ngaku deh, ada kan yang punya akun di instagram lebih dari satu? Ada kan yang punya akun di twitter lebih dari satu? Sebut saja salah satu sosial media yang sedang digandrungi anak muda saat ini yaitu Instagram. Kalau diperhatikan, trend saat ini adalah, pengguna Instagram berwisata ke suatu tempat, foto, upload. Dalam hitungan detik saja foto tersebut sudah dapat dilihat orang dari berbagai belahan dunia. Apalagi jika si pengunggah foto menggunakan hashtag. Mendapat ribuan likes dan komen berisi pujian tentang indahnya tempat yang diunggah menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Ya kan? Ngaku deeeh ๐Ÿ˜›

Baca juga artikel lainnya: Wisata kuliner di Bogor

wisata alam Bogor

Salah satu wisata alam di Bogor

Bogor sendiri tak luput dari trend ini. Selain dijadikan sebagai destinasi wisata dan setting tempat untuk upload foto Instagram, anak muda Bogor juga banyak yang melakukan trend upload-foto-jalan-jalan ini. Salah satu tempat yang dijadikan destinasi untuk upload-foto-jalan-jalan di Bogor adalah gunung. Selain karena Bogor tidak memiliki laut, udara pegunungan di Bogor masih sangat segar. Itu lah mengapa gunung menjadi salah satu tempat favorit untuk berwisata di Bogor -kemudian diupload tentu saja ๐Ÿ˜› Pesatnya perkembangan teknologi ini memiliki sisi positif dan negatif untuk perkembangan wisata di Indonesia khususnya wisata di Bogor. Sisi positif dari pesatnya perkembangan teknologi untuk sektor pariwisata ini adalah meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, dengan perkembangan teknologi ini dapat membuat tempat-tempat yang selama ini belum diketahui menjadi terekspose, hal ini membuat betambahnya destinasi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan. Berdampak juga untuk masyarakat sekitar tentu saja. Terkadang setelah piknik ke gunung, pengunjung sering meninggalkan “jejak”. Bukan hanya jejak kaki, tapi sering juga meninggalkan jejak berupa tulisan-tulisan untuk menandakan bahwa mereka pernah ke tempat itu. Sering kan kita temui tulisan “i was here” atau tulisan nama komunitas yang pernah mendaki gunung tersebut. Selain itu, plastik makanan atau minuman juga sering kita jumpai tertinggal di gunung. Itu gunung atau tempat sampah? #gunungbukantempatsampah kaliiiii. Atas keprihatinan ini, beberapa pendaki gunung yang berasal dari beberapa disiplin ilmu mendirikan sebuah komunitas bernama Trashbag Community untuk mengurangi sampah di gunung yang berasal dari para pendaki. Teman-teman pendaki yang tergabung dalam Trashbag Community ini masih menjunjung tinggi penerapan konservasi alam loh.

Operasi bersih Trashbag Community

Operasi bersih Trashbag Community

Trashbag Community ini berdiri pada tanggal 11 November 2011 di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Trashbag Community sendiri merupakan sebuah organisasi nonprofit yang bergerak di bidang lingkungan yang berfokus pada masalah sampah di gunung. Nah, untuk ezytravelers yang ingin menikmati alam pegunungan sekaligus menjadi pahlawan untuk kelestarian lingkungan, teman-teman bisa bergabung dengan Trashbag Community. Karena siapa saja yang peduli terhadap gunung dan alam boleh bergabung dengan komunitas ini. Apa saja sih kegiatan teman-teman dari Trashbag Community ini? Kegiatan dari Trashbag Community ini adalah melakukan operasi bersih di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan tempat wisata alam lainnya. Nah, kebayang dong selain melakukan aksi sosial kita juga tetap dapat menikmati indahnya alam pegunungan dan tempat wisata alam lainnya di wilayah Bogor dan sekitarnya ๐Ÿ˜€ Selain melakukan operasi bersih, kegiatan lainnya yang dilakukan oleh teman-teman dari Trashbag Community ini adalah melakukan sarasehan. Dalam kegiatan sarasehan ini teman-teman Trashbag Community berbagi pengalaman mendaki dan materi tentang etika pendakian. Selain itu, dalam acara sarasehan ini juga dibahas mengenai permasalahan sampah yang ada di sepanjang jalur pendakian. Teman-teman Trashbag Community juga berbagi pengalaman serta mengedukasi teman-teman Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) dan teman-teman dari Sispala (Siswa Pecinta Alam).

salah satu kegiatan Trashbag Community

Salah satu kegiatan Trashbag Community
Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Visa online , Hotel di Bogor , dan Tiket Pesawat

Untuk teman-teman yang ingin ngobrol-ngobrol langsung dengan Trashbag Community, bisa langsung datang ke Jl. Cibeureum RT 01/08 Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor (Saung DPC Bogor). Teman-teman dari Trashbag Community ini berharap dengan pesatnya perkembangan pariwisata ke Indonesia khususnya wisata ke Bogor, dapat meningkatkan juga kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tentunya kunjungan wisatawan ini harus yang sadar akan kebersihan dan kelestarian alam pegunungan ya, karena #gunungbukantempatsampah. Yuk sama-sama kita jaga kebersihan alam kita!

666 Total Views 1 Views Today
Trashbag Community, Kegiatan Anak Muda Bogor
1 (20%) 1 vote
(Visited 112 times, 1 visits today)



'Trashbag Community, Kegiatan Anak Muda Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015ย Hellobogor.comย a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool