Share on Pinterest
More share buttons

Trans Pakuan : Moda Transportasi Khas Bogor

Salah satu tips yang banyak dilakukan para traveler saat berwisata adalah benar-benar menikmati lingkungan daerah tempat tujuan wisata dengan semaksimal mungkin. Mulai dari mencicipi makanan khas daerah tersebut, tinggal langsung di hotel atau penginapan dengan nuansa khas daerah tersebut, dan bepergian dengan kendaraan khas daerah tersebut.

Nah, jika pada postingan sebelumnya sudah banyak diulas makanan khas Bogor mana saja yang bisa ditemui di Bogor, sementara untuk mencari hotel murah di Bogor yang bisa anda tinggali selama di Bogor anda bisa cari di EzyTravel.co.id, lalu kendaraan apa sih yang khas di Bogor?

Kendaraan umum di Bogor sendiri terdiri dari banyak jenis, mulai dari commuter line yang menghubungkan Bogor ke Jakarta dan daerah Jabodetabek lainnya, bus, angkot, ojek, becak, hingga delman yang akan sering anda temui di sekitar area Istana Bogor.

Tapi ada satu kendaraan umum yang hanya anda akan temui di Bogor : Trans Pakuan. Ya, jika di Jakarta ada Trans Jakarta dan di Palembang ada Trans Musi, maka di Bogor ada Trans Pakuan, sebuah sistem transportasi umum berjenis Bus Rapid Transit (BRT) yang menghubungan beberapa area penting di Bogor. Hanya saja, berbeda dari bus yang digunakan oleh Trans Jakarta dan Trans Musi, Trans Pakuan menggunakan mini bus dengan kapasitas 21 hingga 35 penumpang.

 

Mengapa harus naik Trans Pakuan

Bus Trans Pakuan di Halte Bubulak

Bus Trans Pakuan di Halte Bubulak. Sumber gambar : www.bismania.com

Karena angkutan umum ini berjenis bus, maka anda akan cenderung lebih nyaman saat berada didalamnya, berbeda dengan angkot yang jelas anda harus duduk berdesakan dalam luas angkot yang lebih kecil. Kelebihan lainnya adalah di Trans Pakuan anda tidak akan menemui pengamen jalanan seperti yang mungkin sering anda temui saat naik angkot. Kemudian saat ini sudah banyak armada Trans Pakuan yang memiliki AC, sehingga perjalanan akan lebih nyaman lagi.

Kekurangannya, sama seperti BRT di daerah lainnya, anda bisa saja tidak mendapat tempat duduk dan harus berdiri sepanjang perjalanan. Dan karena menggunakan tarif flat (5 ribu rupiah sekali naik), maka cenderung tidak direkomendasikan untuk mereka yang hanya ingin bepergian dalam jarak dekat. Juga tidak direkomendasikan bagi anda yang di daerah tujuannya tidak dekat dengan halte Trans Pakuannya, karena nanti ujung-ujungnya jalan juga atau naik angkot lagi.

Darimana kemana?

Bagi anda yang ingin menikmati suasana menggunakan moda transportasi massal milik Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor ini, ada beberapa rute yang sudah bisa anda gunakan selain rute lain yang saat ini sedang dalam pembangunan. Berikut rute Trans Pakuan yang sudah bisa anda nikmati :

Koridor 1 : Cidangiang – Terminal Bubulak
Rute : Pool Cidangiang > Pajajaran > Warung Jambu > Soleh Iskandar (Jalan Baru) > Abdullah bin Nuh (Taman Yasmin) > Terminal Bubulak.

Koridor 2 : Cidangiang – Ciawi
Rute : Pool Cidangiang > Pajajaran > Tajur > Ciawi > Perumahan Rancamaya.

Koridor 3 : Cidangiang – Bellanova
Rute : Pool Cidangiang > Pajajaran > Warung Jambu > Tol BORR > Mall Bellanova Sentul City.

dan berikut rute Trans Pakuan dalam bentuk peta,

Peta jalur Trans Pakuan Bogor

Peta jalur Trans Pakuan Bogor. sumber gambar : pdjt.kotabogor.go.id

 

Jadi tunggu apa lagi, yuk lengkapi pengalaman wisata di Bogor dengan naik moda transportasi Trans Pakuan yang cuma ada di Bogor 🙂

20708 Total Views 16 Views Today
Trans Pakuan : Moda Transportasi Khas Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 8,252 times, 1 visits today)


About

Anak rantau yang bentar lagi bakal resmi jadi penduduk Bogor


'Trans Pakuan : Moda Transportasi Khas Bogor' have 5 comments

  1. 02/10/2015 @ 12:39 pm Kartika DwiPutriani

    Asyyiiiiikkkk 😀

    Reply

  2. 02/10/2015 @ 1:14 pm Melly Feyadin

    Selama tinggal di Bogor, belum pernah naik angkutan ini -_-

    Reply

  3. 02/11/2015 @ 7:35 pm Angga Dwinovantyo

    Begitu udah mulai naik motor, transpak jadi bagus ._.

    Reply

  4. 05/05/2015 @ 6:49 pm Pagi di Eco Art Park Sentul | my30uplife

    […] naik angkot hijau bernomor 03 menuju Terminal Baranang-siang (Rp. 4000). Turun di depan pool bis Trans Pakuan (di depan terminal). Naik Trans Pakuan turun di depan Mall Bellanova (Rp. 6000). Kemudian kita […]

    Reply

  5. 12/31/2016 @ 9:36 am putri

    hello bogor~ min mau nanya dong
    kalau naik transpakuan Cidangiang – Bellanova itu berhenti di bellanova aja ya? rutenya ndak muncul

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool