Share on Pinterest
More share buttons
Lebaran dok.okezonelifestylecom

Tradisi Hari Raya Lebaran di Bogor (INFO BUDAYA)

Tradisi apa yang biasanya kalian lakukan di Hari Raya, ezytravellers? Apakah keliling kota bersama teman sepermainan? Atau kah memenuhi masjid dengan mengumandangkan syair terindah untuk dipanjatkan kepada Allah? Tentu kita punya tradisi masing-masing untuk merayakannya, meraih kemenangan di Hari yang Fitri. Tradisi merayakan lebaran dimulai dari meriahnya perayaan malam takbiran.

Malam yang diramaikan dengan suara petasan, kajian qur’an serta takbir yang berkumandang di mesjid-mesjid dekat rumah seakan sebagai pertanda kemenangan setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa. Semua kemeriahan malam takbiran menjadi awal umat muslim untuk menjemput nikmat kemenangan.

Selain tradisi malam takbiran, tradisi hari raya Lebaran apalagi sih yang biasa dilakukan umat muslim menyambut Hari nan Fitri?

tradisi hari raya Lebaran

Malam Takbiran dok.serambinews.com

Nah, bagi saya tradisi yang wajib dilakukan saat Hari Raya tiba adalah waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Tradisi ini memang sudah lahir sejak saya kecil. Menghabiskan waktu bersama keluarga di waktu Ramadhan hingga Hari Raya memang sangat menyenangkan.

Sahur bersama dengan melawan kantuk yang luar biasa hingga menuju hari kemenangan kami habiskan secara bersama-sama. Tapi, sebenernya kami juga melakukan tradisi lainnya yang dilakukan oleh orang kebanyakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri kok. Seperti, masak ketupat, mudik, keliling kampung atau halal bihalal kami lakukan untuk melestarikan tradisi hari raya Lebaran yang juga sudah mendarah daging.

 

Memasak ketupat

Ketupat yang tidak lepas dari perayaan Hari Raya selalu jadi primadona untuk disantap setelah solat Idul Fitri. Biasanya ketupat yang menjadi menu sarapan ini menjadi pelengkap menu utama Hari Raya, seperti opor ayam, rendang daging, semur hingga kerupuk udang.

Nah, sebelum ketupat terhidang menarik di meja makan, saya dari ibu saya biasanya memasak ketupat di satu hari sebelum Hari Raya tiba. Ketupat yang dimasak seharian penuh ini juga biasanya jadi menu makanan di hari terakhir kami menjalankan ibadah puasa. Sungguh bahagia rasanya bisa memasak ketupat bersama keluarga dan menyantapnya di Hari Raya

tradisi hari raya Lebaran

Tradisi masak ketupat dok.resepcaramasak

 

Mudik

Dari sekian banyak tradisi hari raya Lebaran, mudik menjadi tradisi kesukaan bagi saya. Gimana tidak, bertemu dengan keluarga jauh untuk merayakan Hari Raya sangat saya nantikan. Apalagi libur Hari Raya umumnya lebih panjang dibandingkan dengan libur perayaan hari lain, jadi kami punya banyak waktu untuk pulang kampung. Ayah saya sebagai perantau ini membudayakan tradisi mudik setiap dua tahun sekali. Walaupun tidak setiap tahun merayakan tradisi mudik di Hari Raya, tapi makna kebersamaan dengan keluarga jauh tetap terasa.

tradisi hari raya Lebaran

Tradisi Mudik dok.duniakunet

 

Mengirim Makanan untuk Kerabat Terdekat

Di Hari Raya makanan melimpah ruah. Mulai dari kue kering, kue basah, ketupat hingga makanan berat sebagai pelengkap ketupat. Tradisi mengirim makanan untuk kerabat terdekat dilakukan menjelang Hari Raya. Tradisi hari raya Lebaran ini berlandaskan untuk menjaga tali persaudaraan serta berbagi kebahagiaan di hari nan fitri. Makanan yang dikirim pun beragam jenisnya, seperti kue kering atau cake.

tradisi hari raya Lebaran

Mengirim kue lebaran dok.resephaiinicom

 

Keliling Kampung atau Halal Bihalal

Halal Bihalal atau tradisi maaf memaafkan setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh juga dilakukan oleh saya dan keluarga. Tradisi ini dilakukan setelah melakukan ibadah solat Idul Fitri dengan berkeliling kampung, menyambangi rumah tetangga atau kerabat dekat.

Nah, walaupun saat ini media informasi sudah semakin berkembang melalui media online, tapi kebiasaan untuk berkeliling kampung ini tetap kami lakukan. Karena suasana kebersamaan akan lebih terasa saat kita bertatap muka dibandingkan melalui media. Kalian setuju gak, ezytravellers?

Yuk keliling Bogor! Eits, ambil tiket pesawat promopaket perjalanan wisata & cari hotel murah sekarang!

 

Ziarah Makam

Salah satu alasan kenapa kami merayakan tradisi mudik dua tahun sekali ialah untuk datang berkunjung ke makam keluarga. Tradisi ziarah makam ini sebenernya bisa juga dilakukan sebelum Ramadhan tiba, namun lebih sering dilakukan saat Hari Raya. Ziarah makam dilakukan selepas solat Idul Fitri dan berkeliling kampung atau halal bihalal. Dengan membawa tiker, buku doa, dan bunga, ziarah makam menjadi rutinitas wajib dilakukan untuk mendoakan arwah keluarga.

 

Berbagai THR

Selain mudik, sesi bagi THR (Tunjangan Hari Raya) menjadi hal yang paling menyenangkan di Hari Raya. Pembagian THR atau uang saku ini khusus diberikan pada saudara sepupu atau keponakan yang masih bersekolah. Dengan tujuan mempererat tali silaturahmi dan berbagi kebahagiaan, tradisi THR ini masih terus dilakukan di saat kumpul bersama keluarga besar.

tradisi hari raya Lebaran

Tradisi berbagi THR dok.borananblogspotcom
544 Total Views 6 Views Today
Tradisi Hari Raya Lebaran di Bogor (INFO BUDAYA)
4 (80%) 1 vote
(Visited 117 times, 1 visits today)



'Tradisi Hari Raya Lebaran di Bogor (INFO BUDAYA)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool