Share on Pinterest
More share buttons
titik 0 km bogor

Titik Nol Kilometer Bogor

Salah satu tempat yang suka dicari pelancong saat berwisata di sebuah kota adalah titik nol kilometer. Sebagian tempat di Indonesia memang memilikinya. Penanda tersebut biasanya berujud patok atau tonggak. Ada juga yang berbentuk tugu atau bahkan bangunan rumah. Bila sudah ketemu, mereka, seperti biasa, akan foto-foto di dekatnya sekadar untuk kenang-kenangan atau sebagai bukti pernah di kota itu.

Bogor juga punya penanda nol kilometer. Bila Anda sedang berlibur di Bogor dan penasaran di mana lokasinya, setelah membaca artikel ini Anda akan tahu pasti letak persisnya. Jika berhasil menemukannya, jangan lupa berfoto di sebelahnya dan pamerkan ke teman-teman Anda biar muncul juga minat mereka untuk ke Bogor dan mengambil foto di dekat penanda itu.

Awalnya letak penanda nol kilometer yang ujudnya patok itu tidak berada di tempat yang sekarang. Sebagaimana yang disampaikan Kepala Subbagian Rumah Tangga dan Protokol Istana Bogor, Endang Sumitra, SH di acara Tutur Tanah Air yang diselenggarakan oleh tuturtanahair.com pada 28 April 2015, dulu yang dijadikan penanda titik nol kilometer Bogor adalah kubah Istana Bogor. Karena alasan bahwa tidak semua orang bisa masuk ke istana, penanda nol kilometer itu kemudian dipindahkan ke sebuah titik di mana kita bisa temukan patok tersebut saat ini. Tingginya sekitar 75 cm dengan tiga sisi yang masing-masing sisinya terdapat tulisan. Bila kita berdiri di depannya, sisi paling atas yang menghadap ke kita terdapat tulisan JKT 59. Di bawah sisi yang bertuliskan JKT 59, ada dua sisi miring yang ujung pertemuan dari kedua sisi itu mengarah ke kita. Di sisi sebelah kiri (bila kita lihat dari depan patok itu) bertuliskan JTN 47, sedangkan tulisan yang ada di sisi sebelah kanan adalah BGR 0 (Bogor 0 kilometer).

titik 0 km bogor

Tugu kecil nol kilometer ini terlihat tidak mencolok. Di sebelahnya terdapat pompa hidran warna merah. Bila tidak benar-benar dicari, penanda ini tak akan diperhatikan. Bentuknya sama saja dengan tonggak penanda jarak yang lain yang biasa kita lihat di tepi jalan. Padahal bisa dibilang, ini bukan patok biasa. Penanda nol kilometer merupakan patok istimewa yang seharusnya diperlakukan istimewa pula sehingga secara sekilas akan menarik perhatian. Sekadar usul buat Walikota Bogor, akan lebih baik dan menguntungkan dari segi pariwisata bila patok titik nol kilometer Bogor ini diganti dengan sebuah tugu setinggi manusia dewasa atau lebih sedikit sekitar dua atau dua setengah meter. Bila titik nol kilometer setinggi itu, bisa dipastikan tugu tersebut tidak lagi diabaikan begitu saja karena bentuknya mencolok mata. Tugu nol kilometer juga akan semakin menarik pelancong untuk foto di sampingnya. Merupakan kebanggan tersendiri ketika kita bisa berfoto di sebuah penanda kota yang kita kunjungi.

Sebagaimana di kota-kota lain, penanda nol kilometer biasanya berada di tengah kota. Bila kita perhatikan, titik nol kilometer yang awal mula ditandai oleh Belanda seperti yang ada Bogor, selalu berada di pusat pemerintahan. Inilah sistem kerja bangsa Belanda saat memerintah negeri ini yang bisa dijadikan ciri-ciri. Karena penanda titik nol kilometer selalu ada di pusat kota, di sekitar penanda itu selalu kita temukan bangunan perkantoran atau bangunan pendukung lainnya yang fungsinya melancarkan kinerja pemerintahan pada masa itu. Bisa kita sebut bangunan-bangunan yang biasa berada tidak jauh dari titik nol kilometer di antaranya adalah stasiun kereta api, gereja, dan kantor pos. Bila kota Anda memiliki tonggak atau tugu titik nol kilometer, coba Anda amati, adakah salah satu, dua, atau malah tiga-tiganya dari bangunan itu ada di dekatnya? Satu lagi ciri dari cara kerja orang Belanda yang sistematis adalah saat mendirikan kota. Pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Herman Williem Daendels (1808-1811), dia selalu mendirikan kota berjarak 60 kilometer dari kota yang lain. Sebagai contoh misalnya, jarak antara Jakarta ke Bogor, Bogor ke Cianjur, Cianjur ke Bandung adalah sama, yaitu 60 kilometer. Dan di setiap kota itu ada titik nol kilometer.

titik 0 km bogor

Patok 0 Km Bogor dilihat dari depan pintu gerbang keluar Balaikota.

Kembali ke tonggak nol kilometer Bogor, sekali lagi saya berharap pemerintah Kota Bogor mau memperhatikan patok yang bukan sekadar penanda jarak tetapi sebuah patok yang memiliki nilai sejarah dan bisa menjadi magnet bagi pelancong untuk berwisata ke Bogor. Tak perlu setinggi Tugu Kujang, cukuplah bisa menjadikannya terlihat oleh setiap orang yang lewat di dekatnya dan wisatawan bisa bersandar saat berfoto. Semoga suatu saat nanti, patok yang terabaikan ini berubah menjadi sebuah tugu. Setiap orang yang lewat di Jalan Ir. H. Juanda di depan Balaikota di dekat Hotel Salak akan tahu di situlah tempat berdirinya sebentuk tugu titik nol kilometer Bogor. Sebuah saksi bisu sejarah yang berdiri persis di tepi jalan, di antara pintu keluar Balaikota dan pintu masuk Hotel Salak, di dekat sebatang pohon besar.

9762 Total Views 6 Views Today
Titik Nol Kilometer Bogor
5 (100%) 4 votes
(Visited 1,669 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Titik Nol Kilometer Bogor' have 4 comments

  1. 05/22/2015 @ 10:43 am Fahmi

    Nggak cuma yogyakarta, tetapi bogor juga punya nol kilometer ya 😀

    Reply

  2. 05/22/2015 @ 10:49 am Khoirina

    Wah keren, gue tinggal di Bogor 17 tahun baru tau ini! Thanks sharenya bro.

    Reply

  3. 09/19/2015 @ 5:53 pm nuria

    Yess ahir’y tau titik nol KM kota bogor,,tp ko’ kya yg g k urus yhh??!!
    Hhhmmm ap semua org bgor tau dmn letak’y?? Soal’y g kliatan gt dr jln,,ketutup m phon2..
    Share jg donk,,maskot kota bogor..

    Reply

  4. 12/18/2015 @ 12:59 pm mia

    yeaaaay… ternyata kotaku punya TITIK NOL !… kapan2 mudik mo foto2 disana aaah… padahal dulu pas SD sering tuh ikutan acara di balaikota tapi gak ngerti klu disitu ada patok istimewa.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool