Share on Pinterest
More share buttons
tiket pesawat murah

Tiket Pesawat Termurah dari Ezytravel.co.id

Halo Ezytravelers, 2017 ini memang tahun yang penuh dengan hari kejepit dan libur long weekend. Coba aja dicek, mulai bulan Maret akan ada hari libur di Senin minggu terakhir. Yeay! Ini artinya Kalian harus segera cari tiket pesawat termurah buat liburan nanti.

Eits, tapi bagaimana kalau kita mau traveling tapi gak punya budget buat liburan?

Padahal ya, banyak banget tanggal merah, cuti kantor juga masih banyak, liburan kampus juga masih panjang, cuma budget terbatas.

Okay, ini ada 6 tips cari tiket pesawat termurah yang bisa bikin kalian hemat sehemat hematnya!

Penasaran apa aja tipsnya? Yuk simak artikel berikut!

Lakukan 6 tips ini untuk dapat tiket murah: Tentukan tujuan & waktu liburan lebih dulu, cek promo tiket pesawat, pilih penerbangan rute transit, gunakan 2 maskapai berbeda & pilih terbang dari dan ke bandara sekunder!

 

1. Tentukan dengan Matang Tujuan Liburan Kalian!

tiket pesawat termurah

Tentukan destinasi terlebih dulu sebelum cari tiket murah. Source: makennaalyse[dot]com

Setelah mengecek kalender 2017, destinasi mana yang timbul di pikiran kalian Ezytravelers? Sebelum pesan tiket pesawat dan semangat Kalian berapi-api untuk liburan, ada baiknya pikirkan dengan matang dulu tujuan yang akan didatangi. Kalian bisa memilih tujuan yang sedang promo. Atau, memilih destinasi yang kurang popular. Kalau kalian memang traveler sejati, Kalian bisa merasakan sensasi tersendiri dari sebuah tujuan yang tidak direncanakan. Keuntungan lainnya lagi, Kalian bisa mendapatkannya dengan harga yang rata-rata murah.

 

2. Sekarang, Tentukan Waktu Liburan yang Tepat!

Nah, untuk menentukan waktu liburannya, Kalian bisa memulai dengan memilih hari penerbangan di hari Rabu karena biasanya harga tiket pesawat melonjak tinggi menjelang akhir pekan. Harga tiket juga bisa jadi lebih murah jika Kalian terbang setelah hari libur nasional.

Kalian juga bisa memilih jam penerbangan pertama atau jam penerbangan karena kebanyakan orang tidak ingin terbang di jam yang terlalu pagi atau malam. Eits, tapi jangan lupa juga untuk membandingkan harga tiket pesawat pada tanggal-tanggal lainnya.

Ezytravelers juga harus ‘gercep’ alias gerak cepat ketika hoki mendapat harga promo! Biasanya memasukkan tanggal 20-an ke akhir bulan, harga tiket bisa lebih murah, maklum akhir bulan guys.

Btw, berdasarkan riset beberapa traveler nih bulan termurah untuk liburan adalah bulan Februari dan bulan termahal itu bulan Juli. Sementara untuk minggu termurah adalah akhir Januari dan minggu termahal itu akhir Desember.

FYI guys, waktu yang tepat untuk pesan tiket adalah:

  • Untuk penerbangan domestik, minimal 60 hari sebelum keberangkatan,
  • Untuk penerbangan internasional, minimal 150 hari sebelum keberangkatan,

 

3. Cek Tiket Promo Pesawat Yang Lagi Murah

Ada beberapa maskapai penerbangan yang sering mengadakan tiket promo seperti maskapai bertarif rendah atau lebih dikenal dengan istilah LCC (Low Cost Carrier). Salah satunya Tiger Air, meskipun saat ini maskapai tersebut sudah tidak memiliki rute penerbangan domestik, namun masih ada penerbangan internasional tujuan ke negara tetangga, yap, Singapura! Harga ke sana masih dibandrol dengan budget yang aman buat kantong.

Di era digital saat ini, sudah banyak bermunculan OTA (Online Travel Agency) yang menawarkan harga tiket pesawat yang sangat kompetitif, bahkan OTA sudah tidak ragu lagi untuk memberikan diskon untuk produk travel yang satu ini, tiket pesawat.

Namun Kalian harus pintar-pintar ya Ezytravelers untuk menentukan OTA mana untuk membeli tiket promo pesawat. Cari OTA yang sudah terpercaya dan memang benar ada, bisa dengan cara cek update website dan media sosial OTA tersebut.

 

4. Pilih Penerbangan Rute Transit daripada Rute Langsung

tiket pesawat termurah

Rute Transit akan lebih murah dibandingkan Rute Langsung. Source: Pinterest

Tips cari tiket pesawat termurah berikutnya khusus rute internasional adalah dengan memilih penerbangan rute transit. Kalau waktu bukanlah masalah buat Kalian, terbang dengan rute transit akan sangat menghemat budget, bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah daripada penerbangan rute langsung.

Misalnya terbang ke Korea dengan rute Jakarta – Kuala Lumpur – Seoul, atau traveling ke Jepang akan lebih murah menggunakan LCC seperti Jetstar atau Tiger Airways yang akan transit di Singapore dan Taipei sebelum tiba di Osaka atau Tokyo. Berlaku juga bagi yang ingin ke Perth dengan murah bisa menggunakan rute transit Jakarta – Bali – Perth.

Keuntungannya, Kalian bisa traveling singkat di kota yang menjadi transit perjalanan Ezytravelers. Nah, sudah hemat, bisa check in Path juga deh 😀

 

5. Gunakan Minimal Dua Maskapai yang Berbeda

Ezytravelers, Kalian bisa mencoba menggunakan maskapai yang berbeda untuk keberangkatan dan kepulangan. Tips ini memang sedikit merepotkan dan tidak sepraktis kalau Kalian memesan langsung di website maskapai.

Tapi, kalau Kalian memesan lewat OTA, Kalian bisa langsung pesan tiket pesawat sambil membandingkan harga tiket dan memilih maskapai dengan harga paling murah.

Kalian juga bisa mengecek harga tiket melalui Ezytravel.co.id untuk mengetahui harga tiket pesawat termurah sesuai destinasi yang diinginkan dengan mudah dan cepat dan booking tiket pesawat langsung.

 

6. Pilih Terbang dari dan ke Bandara Sekunder

tiket pesawat termurah

Halim Perdana Kusuma merupakan Bandara Sekkunder di Jakarta. Source: moneter[dot]co[dot]id

Umumnya di setiap Negara memiliki 2 bandara, yaitu bandara Internasional dan bandara sekunder. Misalnya di Jakarta yang punya bandara Internasional Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma.

Bagi beberapa maskapai, mendaratkan pesawatnya di bandara sekunder lebih murah biayanya dibanding mendaratkan pesawat di bandara internasional (utama). Oleh sebab itu, harga tiket dari dan menuju bandara sekunder biasanya lebih murah. Jadi kalau berangkat atau tujuan Kalian ke Jakarta, kalian bisa memilih penerbangan dari bandara sekunder yaitu Bandara Halim Perdana Kusuma.

 

Jadwal Travel Fair 

  1. Air Asia Travel Fair : Pameran travel dari maskapai Air Asia yang menawarkan promo tiket pesawat termurah dan tur menarik ke berbagai negara. Biasanya di selenggarakan tiap tahunnya pada awal bulan Februari.
  2. Indonesia Travel Fair : Pameran travel bertajuk Indonesia travel fair yang menyediakan 100 brands yang terbagi untuk pasar domestik maupun internasional. Biasanya diadakan tiap tahunnya pada minggu ke-3 bulan Februari.
  3. Cathay Pacific Travel Fair : Pameran travel dari maskapai asal Hong Kong yang menawarkan promo tiket pesawat termurah dan tur menarik ke berbagai negara. Biasanya diselenggarakan tiap tahunnya pada minggu ke-4 bulan Februari di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.
  4. Singapore Airlines Travel Fair : Pameran Travel dari maskapai full service asal Singapore yang menawarkan promo tiket pesawat termurah ke berbagai tujuan internasional. Biasanya diselenggarakan setiap tahunnya pada minggu ke-4 bulan Februari di beberapa kota besar seperti, Jakarta dan Surabaya.
  5. Japan Travel Fair : Pameran Travel dari Japan National Tourism Organization (JNTO) yang menawarkan promo tiket pesawat termurah dan tur menarik ke beberapa kota di Jepang. Biasanya diselenggarakan setiap tahunnya pada awal bulan Maret di Jakarta.
  6. Garuda Indonesia Travel Fair : Pameran Travel dari maskapai full service asal Indonesia yang menawarkan promo tiket pesawat termurahke berbagai tujuan internasional maupun domestik. Biasanya diselenggarakan dua kali setiap tahunnya pada awal bulan Maret dan awal bulan Oktober di berbagai kota di Indonesia.
  7. Astindo Fair : Pameran Travel dari Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia yang menawarkan berbagai keperluan liburan mulai dari promo tiket pesawat termurah sampai berbagai tur internasional maupun domestik. Biasanya diselenggarakan setiap tahunnya pada akhir bulan Maret di Jakarta dan Surabaya.

 

Bandara di Jakarta

 

Sekilas Tentang Bandara Soekarno Hatta – CGK

Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta (IATA: CGK, ICAO: WIII) merupakan sebuah bandar udara utama yang melayani penerbangan untuk Jakarta, Indonesia. Bandar udara ini diberi nama sesuai dengan nama dwitunggal tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, yang sekaligus merupakan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama. Bandara Soetta memiliki kode IATA CGK. Nama populer dalam masyarakat adalah Bandara Cengkareng oleh karena berdekatan dengan wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, meskipun secara geografis berada di kecamatan Benda, Kota Tangerang.

Terminal Domestik

Bandara Soekarno-Hatta (CGK) dibagi menjadi beberapa terminal untuk rute Domestik. Terminal 1A untuk keberangkatan dan kedatangan rute pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Ambon, dan Papua. Sementara terminal 1B akan melayani untuk keberangkatan dan kedatangan rute Sumatera, Lombok dan Denpasar. Terminal 1C juga akan melayani untuk keberangkatan dan kedatangan rute domestik dan juga pesawat Charter. Untuk terminal 2, keberangkatan dan kedatangan rute domestik hanya tersedia di terminal 2F. Sementara itu Terminal 3 Ultimate juga akan melayani penerbangan domestik tetapi hanya dikhususkan untuk maskapai Garuda Indonesia.


Tiket Pesawat Murah ke Lombok


Terminal Internasional

Bandara Soekarno-Hatta (CGK) juga akan melayani keberangkatan dan kedatangan untuk rute internasional. Terminal 2D dan 2E dikhususkan untuk kedatangan dan keberangkatan Internasional dari berbagai maskapai dalam negeri maupun luar negeri. Sementara itu, khusus Terminal 3 Ultimate mulai bulan april 2017 akan melayani keberangkatan dan kedatangan rute internasional dari maskapai Garuda Indonesia.

List Terminal dari Berbagai Maskapai

Terminal Nama Maskapai
Terminal 1A Lion Air dan Wings Air
Terminal 1B Lion Air
Terminal 1C Batik Air, Citilink, Kalstar, Trigana Air dan Airfast Indonesia
Terminal 2D Air China, All Nippon Airways (ANA),  Cathay Pacific, Cebu Pacific, China Airlines, China Southern Airlines, Emirates, Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Lufthansa, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Qantas, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways International, Tiger Airways, Turkish Airlines, Valuair, dan Yemenia
Terminal 2E Garuda Indonesia Internasional, Air Asia Internasional, Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Lion Air Internasional (Malindo Air & Thai Lion Air), dan Royal Brunei.
Terminal 2F Sriwijaya Air, Nam Air, Air Asia Domestik
Terminal 3 Ultimate Garuda Indonesia

 

Sekilas Tentang Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP)

Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (IATA: HLP, ICAO: WIHH) adalah sebuah bandar udara di Jakarta, Indonesia. Bandar udara ini juga digunakan sebagai markas Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) TNI-AU. Sebelumnya bandar udara ini bernama Lapangan Terbang Cililitan. Bandara Halim Perdanakusuma beroperasi sementara menjadi bandara komersial mulai tanggal 10 Januari 2014 untuk mengalihkan penerbangan dari Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta yang dinilai telah penuh sesak.

Terminal Domestik

Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) hanya tersedia Terminal Domestik dan Terminal Haji bila musim haji tiba. Jadi dipastikan tidak ada keberangkatan dan kedatangan Internasional dari bandara ini. Maskapai yang beroperasi di bandara ini dominannya dikuasai oleh Citilink dan Batik Air. Akan tetapi maskapai seperti Pelita Air, Susi Air dan TransNusa Air juga menyediakan beberapa keberangkatan dan kedatangan domestik. Pelita Air dan TransNusa Air dikhususkan untuk penumpang yang menchartered pesawat untuk keperluan pribadinya. Sementara itu Susi Air hanya terbang ke bandara-bandara kecil di pulau jawa.

Terminal Haji

Selain melayani Keberangkatan dan Kedatangan dari rute domestik, Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) juga akan melayani keberangkatan dan kedatangan jamaah Haji yang ingin atau pulang dari tanah suci Mekkah. Tetapi Bandara ini hanya akan melayani rute ke Jeddah bila musim haji tiba. Maskapai yang melayani pada musim haji biasanya adalah Garuda Indonesia, Lion Air, dan Saudi Arabia Airlines.

List Terminal dari Berbagai Maskapai

Nama Maskapai Tujuan
Batik Air Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar/Bali, Jambi, Jayapura, Kupang, Makassar, Malang, Manado, Mataram—Lombok, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surakarta/Solo, Surabaya, Tanjung Pandan, Tarakan, Ternate, Timika, Yogyakarta
Citilink Balikpapan, Batam, Denpasar/Bali, Malang, Mataram—Lombok, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Surakarta/Solo, Surabaya, Yogyakarta
Pelita Air Services Charter : Dumai, Matak, Pekanbaru, Sorong, Yogyakarta
Susi Air Cilacap, Pangandaran
TransNusa Air Services Air Services Dumai, Pagar Alam Charter : Matak, Natuna
Garuda Indonesia Musiman : Jeddah, Madinah
Lion Air Musiman : Jeddah, Madinah
Saudi Arabia Airlines Musiman : Jeddah, Madinah

 

Nama Bandara di Kota Favorit

 

Tiket Pesawat Termurah ke Destinasi Favorit

2836 Total Views 3 Views Today
Tiket Pesawat Termurah dari Ezytravel.co.id
5 (100%) 1 vote
(Visited 385 times, 1 visits today)

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool