Share on Pinterest
More share buttons

Tiga Tempat Wisata Rusa di Bogor

Konon katanya orang-orang sukses punya rahasia yang membuat diri mereka bisa sukses. Salah satu rahasianya adalah soal pengaturan waktu. Dengan segala tantangan di dalam pekerjaannya, mereka tidak mengalami stress karena bisa mengatur waktu dalam seminggu. Senin sampai Jumat adalah hari dimana mereka fokus dalam pekerjaannya masing-masing. Sabtu adalah waktu untuk diri mereka sendiri, mereka menyibukan diri dengan melakukan sesuatu yang mereka suka. Dan terakhir, Minggu adalah waktunya untuk keluarga. Lepas dari segala sesuatu yang berhubungan untuk pekerjaan, fokusnya hanya untuk keluar. Nah bagi yang sudah berkeluarga dan punya anak kecil tentu menentukan kegiatan di hari Minggu bukan sesuatu yang mudah. Berwisata sudah jadi menu wajib, salah satunya bisa ke Kota Bogor. Untuk wisata keluarga yang cocok dengan anak-anak kita harus pilih-pilih, selain masuk budget tentu unsur pendidikan harus bisa dihadirkan. Nah berikut ini adalah wisata keluarga dan anak yang murah-meriah dan mengandung unsur edukasi bagi anak, yaitu wisata memberi makan rusa. Di Bogor ada tiga tempat yang bisa dijadikan tujuan. Dimana saja, ini dia daftarnya.

Kandang Pedok

Kandang Pedok

1.Penangkaran Rusa Setu Gede Bogor

Berlokasi di Setu Gede, tepatnya di balik rimbunnya Hutan Cifor, Dramaga Bogor. Sejatinya penangkaran rusa ini bernama Pusat Pengembangan Teknologi Penangkaran Rusa. Penangkaran ini merupakan proyek dari Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Sesuai namanya, disini memang tempat untuk mengembangkan teknologi dalam penangkaran rusa. Tak heran, para pegawainya sebagian memang PNS.

Diantara keseriusan tempat ini, rusa-rusa yang di dalam kandang penangkaran bisa dilihat oleh masyarakan umum sehingga menjadikan tempat ini layaknya “kebun binatang” tapi khusus rusa. Ada beberapa jenis rusa disana, hal itu bisa dilihat dari fisiknya yang berbeda antara satu sama lainnya.

Kandang

Kandang

Anak-anak pasti suka di bawa kesini, selain udaranya yang sejuk karena dikelilingi oleh hutan Cifor, disini juga anak-anak bisa memberi makan rusa-rusa. Para petugas pemeliharaan biasanya menyambi untuk berdagang pakan rusa-rusa ini.

“Lumayan mas buat sampingan bekal mudik” kata salah seoorang petugas pemeliharaan saat saya bertanya-tanya soal jualannya. Saat itu saya berkunjung menjelang lebaran di bulan Ramadhan.

WP_20150716_11_18_45_Pro-01

Hi, Rusa!

WP_20150822_09_57_44_Pro-01

Pakan yang dijual sudah dipastikan aman untuk dikonsumsi rusa-rusa disini. Harganya murah saja, satu ikat wortel diharga 2k. Anak-anak sudah pasti senang saat memberi makan rusa-rusa ini.

2.Rusa Istana Bogor

Konon katanya rusa yang saat ini jumlahnya ratusan mungkin ribuan di Istana Bogor awalnya hanya beberapa pasang saja. Karena terlindungi dan dirawat dengan baik oleh petugas pemeliharan di Istana Bogor sejak tahun abad ke 18 kini jumlahnya bertambah banyak. Selain padang rumput yang luas, juga pastinya tidak ada predator di dalam sana. Hehe.

Asal rusa di Istana Bogor adalah dari Nepal yang dibawa oleh Gubernur Jendral Belanda saat itu. Ya, saat itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Berkat peninggalannya itu kini rusa Istana Bogor menjadi salah satu daya pikat wisatawan saat berkunjung ke Kota Bogor.

Seorang anak memberi makan rusa Istana Kredit foto : rmoll.co

Seorang anak memberi makan rusa Istana
Kredit foto : rmoll.co

Setiap hari sebenarnya bisa dijumpai, tetapi ramai-ramainya di hari Minggu. Tinggal berjalan dilingkar luar pagar Istana, kita bisa menjumpai rusa-rusa yang entah bagaimana seakan tahu disana akan banyak orang yang memberi makan. Nah di hari Minggu juga biasanya dijumpai para pedagang pakan rusa. Favorit rusa-rusa ini dalah wortel, mereka akan suka sekali jika anak-anak kecil memberi wortel sebagai pakan.

Legalitas dalam memberi makan ini tidak jelas, tapi pihak Istana seakan membiarkan praktek ini. Ya selama pakannya bisa terjaga dalam arti baik tidak mengandung zat yang aneh yang bisa membuat rusa-rusa itu sakit, sah-sah saja bukan. Jika kebetulan ke Kota Bogor membawa anak, jangan lupa dibawa kesini. Murah meriah.

3.Penangkaran Rusa BNR Bogor

Daftar terakhir tempat penangkaran rusa di Bogor ada di perumahan BNR (Bogor Nirwana Residence). Lokasinya dekat dengan kantor pemasaran BNR. Sebaiknya tidak kesini di hari Minggu, karena di hari tersebut tempat ini sangat-sangat ramai.

Walaupun rusanya lebih sedikit dibanding dua tempat diatas dan tempatnya tidak luat, tapi karena lokasinya berada di pinggir jalan ramai membuat Rusa BNR Bogor selalu dibanjiri bocah-bocah yang merengek minta orangtuanya untuk bisa memberi makan rusa.

Rusa-rusa berebut makan di BNR Sumber foto : tribunnews.com

Rusa-rusa berebut makan di BNR
Sumber foto : tribunnews.com

Jangan kuatir soal pakannya karena biasanya selalu ada pedagang yang menjual pakan rusa-rusa ini berupa wortel. Harganya murah saja, dengan dua ribu rupiah kita bisa mendapatkan satu ikut wortel yang pastinya membuat anak-anak girang bukan kepalang.

Dari jenisnya hanya ada dua saja dan jumlanya pun mungkin hanya puluhan. Karena merupakan milih swasta dan bukan untuk tujuan komersial maka rusa-rusa ini seperti tidak ada kenyangnya. Positifnya anak-anak bisa selalu memberi makan para rusa ini kapan pun.

Itulah tiga tempat wisata rusa di Kota Bogor. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat anak-anak tersenyum gembira. Jadi jika ke Taman Safari Indonesia di Puncak terasa mahal karena akhir bulan dan belum lagi jauh serta macetnya, itu artinya saatnya belokan setir ke salah satu dari tiga tempat ini.

 

2876 Total Views 9 Views Today
Vote Us
(Visited 406 times, 2 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Tiga Tempat Wisata Rusa di Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool