Share on Pinterest
More share buttons
Tanjakan Iblis

Tanjakan Iblis di Gunung Salak Bogor

Gunung Salak – Selalu ada lokasi legendaris di setiap gunung bagi pendaki. Atau ada kisah yang sebagian di antaranya merupakan mitos penuh bumbu-bumbu penyedap. Beberapa menarik untuk didengar, sisanya menyebalkan untuk dinikmati. Bahkan bisa menjadikan sebagian dari mereka yang tadinya berminat menjadi kendor semangat gara-gara mendengar kisah ‘horor’ yang dibesar-besarkan itu.

Bogor sebagai tujuan wisata memiliki obyek kunjungan yang komplit. Ekowisata (ecotourism) yang menjadi salah satu wisata di Bogor bersanding mesra dengan wisata alam dan wisata kota (city tour). Hal ini menjadikan Bogor sebagai alternatif destinasi liburan bagi  wisatawan lokal khususnya yang datang dari Jakarta, baik yang akan menggunakan layanan Hotel di Bogor ataupun hanya sekedar menghabiskan liburan saja. Kebun Raya sebagai target utama pengunjung Bogor bukan hal aneh lagi. Orang-orang dari Dejatabek (Depok, Jakarta, Tangerang, Bekasi) berburu kuliner bukan cerita baru.

tiket mudik murah

Bogor juga menawarkan tiga gunung untuk para pendaki: Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Salak. Dari ketiga gunung itu, Gunung Salak yang memiliki reputasi yang kurang baik. Itu kesimpulan saya berdasarkan cerita yang beredar perihal gunung tersebut. Dan itulah sebabnya mengapa Gunung Salak tidak begitu diminati.

puncak iblis bogor

Puncak Salak II dilihat dari jalan menuju Puncak Salak I.

Sebenarnya rugi besar bila Gunung Salak dicoret dari daftar pendakian. Banyak hal menarik di balik gunung yang buat sebagian pendaki dianggap menyeramkan itu. Itu hanya bisa dinikmati jika kita sendiri yang melakukan pendakian. Bila cuma mendengarkan cerita orang, yang didapat bisa jadi malah “kudapan yang banyak pemanis buatan dan penyedap tapi beracun”.   Hal menarik sekaligus memicu adrenalin, misalnya, adalah jalan yang berayun-ayun karena terbentuk dari jalinan akar pepohonan. Jalan akar itu bisa dilewati dengan cara menghadap ke pohonnya dan mencengkeramnya untuk pegangan. Sementara itu, di bawah dan di belakang kita menganga jurang dengan kedalaman ratusan meter.

Risikonya tentu saja nyawa bila kita tidak hati-hati. Dari tempat itu pula, kita bisa menyaksikan Puncak Salak II (2.180 Mdpl)  yang memiliki ketinggian sedikit lebih rendah dari Puncak Salak I (2.211 Mdpl) dan sangat jarang didaki karena medannya yang sulit ditembus. Buat pemburu petualangan penuh tantangan, hal semacam ini pasti tak akan dibiarkan begitu saja. Hal lain yang menantang dan hanya ditemukan di Gunung Salak adalah apa yang saya sebut Tanjakan Iblis.

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Temukan pilihan terbaik ini: Booking Tiket Online, Paket wisata Indonesia dan Keliling Nusantara

Bila Gunung Gede punya Tanjakan Setan, Gunung Salak juga memiliki tanjakan sejenis. Jika di Tanjakan Setan pendaki dibantu dengan tali baja yang dibentang dari atas ke bawah, Tanjakan Iblis tak memilikinya.   Sebagai alat bantu mendaki atau pegangan saat turun, ada bekas spanduk yang dibentuk menjadi tali. Itu pun saya temukan beberapa tahun yang lalu. Bila Anda mendaki sekarang, bisa jadi tali dari spanduk itu sudah hilang. Yang lebih sulit lagi bila dibandingkan Tanjakan Setan yang terbentuk dari bongkahan batu gunung, Tanjakan Iblis berupa tanah liat dan batu berlumut yang begitu licin bila sehabis hujan. Hanya ada beberapa tonjolan batu untuk pijakan atau pegangan.

Tanjakan Iblis di Gunung Salak bogor

Tanjakan Iblis di Gunung Salak.

Penasaran? Anda harus mendaki Gunung Salak jika ingin merasakan “nikmatnya” Tanjakan Iblis. Tempat awal mendaki bisa dari Pasir Reungit yang bisa ditempuh dari pertigaan Cibatok, Leuwiliang, atau melalui Wana Wisata Cangkuang, Cidahu, Cicurug. Tetaplah mendaki dengan penuh kehati-hatian. Abaikan segala kisah mistis tentang Gunung Salak. Lakukan persiapan dengan baik karena alam tak bisa dilawan. Yang bisa kita lakukan hanyalah berdamai dengannya, tapi bukan berdamai dengan cerita isapan jempol yang mengelilingi Gunung Salak.

47958 Total Views 11 Views Today
Tanjakan Iblis di Gunung Salak Bogor
4.83 (96.67%) 6 votes
(Visited 32,954 times, 10 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Tanjakan Iblis di Gunung Salak Bogor' have 32 comments

  1. 02/11/2015 @ 1:22 pm Yudhie

    Wahhh jadi kangennnn kl baca ini

    Reply

  2. 02/11/2015 @ 2:05 pm Edo Sadewo

    Wah Seru banget nih, jangan pingin nanjak

    Reply

  3. 02/11/2015 @ 2:58 pm Melly Feyadin

    Hmmm.. kepengen bgt bisa naik gunung salak.

    Reply

    • 08/13/2015 @ 9:30 am rhytrem

      kalo mo naek datang aja ke rumah ogut..

      Reply

    • 05/13/2016 @ 4:13 pm botack

      bareng nyoo

      Reply

    • 06/04/2017 @ 2:12 pm Anonymous

      Ayo kita sahur disalak mba sekalian buka puasa bareng kita…😄😄😄

      Reply

    • 06/04/2017 @ 2:13 pm Aris

      Ayo kita sahur disalak mba sekalian buka puasa bareng kita…😄😄😄

      Reply

  4. 02/11/2015 @ 7:31 pm Angga Dwinovantyo

    Seumur-umur pengen banget nanjak di Gunung Salak :’)

    Reply

  5. 02/11/2015 @ 10:15 pm Dudi Iskandar

    ahhhhh jadi kangen jalan lagi

    Reply

  6. 03/21/2015 @ 8:02 pm Hidayah Sulistyowati

    Bener-bener tanjakan setan lihat fotonya

    Reply

  7. 05/26/2015 @ 7:48 pm Cesar

    kalo aku sih maaf aja yah, takut ketinggian, hahaha… gunung mas aja takut, apalagi ini, wowww…

    Reply

  8. 06/05/2015 @ 6:30 pm ahmad fauzi

    Banyak cerita selama mendaki gunung salak, udah 5 kali kepuncak Salak, tantangan terbesar memang tanjakan iblis, tp baru tau itu tanjakan namanya tanjakan iblis,,, hehehehe..

    Reply

  9. 06/23/2015 @ 3:11 pm april

    hmmm cuma gunung salak yg gak berani sy daki karena nemang medan sulit dan terjal apalagi ada tanjakan iblis

    Reply

  10. 06/29/2015 @ 2:39 pm rara

    Assalamualaikum wr.wb, akan ada peristiwa besar di gunung salak pada pertengahan puasa malam jumat. Peristiwa yang akan memakan banyak korban, yaitu banjir bandang. Telah diketahui oleh beberapa kyai disana, bahwa beberapa bendungan besar yg ada di gunung salak akan roboh. Sebelum banjir bandang terjadi, terdapat ciri”, akan ada hujan lebat disekitar sana selama 3 hari 3 malam dan akan ada gempa setelahnya. Sekian dari saya, wasalamualaikum.wr.wb.

    Reply

  11. 07/08/2015 @ 5:07 am elisha feriska

    pengen mendaki,, tp blum punya pengalaman.. hehe jdi blum beranii

    Reply

    • 03/18/2017 @ 3:10 pm Anonymous

      pengen deh hiking ke gn salak
      mhn info’a dong yg mau hiking ke gn salak

      Reply

  12. 07/18/2015 @ 9:52 am Furqon

    wah mas saya plajar yg cintaaa bgt sama Alam, kbetulan pengn bgt naik gunung salak tpi krna gatau apa2 dan ga ada kawan yg brani ikut naik , kpn2 blh dong mas ajak saya 5433926F bbm saya ^^

    Reply

  13. 07/18/2015 @ 9:54 am Furqon

    wah mas saya plajar yg cintaaa bgt sama Alam, kbetulan pengn bgt naik gunung salak tpi krna gtau apa2 dan ga ada kawan yg brani ikut naik , kpn2 blh dong mas ajak saya 5433926F bbm saya ^^

    Reply

  14. 07/24/2015 @ 4:02 am Reo

    Wah hari ini saya berangkat ke gunung salak
    Doakan ya semoga selamat didalam perjalanan…. 🙂

    Reply

    • 08/10/2015 @ 6:00 am Iwan Azis Setiawan

      Wah sm saya jug ksna tgl 7 dipuncak 1 tgl 8. Luar biasa ya jalur cidahu. Mgkin kita brpapasn

      Reply

  15. 08/07/2015 @ 10:32 pm amay baru timur

    Saat manusia Menyentuh’ Alam. Nikmatilah Dengan Menjaga, JANGAN di RUSAK. Belajar di mulai dari lingkungan Rumah Sendiri.

    Reply

  16. 08/08/2015 @ 2:35 pm Candra

    Waaaaah…. seru juga nih gunung salak. Menantang , semoga ada waktu dan rezeki yg bisa membawa ke puncak gunung salak.

    Reply

  17. 08/10/2015 @ 6:02 am Iwan Azis Setiawan

    Luar biasa untuk pendakian gunung salak mantap meski mdpl nya lbh rendh dgn yg lain tp panjng track dan tantangan jempol

    Reply

  18. 08/10/2015 @ 10:33 am arya kamandanu

    dulu klo mo naik gn salak, slalu di bekali pak kuncen bambu kuning sepotong.. wallahualam bi showab.. gunung pertama yg saya daki tahun 97…

    Reply

  19. 08/23/2015 @ 3:40 pm misbah karuhun

    wiiihhhh mantap gan lestarikan alam buat alam menjadi tampat tapakur

    Reply

  20. 09/17/2015 @ 9:40 pm Alfia

    Pengen ke salak tapi temen temen belum berani karena mitos mitos yg beredar 🙁 saya udh berkali kali usul tapi mereka tetep gakmau, semoga nanti saya bisa ke gn. Salak. Aamiin

    Reply

  21. 09/28/2015 @ 4:06 am chaidar achmad

    saran aja nih kalo mau kesalak lewat jalur cimelati aja 🙂

    Reply

  22. 10/02/2015 @ 11:23 am Dyah

    Sensasi nya itu lho pas lewat sana

    Reply

  23. 10/08/2015 @ 6:37 pm GueBolot

    Sangat-sangat kangen dengan suasana hutan gunung salak…
    Saya sudah beberapa kali sampe puncak 1 tapi blom pernah ke salak 2 hiks hiks..

    Reply

  24. 01/06/2016 @ 9:22 pm bernrudi

    puncak manik via cidahu melatih mental n fisik

    Reply

  25. 03/18/2017 @ 3:09 pm Anonymous

    pengen deh hiking ke gn salak
    mhn info’a dong yg mau hiking ke gn salak

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool