Share on Pinterest
More share buttons
Suryakencana

Taman Surgawi di Bogor untuk Mereka yang Terpilih

Anda yang berencana liburan di Bogor, boleh juga menjadikan taman ini sebagai alternatif tujuan. Sebenarnya taman ini bukan semata milik Bogor. Dua kabupaten lain juga punya hak karena tempat itu masuk wilayah mereka. Siapa saja boleh ke taman ini tetapi tidak semua orang bisa atau mau ke sana. Hanya orang-orang terpilih yang akan sampai di tempat tersebut.

Buat saya, taman ini adalah salah satu surga dunia yang bisa dijumpai. Namanya juga ‘surga’, tidak otomatis bisa didatangi siapa saja. Untuk ke taman itu, sebenarnya juga bukan sesuatu yang susah-susah amat. Asal punya niat, tekad, persiapan yang baik, kemudian rencana itu dijalankan dengan diiringi doa, taman surgawi itu saya yakin bisa dijangkau. Bila ternyata tidak sampai juga meski sudah mempersiapkan segalanya, itu yang kita sebut dengan nasib. Seperti yang pernah saya jumpai pada seorang bapak-bapak yang akhirnya meregang nyawa. Serius.

Semengerikan itukah? Sebenarnya tidak juga. Menyinggung sebentar tentang seorang bapak yang meninggal itu, kebetulan bapak-bapak tersebut sempat ngobrol dengan saya di warung sebelum melanjutkan niatnya mendatangi taman surgawi. Karena faktor usia dan bisa jadi persiapan yang seadanya setelah 25 tahun tidak aktif yang menjadikannya berakhir seperti itu.

alun-alun suryakencana

Jalur pendakian dari Desa Gunung Putri.

Taman surgawi penuh keindahan itu bisa ditempuh lewat tiga jalur resmi. Yang dimaksud jalur resmi di sini adalah jalur yang biasa digunakan untuk menuju lokasi. Namun saat ini, hanya dua jalur yang lebih disarankan yaitu Desa Gunung Putri dan Kebun Raya Cibodas. Bila lewat Desa Gunung Putri, jarak ke taman surgawi lebih dekat tetapi dengan medan lebih menantang. Saya pribadi lebih suka memilih jalur yang tidak gampang dan penuh tantangan ini. Faktanya, meski lebih dekat, karena banyak tanjakan curam, waktu tempuh menuju taman surgawi bisa lebih lama bila dibanding dengan jalur yang berawal dari Kebun Raya Cibodas.

Tiket ke Yogyakarta
alun-alun suryakencana

Daun bunga edelweiss ini akan bercahaya di malam hari.

Dari mana pun jalur tempuhnya, semua akan terbayar bila sudah sampai di lokasi. Hamparan bunga abadi menyelimuti taman ini. Sepanjang mata memandang, yang terlihat adalah kemilau putih. Ribuan bunga edelweiss (Leontopodium alpinum) bertebaran bila musim berbunga. Lebih dahsyat lagi bila malam tiba. Daunnya yang berbulu dan berembun memancarkan warna keperakan bak cahaya lampu neon yang redup. Saat seperti itulah yang paling saya suka bila berada di taman surgawi itu. Rasanya diri ini begitu mungil di tengah hamparan bunga abadi yang sering tertutup kabut pekat hingga jarak pandang tak lebih dari satu meter.

Bila saya katakan taman ini hanya untuk orang-orang terpilih, Anda bisa menjadi salah satunya. Artinya, Anda harus mau bercape-cape menyusuri hutan belukar, mungkin terantuk akar pohon, terpeleset di jalan yang licin atau disebabkan kerikil yang terinjak, hingga bahkan sampai hujan-hujanan di gelap malam diiringi gemuruh halilintar di atas kepala. Itu semua harus dilakukan karena tempat dimaksud tak gampang dicapai. Taman surgawi itu berada di ketinggian 2.750 Mdpl dan berjarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Kebun Raya Cibodas. Namun demikian, saya jamin pengorbanan dan penderitaan Anda itu akan terbayar saat sudah berada di taman surgawi yang luasnya mencapai 50 hektare. Oleh umum, taman surgawi ini disebut Alun-alun Suryakencana. Lokasinya persis di bawah Puncak Gede.

bunga edelweiss gunung gede

Bunga edelweiss (Leontopodium alpinum).

Sekadar catatan, waktu terbaik untuk mendaki adalah Mei-September, terutama Agustus dan September karena pada bulan itu bunga edelweiss sudah bermekaran dan sedikit curah hujan. Mulai sekarang, tak ada salahnya Anda survei hotel murah yang ada di Bogor untuk tempat persiapan atau tempat istirahat setelah turun dari pendakian. Dengan demikian, esok harinya Anda bisa lanjutkan dengan mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Kota Bogor.

6632 Total Views 33 Views Today
Taman Surgawi di Bogor untuk Mereka yang Terpilih
5 (100%) 2 votes
(Visited 1,520 times, 2 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Taman Surgawi di Bogor untuk Mereka yang Terpilih' have 10 comments

  1. 02/25/2015 @ 10:08 am Yudhie

    cakeppppp,,,Meetup #2 bikin ngajuin Camping ah

    Reply

  2. 02/25/2015 @ 3:53 pm Gioveny Astaning Permana

    yuk yuk camp kesana.. pengen lewat rute putri tapi :”>

    Reply

  3. 02/26/2015 @ 2:13 pm Indriyatno Banyumurti

    Mas Adi dulu kesini sama siapa? Gak dibopong kan?

    Reply

  4. 02/26/2015 @ 8:59 pm Angga Dwinovantyo

    ASLI KEREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN!!!!

    Reply

  5. 03/01/2015 @ 8:28 pm ace

    Hehhe, alhamdulillah pa adi. Sy jg udah ksana. Top markotop anginnyooo..kebayarlah

    Reply

  6. 03/04/2015 @ 11:47 pm Unggul Sagena

    setelah cari hotel murah di bogor, kemudian jalan-jalan di kota bogor seperti disarankan, kapan nih ke alun-alunnya hiks hiks.. ajak dong om

    Reply

  7. 06/16/2015 @ 5:08 pm Khoirina

    Asik nih, Coba september kesana deh.
    dapet info kalau kesana juli-agustus TNGGP lagi ditutup sih.

    Reply

  8. 05/24/2016 @ 4:51 pm Bobby

    Foto padang edel weisnya cakep…

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool