Share on Pinterest
More share buttons
Taman Air Mancur

Taman Air Mancur Bogor Yang Baru

Kota Bogor yang mencanangkan Kota Dengan Seribu Taman terus berbenah dengan taman yang ada dan menambah taman-taman yang berada di jalan utama Kota Bogor. Taman Air Mancur yang lama kita nikmati tanpa beroperasinya air mancur tersebut justru malah mengurangi nilai dari sebuah taman yang bernama Air Mancur. “Apa yang kita nikmati jika air mancurnya saja tidak beroperasi?”.

Sabtu sore kemarin Taman Air Mancur kembali diresmikan, setelah mengalami perbaikan selama dua bulan. Yang saya ketahui sebelumnya saat masih dalam kondisi yang lama dari masih beroperasi hingga tidak beroperasi pengelolaannya diserahkan kepada pihak Martabak Air Mancur yang lokasi tokonya dekat dengan Taman Air Mancur.

Menurut sejarahnya di Taman Air Mancur ini pernah berdiri sebuah monumen tugu berwarna putih yang disebut dengan Pilar Putih atau lebih dikenal dengan nama Witte Pall.
Witte Pall dibangun pada tahun 1839 oleh Gubernur Jenderal DJ De Eerens yang berkuasa sejak 1836-1840. Fungsi dari pilar ini sebagai salah satu titik triagulasi primer di Pulau Jawa yang menjadi titik koordinat penentu leta sebuah lokasi berdasarkan tinggi permukaan laut.

Bertepatan dengan momen Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 1958, panitia Hari Kebangkitan Nasional mengusulkan semua peninggalan Belanda dimusnahkan termasuk Witte Pall dan diganti menjadi Taman Air Mancur.

Sejak zaman dahulu Taman Air Mancur sudah banyak digunakan sebagai area berkumpul bersama teman-teman dan juga mengabadikannya dengan berfoto. Taman Air Mancur juga telah didaftarkan sebagai Benda Cagar Budaya yang bertujuan agar warisan budaya ini tetap terjaga, lestari dan tidak rusak.

Jalan Jenderal Sudirman merupakan jalur penghubung dari Taman Air Mancur menuju ke Istana Bogor. Di sepanjang jalur ini terdapat bangunan-bangunan bersejarah yakni: Pusat Pelatihan ZENI serta gereja, Museum PETA dan Rumah Sakit Salak.

Taman Air Mancur

Taman Air Mancur

Tampilan baru dari Taman Air Mancur kini memiliki tulisan “AIR MANCUR” berwarna putih yang besar dan dapat kita lihat dari Jalan Jenderal Sudirman, juga ada 4 titik air mancur kecil yang dilengkapi lampu berwarna-warni (akan lebih asyik kita nikmati si malam hari).

Dalam peresmiannya ini, Walikota Bogor Bima Arya juga mengesahkan Park Ranger, satuan kerja yang berada di bawah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor. Bima Arya geram atas tindakan vandalisme yang terjadi di Taman Perlintasan yang terletak di Jalan Pajajaran. Untuk mengurangi tindak kejahatan tersebut kini Park Ranger akan disiagakan di beberapa Taman. Salah satunya Taman Air Mancur.

Bagi kalian yang ingin berwisata Bogor dan singgah ke Taman Air Mancur, salah satu rute yang paling enak ialah melalui Stasiun Bogor, dari Stasiun cukup sekali naik angkut 08 (Pasar Anyar – Citeureup) yang stand by (ngetem) di samping Taman Ade Irma Suryani. Sebenarnya banyak angkot jurusan yang lain yang melewati Taman Air Mancur ini.

13730 Total Views 8 Views Today
Taman Air Mancur Bogor Yang Baru
5 (100%) 1 vote
(Visited 4,744 times, 1 visits today)


About

Hootsuite Asia Pacific Ambassador


'Taman Air Mancur Bogor Yang Baru' have 2 comments

  1. 05/26/2015 @ 8:33 am Catperku

    Airnya kok nggak keluar dari air mancur ya? 😀

    Reply

    • 05/26/2015 @ 9:58 am Hendra Gunawan

      Sayangnya iya. Cuma saat acara peresmian aja. Saat saya datang belum dihidupkan lagi 😐

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool