Share on Pinterest
More share buttons

Taman Ade Irma Suryani, Wisata Keluarga Murah Di Bogor

Anak saja jang tertjinta, engkau telah mendahului gugur sebagai perisai ajahmu

Ade Irma Suryani anak dari Jenderal Abdul Haris Nasution korban dari kejadian di malam 30 September 1965. Ia dilahirkan pada tanggal 19 Februari 1960. Pada saat kejadian baru berusia 5 tahun. Di malam saat kejadian Ia ditembak oleh pasukan Cakrabirawa yang berniat untuk menculik Ayahnya. Sempat dibawa ke Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto dan mendapatkan perawatan intensif; di hari keenam nyawanya tidak dapat ditolong. 6 Oktober 1965 Ade Irma Suryani meninggal.

Ada salah satu taman hiburan di Kota Bogor yang dinamakan dengan Taman Ade Irma Suryani, taman yang berfungsi sebagai wisata keluarga yang murah, sarana berkumpul bagi keluarga. Taman ini awalnya bernama Wilhelmina Park, sesuai dengan nama Ratu Belanda yang berkuasa pada saat itu. Pembangunan taman ini juga berbarengan dengan dibangunnya Stasiun Bogor (yang lokasinya berdampingan dengan taman). Tujuan pembangunan Wilhelmina Park pada awalnya untuk tempat wisata bagi para pendatang dari Eropa. Nama berikutnya untuk taman ini adalah Taman Kebon Kembang, nama Kebon Kembang masih digunakan sebagai nama pasar di dekatnya. Karena letaknya yang strategis, taman ini pernah dijadikan terminal angkutan kota. Tahun 1994 terminal direlokasi dan bekas areanya menjadi taman Ade Irma Suryani. Nama taman Ade Irma Suryani kurang terdengar familiar di warga Bogor, kita akan lebih sering mendengar dengan nama Taman Topi, nama taman ini karena ada beberapa bangunan yang disewakan untuk kegiatan usaha yang berada di area plaza dengan bentuk bangunan yang unik, tidak keseluruhan bangunan ini seperti topi, ada beberapa yang seperti buah. Area plaza ini bernama Plaza Kapten Muslihat, mengambil nama pahlawan dari Bogor yang juaga menjadi nama jalan di depannya.

taman-topi-002

taman-topi-001

Wahana di Taman Ade Irma Suryani

Area masuk ke dalam plaza Kapten Muslihat ada 4 pintu, dengan satu buah yang khusus untuk kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Tiga area masuk yang lain khusus untuk pejalan kaki. Dengan sempitnya area, kendaraan roda empat dilarang masuk di hari libur. Bagi pengunjung yang ingin masuk diharuskan membayar Rp. 2000. Untuk kita yang membawa kendaraan roda dua cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 3000. Harga tiket masuk ke dalam Taman Ade Irma Suryani dibedakan lagi, kita diharuskan membayar Rp. 10.000.

Taman Ade Irma Suryani buka setiap hari dengan jam operasionalnya:

  • Senin-Jum’at: 09:00-17:00
  • Sabtu-Minggu: 08:00-18:00
IMG_20150725_140204

Loket Tiket/Coin

Ada banyak wahana permainan untuk anak-anak yang ditawarkan di Taman Ade Irma Suryani, diantaranya: bom-bom car, Monorail, Helikopter, Gajah Terbang, Komedi Putar, Kincir, Flying Fox dan yang terakhir baru saja dibuka itu ada wahana bermain air. Ada juga panggung permanen yang akan diisi oleh hiburan, biasanya di musim libur akan disediakan hiburan dangdut. Di dalam taman juga ada barisan kantin dan kios. Untuk yang mencari souvenir ada juga toko kecilnya di balik panggung permanen. Untuk menikmati wahana yang disediakan kita diharuskan membayar biaya lagi dari Rp. 5000 hingga Rp. 25.000. Loket untuk pembelian tiket masuk ke area wahana tersebar di berbagai sudut Taman Ade Irma Suryani. Tertarik untuk mengunjungi?

IMG_20150725_140059

Wahana Bermain Air di Taman Ade Irma Suryani

40266 Total Views 42 Views Today
Taman Ade Irma Suryani, Wisata Keluarga Murah Di Bogor
5 (100%) 2 votes
(Visited 18,731 times, 6 visits today)


About

Hootsuite Asia Pacific Ambassador


'Taman Ade Irma Suryani, Wisata Keluarga Murah Di Bogor' have 1 comment

  1. 07/31/2015 @ 6:07 am Dedew

    wah asik juga ya ternyata, coba kesitu sebelum balik semarang, makasih yaa 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool