Share on Pinterest
More share buttons
Kacang Bogor

Sudah Pernah Mencicipi Kacang Bogor?

Salah satu kudapan yang nama akhirnya menggunakan kata ‘Bogor’ selain talas dan asinan adalah kacang. Mengapa dinamakan seperti itu? Apakah asli dari Bogor? Barangkali pertanyaan itu atau pertanyaan lainnya yang muncul di benak Anda terkait kacang Bogor. Yang pasti, bila Anda sedang berlibur di Bogor, sempatkan untuk mencicipi kacang yang bercitarasa khas ini.

kacang bogor

Kacang Bogor saat dipanen. (Foto: ecoport.org)

Meskipun disebut kacang Bogor, kacang ini bukan asli Bogor. Asalnya dari Afrika Barat. Kacang yang memiliki nama Latin vigna suterranea ini mirip kacang tanah namun lebih tahan banting karena dia bisa hidup di lahan yang miskin hara. Polong yang berisi kacang sebagaimana kacang tanah masuk ke dalam tanah hingga waktunya dipanen. Lemak yang dikandung kacang Bogor tak sebanyak kacang tanah, hanya separuhnya yaitu berkisar 6%-12%. Selain itu, biji kacang Bogor mengandung protein yang kaya akan asam amino metionin sekitar 14%-24% dan karbohidrat kurang lebih 60%.

Sebenarnya kacang Bogor bisa dimakan mentah saat biji kacang belum tua sehingga masih lunak. Dia akan mengeras saat sudah tua dan kering seperti kacang hijau atau kedelai. Di Bogor, kacang ini biasanya direbus dan digarami kemudian dijajakan berkeliling pakai kereta dorong. Selain menjajakan kacang Bogor, pedagang keliling biasanya juga menjual kacang tanah. Mereka kadang bisa ditemui sedang mangkal di dekat Taman Topi, seberang rumah sakit BMC, di sekitar Pasar Bogor dekat Pintu 1 Kebun Raya, dan di beberapa tempat lain. Ada kalanya kita tidak menjumpai mereka karena sedang berkeliling. Namanya juga pedagang keliling.

kacang bogor

Kacang Bogor rebus yang dijual pedagang keliling. (Foto: bogordailyphoto.blogspot.com)

Kacang Bogor juga diolah sebagai kudapan kering. Berbeda dengan kacang Bogor yang hanya direbus dan digarami sehingga tidak tahan lama, kacang Bogor yang dioven bisa tahan berbulan-bulan. Kacang oven ini bisa dibeli di toko-toko jajanan dalam bentuk kemasan plastik yang tidak begitu besar. Namun bila ingin membeli dalam jumlah sesuai yang kita inginkan misalnya setengah atau satu kilogram, kacang Bogor kiloan ini bisa dibeli di kios-kios makanan kering yang di semua pasar utama Bogor ada, baik di wilayah Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor. Pasar Gembrong, Pasar Anyar, Pasar Bogor, dan Pasar Ciawi adalah beberapa di antaranya yang bisa disebut.

Meskipun bukan asli Bogor tetapi kacang Bogor merupakan salah satu cemilan khas Kota Hujan ini yang sering dijadikan buah tangan. Bahkan kadang-kadang orang-orang dari luar kota minta dikirimi atau dioleh-olehi kacang Bogor bila ada teman atau kerabatnya yang pulang dari Bogor.

Dari segi harga lumayan mahal bila dibandingkan kacang tanah. Hal ini wajar karena pembudidayaan kacang Bogor tidak sebanyak kacang tanah sehingga pasokannya tidak melimpah. Meskipun demikian, kacang Bogor selalu bisa ditemui di pasar atau di gerobak pedagang kacang keliling. Saat tulisan ini dibuat (Jumat, 22 Mei 2015), saya sengaja membeli kacang Bogor oven di sebuah kios kue kering di dalam Pasar Gembrong, Sukasari, untuk mengetahui harga terakhir. Dan ternyata harga seperempat kilogramnya Rp 22.500. Itu artinya kita perlu menyediakan uang Rp 90.000 untuk dapat satu kilogram kacang Bogor oven. Bandingkan dengan kudapan lain berupa tempe goreng tepung yang hanya Rp 8.000 untuk seperempat kilogram. Harganya hampir tiga kali lipat sendiri.

keripik tempe

Tempe goreng tepung atau keripik tempe.

Harga kacang Bogor memang tidak semurah cemilan tempe goreng tepung. Namun demikian, bila kita sedang berwisata di Bogor, apakah kita masing berhitung juga bila kepuasan menikmati kekhasan Bogor bisa kita dapat lewat mencicipi kacangnya?

15082 Total Views 27 Views Today
Sudah Pernah Mencicipi Kacang Bogor?
5 (100%) 1 vote
(Visited 4,519 times, 1 visits today)


About

independent blogger | friendship lover | truth hunter | hypocrisy hater | humble humorist


'Sudah Pernah Mencicipi Kacang Bogor?' have 1 comment

  1. 07/18/2017 @ 4:37 pm Dwi Prastiana

    Hi pa adi ??. Kebetulan saya juga sedang mencari info kacang bogor, jarang beli soalnya ???

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool