Share on Pinterest
More share buttons
cireng rujak

Street Food : Lumpia Basah dan Cireng Rujak Ala Bogor

Saya sudah lama jatuh cinta sama Bogor. Sejak dulu, sebelum menetap di Bogor, setidaknya sebulan sekali saya pasti bertandang ke kota yang terkenal sebagai kota hujan ini. Dan akhirnya, karena diterima kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bogor, saya pun resmi menjadi warga Bogor empat tahun silam. Apa sih yang menarik dari Bogor? Jawabannya ‘banyak’. Setiap hari saya selalu bersyukur bisa menikmati udara pagi yang sehat, bersepeda di sekitar rumah di kawasan Dramaga dan yang pasti setiap pagi juga saya selalu disuguhi pemandangan yang luar biasa. Bingkai pegunungan yang memanjakan mata.

Bicara soal Bogor, sungguh tak lepas dari Kebun Raya yang menjadi daya tarik wisata Bogor. Aksesnya yang mudah dan letaknya yang tak jauh dari gerbang toll Baranangsiang membuat pelancong betah berlama-lama dan selalu kembali ke kebun yang luasnya lebih dari 87 hektar ini.

Untuk urusan kuliner, Bogor pun juaranya. Kuliner Bogor yang sudah terkenal di telinga masyarakat tentu saja patut dicicipi oleh pelancong saat berwisata ke Bogor. Beberapa kuliner yang tak luput dijadikan buah tangan di antaranya asinan gedung dalam, macaroni panggang, dan kue lapis Bogor. Namun tentu saja, kuliner Bogor tak hanya sekedar itu.

Sudah pernah mendengar lumpia basah dan cireng rujak? Barang kali di daerah tempat tinggalmu nama ini masih asing. Jajanan yang dijual di tepi jalan ini sudah akrab di telinga masyarat Bogor. Dengan bermodalkan gerobak yang tidak begitu besar, para pedagang menjajakan camilan khas ini di tempat strategis. Biasanya kamu bisa menjumpai kedua makanan ini di dekat kampus atau sekolah yang ada di Bogor. Setiap jam pulang sekolah atau kuliah, pedagang lumpia basah selalu dikelilingi pelanggan.

cara membuat lumpia basah

cara membuat lumpia basah

Awal mengenal kudapan lumpia basah ini saat saya masih menjadi mahasiswa. Setiap kali mengerjakan tugas kuliah, teman saya tak pernah absen membeli lumpia basah. Akhirnya saya pun mencoba membeli, karena selama ini saya hanya tau bahwa lumpia adalah lumpia yang digoreng. Setelah saya mencicipinya ternyata jajanan ini mempunyai cita rasa yang unik. Telur yang digoreng orak arik lalu ditambahkan bengkoang yang lebih dulu dibumbui dengan gula merah, toge yang sudah direbus lalu ditumis beberapa saat. Level kepedasaan bisa disesuaikan dengan selera. Sementara menunggu matang, penjual mempersiapkan kulit lumpia yang diolesi gula merah yang telah diproses, secukupnya. Lalu bahan yang telah ditumis tadi dituangkan ke atas kuliat lumpia yang kemudian dibungkus dengan alas daun pisang. Terakhir sebagai wadah, lumpia ini dimasukan ke kantong plastik bening anti panas. Unik ya?! Cara memakan lumpia basah pun tak kalah unik yaitu, dengan menggunakan sumpit.

lumpia basah bogor

lumpia basah siap dinikmati

Beda lumpia basah, beda pula cireng rujak. Makanan ini tak hanya akrab dengan masyarakar Bogor tetapi juga masyarakat sunda. Cireng rujak ini terlihat kreatif. Karena jika biasanya kita sering menjumpai atau menikmati cireng (aci digoreng) yang polos atau cireng isi, sekarang cireng memiliki inovasi rasa yang gak kalah menggoyang lidah kita. Bumbu rujak yang pedas dan cireng yang crispy di mulut menjadi perpaduan yang wajib dicoba buat kamu yang suka sama kuliner pedas.

cireng rujak bogor

cireng rujak

bumbu rujak bogor

bumbu rujaknya memberikan sensasi pedas di mulut

Jadi, bagaimana agenda akhir pekanmu? Kita liburan di bogor yuk.

6679 Total Views 3 Views Today
Street Food : Lumpia Basah dan Cireng Rujak Ala Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,329 times, 1 visits today)


About

Blogger. Freelancer. Contributor.


'Street Food : Lumpia Basah dan Cireng Rujak Ala Bogor' have 7 comments

  1. 02/05/2015 @ 7:45 pm Cphewe

    I really want to try it!

    Reply

  2. 02/06/2015 @ 10:00 am Kartika DwiPutriani

    udah cuma cireng rujaknya…… enaaaak hihi

    Reply

  3. 02/06/2015 @ 11:43 am Melly Feyadin

    Hadeeuuh, Saidah kamu bikin aku pengen ajah..haha

    Reply

  4. 02/06/2015 @ 3:00 pm Indriyatno Banyumurti

    Kalo minggu pagi suka beli di Taman Kencana…

    Reply

  5. 03/08/2017 @ 11:57 am Marcelina Febriani

    mba idah.. mau tanya doong..
    tempat yg jualan cireng bumbu rujak di bogor di mana siih??
    kalau bisa yg tempatnya bs buat makan ditempat juga.

    Reply

    • 03/09/2017 @ 1:24 pm HelloBOGOR.com

      Hi Mbak Marcelina, cireng bumbu rujak bisa dibeli di toko-toko frozen food.
      Kalau Mbak kebetulan lagi ada di Gunung Putri, bisa beli di depan Bubur Ayam Kabita 🙂

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool