Share on Pinterest
More share buttons
Stasiun Bogor

Stasiun Bogor, Gerbang Masuk Wisatawan

Stasiun kereta api Bogor di bangun pada tahun 1881 dengan posisi ketinggian +246 m di atas permukaan laut. Stasiuun ini juga  termasuk salah satu stasiun heritage yang dilindungi oleh PT KAI. Stasiun Bogor kini dinobatkan menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang dilindungi Kota Bogor. Suasana Jaman Belanda masih sangat terasa di Stasiun ini, banyak stasiun kereta api di Indonesia yang sudah berubah dari bangunan aslinya. Stasiun juga terlihat sangat jauh lebih nyaman ketimbang dulu.

stasiun bogor

Stasiun Kereta Api Bogor ini merupakan gerbang utama bagi wisatawan yang menggunakan moda transportasi kereta yang akan berlibur ke Bogor. Sebagai kota penyangga Ibukota, kemudahan akses moda transportasi menjadi sebuah keniscayaan terlebih banyak warga Bogor yang bekerja di Jakarta. Atau warga Jakarta yang akan wisata di Bogor. Commuter Line menjadi salah satu pilihan dari Jakarta ke Bogor.

Adapun rute yang dilayani dari Bogor ini adalah tujuan Jakarta Kota dan Jatinegara dengan transit dari Stasiun Manggarai. Mulai bulan Juli 2013 PT KAI merubah system dari KRL Ekonomi dengan menganti dengan rangkaian KRL Coomuter Line AC, dan juga mulai menerapkan sistem tiket elektronik Commet (Commuter Electronic Ticketing) dan secara bertahap menerapkan perubahan sistem tarif kereta dengan menggunakan sistem progresif. Untuk 5 stasiun pertama dikenakan tarif Rp2.000,00 dan bertambah Rp500,00 untuk setiap 3 stasiun berikutnya.

stasiun bogor

Banyak sekali perubahan dari Stasiun Bogor ini, yang tadinya ada pedagang di seputar Stasiun sekarang sudah mulai tidak ada, hanya gerai gerai multinasional yang berada di Lingkungan Stasiun ini. Pedagang asongan sudah tidak ada di dalam lingkungan Stasiun.

Mungkin Stasiun Bogor ini merupakan stasiun dengan traffic yang cukup padat melayani perjalana commuter line setiap harinya. Di hari kerja pagi hari dipenuhi dengan para karyawan yang akan mencari rejeki di Jakarta berebut untuk bisa mendapatkan tempat duduk di Kereta. Commuter Line pertama berangkat pukul 04.04 pagi dan terakhir pukul 00.56.Perjalanan Commuter line ini sekarang sudah sangat nyaman sekali dengan AC yang membuat adem, Tidak seperti waktu jaman KRL Ekonomi, banyak pedagang asong yang berjualan dalam gerbong dan penuh sesak.

Selamat berwisata

2677 Total Views 9 Views Today
Stasiun Bogor, Gerbang Masuk Wisatawan
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,138 times, 1 visits today)


About

toekangpoto keliling, toekangjalan, toekangnulis perjalanan di www.kangdudi.com "berharap setiap foto dan tulisan dapat menginspirasi untuk orang banyak"


'Stasiun Bogor, Gerbang Masuk Wisatawan' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool