Share on Pinterest
More share buttons
Stadion di Bogor

Stadion di Bogor menjadikan Bogor makin kesohor

Sepakbola menjadi olahraga favorit masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti bahwa sepakbola merupakan olahraga yang membumi di tanah air. Berbagai suku bangsa, agama, budaya, kalangan usia bisa melebur jadi satu saat membela timnas Indonesia saat berjuang menghadapi lawan (timnas luar negeri). Riuh gegap gempita selalu dirasakan tiap berlangsung pertandingan sepakbola, baik di kota bahkan di ujung daerah manapun di Indonesia. Ini menjadi satu hal yang membuat pelatih timnas U-22 asal spanyol -Luis Milla- kagum pada semangat sepakbola Indonesia loh.

Seperti yang sering terdengar bahwa Sepakbola sebagai pemersatu bangsa, rasanya memang cocok untuk Indonesia baik dari pemain hingga supporter. Sadar kah kamu? sejak 14 Desember 2016 lalu, Bogor mulai menjadi bagian dari pemersatu bangsa loh! Hihi. Karena Bogor mulai eksis dalam persepakbolaan nasional semenjak telah dibangunnya Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor ini. Setelah dikulik mengenai stadion di Bogor, ternyata Bogor sejak lama telah memiliki stadion di beberapa tempat. Saat ini ada 3 stadion di Bogor yang telah saya kunjungi dan akan dibahas disini :

  1. Stadion Pajajaran Bogor

Stadion Pajajaran adalah sebuah stadion sepak bola di Kota Bogor, juga merupakan markas klub sepak bola PSB Bogor. Stadion yang sudah dibangun sejak  1967 ini awalnya menjadi lokasi pacuan kuda loh, berhubung antusiasme masyarakat Bogor terhadap sepakbola semakin membahana, sebagian wilayah pacuan kuda tersebut dibangunlah stadion yang diberi nama Stadion Purana. Stadion Purana berganti nama menjadi Stadion Pajajaran sejak 1974 dan sudah mulai sering digunakan untuk pertandingan sepakbola, olahraga lari, dan pagelaran musik. Stadion yang dapat menampung 12.000 penonton ini sudah lama kurang terurus dan kabar baiknya, mulai tahun 2018 akan dilakukan revitalisasi Stadion Pajajaran.

Stadion Pajajaran ini berada dalam kompleks Gelanggang Olahraga dan Remaja (GOR) Pajajaran Kota Bogor. Di dalam GOR terdapat area olah raga lain seperti Lapangan Basket baik indoor maupun outdoor, lapangan softball dan Perpustakaan Umum Kota Bogor.

Stadion Pajajaran Bogor Stadion di Bogor

Stadion Pajajaran Bogor

  1. Stadion Mini Cibinong

Nama stadion ini mungkin terdengar asing untuk warga Bogor, khususnya warga Kabupaten Bogor. Ya, karena stadion ini baru berganti nama dari Stadion Persikabo menjadi Stadion Mini Cibinong. Menilik sejarahnya, Persikabo dahulunya berkandang di stadion ini, namun dengan berdirinya Stadion Pakansari berpindahlah kandang Persikabo kemudian dilakukan revitalisasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor juga di Stadion Mini Cibinong sejak pertengahan 2016 hingga saat ini finishing touch dalam pembenahannya. Saat saya kesana pun memang sedang berbenah. Dahulu terpampang nyata bernama Stadion Persikabo yang saat ini menjadi Stadion Mini Cibinong. Jadi, jangan salah ya kalau cari stadion! Hehe. Dikarenakan Persikabo saat ini sudah berkandang di Stadion Pakansari, kegunaan Stadion Mini Cibinong ini direncanakan untuk kegiatan umum masyarakat. Misalnya ada sekolah sepakbola (SSB) yang akan berlatih, juga ada yang mau membuat acara untuk Stadion di Bogor, baik seperti lokasi foto pra-wedding, acara musik dan lainnya.

Stadion di Bogor Stadion Mini Cibinong

Stadion Mini Cibinong

  1. Stadion Pakansari

Stadion Pakansari merupakan sebuah stadion multi-fungsi yang berlokasi di kampung Cikempong,  Pakansari, Cibinong, Kabupaten BogorIndonesia. Pembangunan selesai pada tahun 2014 dan hingga akhir tahun 2016 kemarin terus dilakukan finishing touch untuk melengkapi dan memperindah stadion ini. Secara fungsi utama, Stadion Pakansari digunakan untuk pertandingan sepak bola dan menjadi stadion kandang yang baru untuk PS TNI serta Persikabo Kabupaten Bogor (sebelumnya di Stadion Persikabo, yang sekarang berubah nama menjadi Stadion Mini Cibinong).

Stadion di Bogor Stadion Pakansari

Stadion Pakansari

Stadion Pakansari ini mampu  menampung 30.000 penonton. Untuk harga tiket kursi VIP sebesar Rp 100.000. Sedangkan kursi tribun, Utara, Selatan dan Timur sama rata sebesar RP 40.000. Penonton sepakbola di area tribun pun tidak perlu khawatir kehujanan di kota hujan ini saat menonton, karena seluruh bagian tribun tertutup atap. Stadion ini memiliki fasilitas berupa lapangan standar FIFA,media center, ruang VVIP dan lintasan atletik. Stadion ini juga akan digunakan untuk kompetisi atletik, drumband, dan sepak bola Pekan Olahraga Nasional XIX.

Loket Tiket Stadion Pakansari

Loket Tiket Stadion Pakansari

Area Luar Pengunjung Stadion Pakansari

Area Luar Pengunjung Stadion Pakansari

Masyarakat Kabupaten Bogor menyambut gembira adanya Stadion Pakansari ini (termasuk saya, sebagai warga Pemda Kabupaten Bogor haha), hal ini dikarenakan warga pemda memiliki lokasi baru untuk area berolahraga, karena luar stadion bisa digunakan untuk jogging di pagi hari.

Jalan-jalan di Bogor, tapi takut ada spot kelewat? Hmm.. tour aja! Nih cari Tour Murah Indonesia di Ezytravel, Sekalian weekend di Bogor, cari Hotel di Bogor, dan kalau mau sekalian ke banyak destinasi wisata lain, langsung aja Booking Tiket Online cari pesawat dengan harga terbaik ke destinasi favorit kamu!

Selain bahagia punya stadion baru, masyarakat Indonesia umumnya, masyarakat Kabupaten Bogor khususnya patut bangga loh ternyata Stadion Pakansari masuk ke dalam 20 stadion terbaik di dunia tahun 2016, yang diperlombakan via vote oleh stadium database. Selain makin terkenal di area nasional seperti ajang Piala Presiden ini, Stadion Pakansari pun sudah eksis seperti saat ajang piala AFF. Jadi, Stadion di Bogor memang menjadikan Bogor makin kesohor yaa! 😉

1325 Total Views 1 Views Today
Stadion di Bogor menjadikan Bogor makin kesohor
Vote Us
(Visited 749 times, 1 visits today)



'Stadion di Bogor menjadikan Bogor makin kesohor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool