Share on Pinterest
More share buttons
Soto Kuning

Soto Kuning Pak M. Yusuf

Soto Kuning

Pilihan Daging Soto

Bogor, dikenal sebagai kota hujan, karena memang hampir setiap hari hujan selalu melanda Bogor. Tak peduli musim kemarau sekalipun. Untuk mengurangi rasa dingin akibat hujan, tak salah rasanya kita bersantap yang hangat-hangat. Nah, saat melaksanakan liburan di Bogor atau sekedar jalan-jalan di Bogor, soto kuning khas Bogor tak boleh dilewatkan. Apalagi buat Anda yang penikmat wisata kuliner.

Ada tiga ikon kuliner khusus untuk menu Soto ini di Bogor. Dua sebelumnya sudah pernah diulas di Hello Bogor, yaitu Soto Santan Bang Ali dan Soto Pa’ Salam. Melengkapi dua sajian soto Bogor tersebut adalah Soto Kuning Pak M Yusuf. Lokasi kuliner yang satu ini masih di Jalan Surya Kencana, daerah pecinan ‘china town’ dan salah satu sentra kuliner Bogor. Lokasi Soto Pa’ Salam dan Soto Kuning Pak M Yusuf ini hanya dibatasi oleh Gang Aut. Kalau dari arah Pasar Bogor, maka lokasinya sebelum Gang Aut. Sedangkan Soto Pa’ Salam setelah Gang Aut.

Bumbu Soto

Diberi Bumbu

Kecap Manis

Tambahkan Kecap Manis

Sebagaimana layaknya soto, maka pengunjung diberikan pilihan untuk memilih aneka daging dan jeroan. Untuk daging tersedia daging khas dan daging campuran. Pilihan lainnya adalah babat, usus, paru, dan lain-lain. Tidak seperti halnya Soto Pa’ Salam dan Soto Bang Ali yang beberapa pilihan dagingnya digoreng terlebih dahulu, Soto Pak M Yusuf ini dagingnya hanya direbus dan tidak digoreng. Setelah memilih, daging dipotong-potong dan ditambahkan tomat untuk kemudian dicampur dengan kuah kuning yang khas.

Kuah Kuning Soto

Menuangkan Kuah Kuning

Soto Kuning Pak M Yusuf ini menurut saya rasa kuahnya kental dengan rempah, utamanya kunyit. Ini yang membedakannya dengan dua soto yang telah saya sebutkan diatas. Pada soto santan Bang Ali, kuahnya diracik dengan rempah khas Aceh. Beda lagi dengan Soto Bogor Pa’ Salam, kuahnya menurut saya cukup ‘light’ dan tidak terlalu kental dan menyatu dengan dagingnya. Masing-masing punya cita rasa yang khas dan berbeda. Selanjutnya serahkan pada selera Anda masing-masing.

Mangkok Soto

Semangkuk Soto Siap Untuk Dinikmati

Soto Kuning Pak M Yusuf ini buka setiap hari dari pagi sekitar pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore atau setelah habis. Dulunya Pak M Yusuf menjajakan soto-nya dalam warung tenda. Akan tetapi sekarang sudah memiliki gedung sendiri untuk lokasi makannya, walaupun gerobak dan tendanya tetap digunakan untuk menyajikannya.

Untuk urusan harga, satu potongan daging pilihan dihargai 10 ribu rupiah (10K), dan nasi putih 5 ribu rupiah (5K). Jadi kalau anda memilih tiga potongan daging, maka ditebus dengan 35K dengan nasi putihnya. Sebagai teman makannya disediakan juga perkedel dan emping goreng.

Jadi Soto Bogor mana yang menjadi pilihan anda?

Soto Kuning

Soto Kuning Pak M. Yusuf

16772 Total Views 3 Views Today
Soto Kuning Pak M. Yusuf
5 (100%) 2 votes
(Visited 6,914 times, 1 visits today)


About

Living in the world of Spatial IT. Interest in free and open source software for geoinformatics. Food lover and enjoy travelling.


'Soto Kuning Pak M. Yusuf' have 6 comments

  1. 03/27/2015 @ 5:06 pm Unggul Sagena

    nyoba ah. malu banget sayah lum pernah wisata kuliner di surken padahal ke gang aut lumayan sering lewat ngambil tembusan motor lewat kanan hehe..

    Reply

    • 04/29/2015 @ 2:08 am Iwan Setiawan

      Hayuk atuh kang… banyak makanan enak disana huehuehue

      Reply

  2. 09/03/2015 @ 10:56 am harri

    ane dapet artikel dari sini : http://blog.platechno.com/2015/09/penjual-soto-kuning-bogor-m-yusuf-yang.html
    bener ga?

    Reply

  3. 09/28/2015 @ 11:36 am siapadia

    Saya pengen sekali nyoba soto2 mantap ini klo maen ke bogor, tapi kok itu soto M. Yusuf ada cerita miring ya? Sangat kasar ke pelanggan?

    Reply

  4. 05/04/2016 @ 4:21 pm And

    Hati2 kalo makan di Soto Yusup yang sebelah Tukang Bakso, cara dagangnya licik n curang, daging yang kita pilih tidak semuanya dipotong, tetapi disembunyikan dikolong depan talenan dia…

    Reply

  5. 08/18/2016 @ 4:34 pm Andreas josephine

    Mahal, makan semangkok sama nasi 35rb, kikil doang, ga tau d kasih berapa banyak, gak d kasi pilihan, masalah rasa gak gitu enak, enak soto depan rumah 12rb

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool