Share on Pinterest
More share buttons
soto kudus simpang pomad bogor

Soto Kudus Simpang Pomad Bogor Si Kembang Goyang

Aneka soto merupakan ciri khas nusantara. Ada banyak soto yang mencerminkan kekhasan daerah-daerah tertentu di Indonesia. Mulai dari soto bening, soto santan, soto dengan campuran yang berbeda-beda. Di antara semua jenis soto, biasanya di Jawa populer dengan soto bening seperti soto ambengan, soto surabaya, soto sukaraja, hingga soto kudus. Apa sih bedanya soto kudus? Soto Kudus ini berasal dari daerah Kudus di Jawa.

Kudus (dari bahasa Arab: القدس al-Quds) dapat berarti “suci” atau “murni“. Hmm, menarik, bahwa Kabupaten Kudus yang terletak di Jawa tengah ini tentu menawarkan sesuatu yang juga “murni”. Asli enak, soto kudus perlu kamu cobain. Terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah, antara Kota Semarang dan Kota Surabaya yang juga punya soto semarang dan soto surabaya, maka Kudus yang berjarak 51 kilometer dari timur Kota Semarang ini punya sesuatu yang berbeda pula dalam kuliner.

Sebenarnya, kudus dikenal sebagai penghasil rokok kretek terbesar di Jawa. Inget Djarum ya pasti inget Kudus. Eit tapi soto Kudus tak dicampur sama tembakau ya bro dan sis. Kudus ini katanya berawal dari pusat pengembangan agama Islam di abad pertengahan. Hal ini dibutikan dengan adanya tiga makam wali/sunan yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Kedu.

Jadi, Soto Kudus tentu masih memiliki karakter khas soto di daerah Jawa. Biasanya, campurannya di satu mangkok kecil. Porsi yang menurut saya pas. Isinya ada apa aja, ada nasi (jika dicampur), trus bawangnya bawang putih goreng, jadi bukan bawang merah saja. Resepnya kira-kira begini nih. Bumbu Soto Kudus asli menggunakan bumbu rempah tradisional Indonesia yang mudah didapat dan dibeli di pasar tradisional maupun pasar swalayan, seperti bawang merah, bawang putih, jinten (jintan), ketumbar, jahe, kemiri, dan bahan bumbu lainnya.

soto kudus di bogor

Soto kudus kembang goyang

Penyajiannya biasanya dua jenis, ada yang campur ada yang dipisah. Untuk Soto Kudus, biasanya porsi mangkoknya adalah mangkok kecil. Sehingga bagi saya pas banget tidak berlebihan. Ayam kampung merupakan andalannya. Ayam ini disuwir, dimasukkan bersama dengan tauge dan daun bawang serta bawang goreng (merah dan putih). Sehingga aromanya sangat khas. Oyaaa soto kudus ini ngga pakai bihun, langsung disiram kuah dengan terlebih dahulu ditaruh nasi di bagian bawah mangkok.

soto kudus di bogor

Soto Kudus Simpang Pomad Bogor
Rekomendasi Kedai Soto di Bogor: Soto Ibu Rahayu

Untuk menikmati Soto Kudus ini, kamu bisa menambah beragam lauk seperti paru goreng, perkedel, tempe dan tahu bacem hingga telor puyuh yang berupa sate telur. Harganya murah dan pas dengan kantong.

soto kudus di bogor

Soto dimakan dengan paru goreng, sate puyuh, atau perkedel, menambah nikmat

Soto Kudus yang saya nikmati kali ini berada di deretan Ruko di Simpang Pomad. Perempatan yang ini merupakan gerbang menuju dan dari Kota Bogor. Jika dari Kota Bogor, tinggal lurus menuju ke Kabupaten, melewati Brimob kedung halang, akan bertemu perempatan. Setelah perempatan lah lokasinya. Dekat dengan Bank Mandiri dan Bank BTN yang satu ruko. Satu porsi soto kudus ini dibanderol hanya Rp11.000 saja, sedangkan jika dicampur dengan nasi, cukup menjadi Rp12.000 saja. Sangat terjangkau. Untuk menu lauk beragam, mulai Rp4.000 – Rp7.000.

soto kudus di bogor

Harga Soto Kudus di Bogor

Nama Resto Soto kudus di Bogor ini adalah “Kembang Goyang”. Saya tak tahu alasannya, karena kembang goyang lekat dengan nama penganan asal betawi yang crispy.  Namun tak saya temukan kembang goyang, adanya beragam kerupuk seperti kerupuk udang yang enak juga menjadi teman menikmati soto kudus di Bogor yang selalu hujan ini. Hmm… maknyusss hujan-hujan menikmati soto.

soto kudus di bogor

Nikmatnya satu porsi yang pas!
Yuk cobain Soto Kudus di Bogor, cari hotel murah sekarang dan dapatkan promo menarik dari Ezytravel.co.id.
Eits, Kalian di luar kota? Cari tiket pesawat murah ke Jakarta sekarang biar lebih dekat ke Bogor!

soto kudus di bogor

Suwiran ayam kampung dan rempah yang hangat

Selain soto, menu di sini ada minuman Es Dawet, yang juga khas Jawa. Jadi kamu bisa juga memesan es dawet, atau es campur dan es teh manis yang standar untuk menjadi minuman teman makan soto.

soto kudus di bogor

Es dawet ada juga di kedai soto kudus di bogor ini
920 Total Views 1 Views Today
Vote Us
(Visited 134 times, 1 visits today)


About

Let's explore the world 🌎


'Soto Kudus Simpang Pomad Bogor Si Kembang Goyang' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool