Share on Pinterest
More share buttons

Sop Otak Nikmat, ya di Talang Bogor!

Tempatnya pikiran adalah di Otak. Semua yang kita lakukan adalah kombinasi dari perintah otak ke otot yang bergerak. Otak mati, sama aja kamu seperti zombie. Tak bisa bergerak apa-apa, ga bisa mikir apa-apa. Tapi kalau untuk makanan, ternyata otak juga memiliki nilai jual yang tinggi. Misalnya, gulai otak di restoran padang, hmm mahal dan jarang. Lalu, di bogor, ada sop otak sapi. Sop Otak? Seumur hidup saya baru dari ini saya tahu adanya masakan bernama Sop Otak. Haha. Iyaa, jadi ini kuliner bogor yang diperkenalkan Ibu saya saat bermain bersama Ibu ke daerah Bogor.  Sekarang, sepertinya saya ingin mengulangi itu semua, makan sop otak di suatu tempat di bogor raya, persisnya di Kedung Halang, Talang. Mumpung lagi mudik ke Bogor, tanpa perlu cari hotel di bogor, saya “nekad” ke tempat ini lagi. Yuk!

 

Plang Sate dan Sop Talang saat malam

Plang Sate dan Sop Talang saat malam

Tempat makan ini bernama Rumah Makan Sop dan Sate Talang. Dari namanya, tentunya hidangan yang tersedia adalah sate dan sop. Suatu hal yang sudah sangat biasa jika rumah makan berjualan sate bersama dengan sop kambing, gulai, dan tongseng.  Menu di rumah makan ini pun sama. Karakter yang dijual oleh rumah makan ini adalah sate dan sop Jakarta. Kekhasannya, pada santan dan susu di sop kambing.

Rumah makan ini sederhana, bersih, pelayanan yang cepat dan ramah menjadikan tidak heran banyak pelanggan yang datang untuk membeli sehingga menjadi legendaris walau sudah berdiri sejak tahun 1997. Sebuah usaha makanan yang bertahan ditengah banyaknya restoran dan kafe yang merebak di kota Bogor. Hingga saat saya datang kemarin maupun saat saya kecil bersama Ibu sering ke sini, masih menyajikan menu dan suasana yang sama. Untungnya, masih ada menu Sop Otaknya!

Ruang makan RM Sop dan Sate Talang

Yup, ada menu spesial dari tempat makan yang biasa saja ini. Bahkan, menu ini tak ada di daftar menu yang ada loh. Mungkin, karena menu disini serba kambing. Sedangkan, Sop otak sapi, jadi sebagai menu misterius yang disajikan hehe… tapi itu jadi daya tarik tersendiri dengan  word of mouth, banyak pula yang khusus datang kesini untuk cari sop otak.  Jadi, berbekal naik angkot Nomor 32 dan turun di Talang (ikonnya ada talang air melintang seperti jembatan di atas) sampai juga ke tempat ini. Sangat mudah dijangkau. Duduk, mesan langsung aja, Sop otak, karena ngga ada di daftar menu!

Sop Otak

Sop Otak Sapi!

Beragam sop disajikan disini. Tapi yang tahu, langsung pesan sop otak. Semua jenis sop ala jakarta memang berkuah putih yang mengandung santan juga susu sehingga rasanya ringan dan enak.  Adapun isi sop terdapat otak sapi, potongan tomat, daging, dan emping. Sedangkan sop kambing terdapat daging kambing yang lumayan empuk dan enak sebagai bahan utamanya.

Sate ayam, dagingnya terasa lembut di lidah dan bumbunya meresap, hanya saja terasa ada kurangnya. Bumbu satenya kurang banyak rasanya hahaha. Selain itu, sate kambing juga dapat direquest tentang pemakaian lemak dan tidak. Penggunaan bumbu sate seperti biasa, untuk sate ayam menggunakan bumbu kacang, dan sate kambing menggunakan bumbu kecap pedas. Hal ini disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Sate Ayam

Sate Ayam

Eits, setelah makan sate ayam, sate kambing, dan sop kambing jangan lupa olahraga! Karena ternyata sate kambing memberi kalori 775 kkal, sop kambing memberi kalori sebesar 157 kkal.  Hihi. Selain makan enak harus dilengkapi olehraga supaya badan tetap sehat.

Di saat makan tentunya dilengkapi dengan minuman yang tepat, terdapat beberapa pilihan minuman yang cukup ringan dibarengi dengan makan sate dan sop. Harga yang ditawarkan oleh rumah makan ini pun terjangkau, sehingga bisa dinikmati semua kalangan. Rumah makan ini pun memiliki pelanggan dari berbagai kalangan, hanya saja disayangkan jika membawa kendaraan roda empat atau lebih tidak dapat masuk parkir ke dalam rumah makan. Biasanya parkir mobil hanya di jalan raya tersebut, dikarenakan lahan parkir rumah makan hanya cukup untuk kendaraan roda dua.

Selain sebagai rumah makan keseharian, rumah makan ini juga melayani dalam pemesanan untuk acara Aqiqah ataupun kambing guling dalam pernikahan. Jadi jangan ragu-ragu ya bagi kalian untuk mencoba icip dulu menu nya, dan kemudian bisa memesan untuk Aqiqah karena nanti, akan dihasilkan menu makanan sop kambing, dan sate kambing yang enak seperti yang kamu nikmati.

Menu Sop dan Sate Talang

Menu Sop dan Sate Talang.. ngga ada menu otak loh!

Rumah makan ini buka setiap hari pukul 11.00 – 21.00 WIB, kecuali hari jumat buka pukul 13.00 – 21.00 WIB. Jadi untuk yang bepergian di Bogor hingga malam, baik menuju Bogor ataupun Jakarta dapat singgah untuk mengisi amunisi dalam perjalanan.

Mau coba sop otak yang legendaris atau penggemar sate? Wajib coba yuk ke Jalan KS. Tubun No. 17, Kedung Halang, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16158.

3412 Total Views 3 Views Today
Sop Otak Nikmat, ya di Talang Bogor!
5 (100%) 1 vote
(Visited 424 times, 1 visits today)



'Sop Otak Nikmat, ya di Talang Bogor!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool