Share on Pinterest
More share buttons
Tugu Lonceng

Situs Tugu Lonceng Yang Terlupakan di Bogor

Aktifitas saya yang mengharuskan bepergian menuju Jakarta menggunakan transportasi umum dengan Commuter Line biasanya saya ambil dengan memilih menuju Stasiun Cilebut melalui jalur terdekat dari rumah, dahulu sebelum angkutan kota dengan nomor trayek 19 beroperasi, lumayan mahal membayar biaya perjalanan ini dengan menggunakan jasa ojek. Angkutan umum dengan nomor trayek 19 melayani rute Terminal Bubulak – Stasiun Cilebut. Sayangnya rute ini hanya hidup dari pagi hari hingga sore hari. Masyarakat seputar Stasiun Cilebut yang berprofesi sebagai ojek, merasa tersaingi dengan adanya rute ini. Ongkos untuk angkutan kota ini tentunya mengikuti setiap keputusan Walikota Bogor jika ada kenaikan atau penurunan harga Bahan Bakar Minyak.

Seringnya melewati jalur di jalan kampung Cilebut yang kini sangat ramai dengan kendaraan, terutama kendaraan roda dua oleh mereka yang beraktifitas menuju atau meninggalkan Stasiun Cilebut. Belum beberapa lama pandangan saya merasa “terusik” dengan berdirinya papan penunjuk arah untuk lokasi wisata murah di Bogor Situs Tugu Lonceng.

Situs Tugu Lonceng Bogor

Menurut informasi yang saya dapatkan dari cerita orangtua saya, dahulu kala saat zaman penjajahan Belanda, area yang kini masuk wilayah Kampung Cilebut, Desa Cilebut Barat, Kabupaten Bogor juga termasuk ke dalam area perumahan dengan kapasitas hunian yang mini berdiri sebuah penggilingan padi, hingga kini yang masih kokoh berdiri hanya sisa dari sebuah bangunan yang  awalnya memiliki empat pilar penopang untuk lonceng.

Pihak dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor telah memasukan bangunan ini ke dalam Cagar Budaya. Tertarik untuk menjadikan Situs Tugu Lonceng sebagai tujuan wisata murah di Bogor dan melihat langsung bangunan bersejarah ini? Tidak ada biaya yang dikenakan untuk datang dan mengunjungi Situs Tugu Lonceng ini. Transportasi yang terdekat dapat melalui Stasiun Cilebut (jika dari luar area Bogor). Dari Stasiun Cilebut cukup berjalan kaki. Mari kita lestarikan bangunan cagar budaya di sekitar kita.

Situs Tugu Lonceng Bogor

Situs Tugu Lonceng Bogor

6154 Total Views 10 Views Today
Situs Tugu Lonceng Yang Terlupakan di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,853 times, 1 visits today)


About

Hootsuite Asia Pacific Ambassador


'Situs Tugu Lonceng Yang Terlupakan di Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool