Share on Pinterest
More share buttons

Si Air Terjun Kembar Curug Cigamea yang Bergemuruh

Wisata di Kabupaten Bogor barat memang menyimpan banyak potensi. Sebagaimana yang beberapa kali diulas di Hello Bogor, Wisata kuliner maupun wisata bogor lainnya banyak yang masih terpendam dan menyimpan sejuta potensi untuk didatangi para pelancong. Jangan sampai, Bogor hanya dikenal dengan kawasan puncak saja, dan pula, kawasan ini terkadang menyimpan sisi negatif yang diceritakan dari mulut ke mulut. Sesungguhnya, Bogor merupakan kawasan kabupaten dan kota yang sangat luas, dan terbentang diapit provinsi Banten hingga DKI Jakarta.

Wisata Bogor yang paling sering dicari pelancong adalah curug. Curug alias air terjun merupakan salah satu wisata yang banyak disukai oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Apalagi, bogor memang memiliki banyak curug, yang hampir semuanya dibahas di Hello Bogor kesayangan kita.

Kali ini, ada satu yang kita ulas lagi, sebagai informasi untuk khalayak mengunjungi Bogor. Yaitu, Curug Cigamea. Namanya sudah menunjukkan informasinya. Yaitu bergemuruh, cigamea. Menurut penduduk lokal, memang curug ini kedengaran hingga jauh.

Curug yang berada di kawasan kawasan Wisata Gunung Salak Endah di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Tepatnya di Desa Gunung Sari, Pamijahan, Kabupaten Bogor ini mudah didatangi. Hanya berjarak 1,5 jam hingga sampai lokasi kok. Kurang lebih 38 kilometer.

jalan masuk ke curug cigamea bogor

jalan masuk ke curug cigamea

Jika naik mobil pribadi atau naik motor, bisa cek empat jalur menuju kesana. Pertama, jalur Cemplang (Cibungbulang)-Pamijahan-Salak Endah. Kedua Cikampak-Salak Endah. Ketiga jalur Cibatok-Salak Endah dan jalur keempat Tamansari-Gunung Bunder-Salak Endah. Kebetulan tim Hello Bogor yang berada pada rombongan jurnalis yang disponsori oleh Disbudpar Kabupaten Bogor dan BPPD Kabupaten Bogor menempuh jalur keempat. Sebab, tim terlebih dahulu berada di Highland Park Resort, Tamansari.

pintu masuk ada dibawah

pintu masuk ada dibawah

Nah jika kendaraan umum, bisa melalui Terminal Baranangsiang Kota Bogor. Naik aja angkot 03 Jurusan Bubulak turun disana. Di Bubulak, naik angkot jurusan ke Leuwiliang dan turun di pertigaaan Cibatok. Naik angkot lagi (lelah ya) ke Gunung Picung dan turun di pemberhentian terakhir. Kelar? Naik ojek mas. Menuju ke pos jaga Wana Wisata Gunung Salak Endah karena lokasi ini adalah bagian dari gunung salak endah.

Tiketnya terakhir sih, Rp 3500 per orang. Sedangkan untuk tiket masuk ke kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) seharga Rp 7000/orang. Itu sudah termasuk kendaraan roda dua alias motor.

pintu masuk curug cigamea

pintu masuk curug cigamea

Di lokasi, ngga langsung keliatan curugnya. Harus turun dulu sekitar 200 meter kebawah. Tenang aja, ada undak-undak tangga yang membantu kamu turun. Dan, suara bergema curug sudah terdengar, jadi kamu pasti semangat hehe.. menuruni tangga ini walaupun lebar, tapi harus hati-hati, kalau hujan rada licin soalnya. Kalau turun beramai-ramai seperti saya sih, ngga kerasa juga capeknya.

Okee, tiba dibawah, langsung kelihatan deh curugnya.  Dua curug kembar. Satu agak diatas, satu lagi dipojok dibawah. Hati-hati banyak monyet loh. Soalnya yang namanya monyet ya pasti suka mengambil barang dan ngga tau deh kalau sudah diambil dilempar kemana or digigit-gigit. Bisa-bisa topi, syal, atau kacamata kamu ngga balik lagi karena dilempar jauh atau dibawa monyet ke pepohonan. Jadi hati-hati yaa.

turun melalui tangga

turun melalui tangga

Suara gemuruh dan bergema ini memang ciri khasnya. Selain itu, air terjun pertama tebingnya curam sehingga harus mendaki tapi ini spot yang asyik untk foto-foto. Sedangkan di yang kedua, lebih landai dan asyik untuk nyebur berenang!

Jarak antara dua curug ngga jauh. Sekitar 20-30 meter saja. Jadi sebenarnya sih, nga kembar juga karena beda tempat dan ketinggian diatas. Adik-kakak deh, hehe..

curug cigamea, ada dua satu yang diatas satu yang dibawah

curug cigamea, ada dua satu yang diatas satu yang dibawah

menikmati dingin dan gemuruh suara yang kencang dari derasnya aliran air

menikmati dingin dan gemuruh suara yang kencang dari derasnya aliran air

yuuuk berenang di curug bogor

yuuuk berenang!

Oke kalau sudah kesana, balik keatas dengan rute yang sama ya. Oya untuk yang mau nginep ada penginepan seadanya tapi lumayan nyaman, dan juga beberapa penjual suvenir. Undak-undak tangga ke atas terasa lama dan pegal hehe maklum sudah sampai tujuan dan hasrat terpuaskan, sisanya, kecapekan biasanya. Untuk itu, ngga usah buru-buru, nikmati saja. Berhenti sejenak. Karena di beberapa tempat ada tempat istirahatnya kok sekedar lemaskan kaki dan menyimpan tenaga baru sambil minum.

selfie dulu ah!

selfie dulu ah!

Yuk wisata ke curug cigamea!

 

 

1822 Total Views 3 Views Today
Vote Us
(Visited 992 times, 1 visits today)


About

managing editor-at-large ----- travel, tech, edu, lifestyle blogger at unggulcenter.org


'Si Air Terjun Kembar Curug Cigamea yang Bergemuruh' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool