Share on Pinterest
More share buttons
Shalat Idul Fitri di Bogor

Serunya Shalat Idul Fitri di Bogor, yuk!

Ramadhan sebagai bulan suci selalu dinanti masyarakat di seluruh penjuru dunia, termasuk masyarakat di Bogor. Satu bulan Ramadhan yang mulia sebanyak 30 hari jalannya terasa begitu singkat.

Hari–hari Ramadhan dipenuhi dengan segudang aktivitas ibadah untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT karena merupakan bulan sati ini bulan yang penuh ampunan, berkah, serta amal perbuatan menjadi berlipat ganda. Usia seseorang hanya Allah SWT yang tahu. Selagi bertemu dengan bulan mulia ini, beruntunglah umat muslim yang menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” [QS. Al-Baqarah (2): 183]

Apa saja ya amalan/aktivitas ibadah yang dianjurkan selama bulan Ramadhan ini?

Pertama, menyegerakan berbuka puasa. Hal ini dinyatakan karena menyegerakan berbuka ada banyak kebaikan di dalamnya.

Kedua, makan sahur. Nah, kalau ini tentunya sudah menjadi kebiasaan bagus untuk masyarakat Indonesia, termasuk Ezytravelers Bogor kan selalu makan sahur? Pentingnya sahur menjadi bagian dalam ibadah bulan Ramadhan, terdapat keberkahan di dalamnya.

Ketiga, membaca Al-Quran. Pada bulan Ramadhan ayat Al-Quran pertama kali turun.

Keempat, sedekah memberi makanan berbuka puasa.

“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu” (Shohih Nasa’i dan Tirmidzi).

Begitu bermaknanya bersedekah di bulan Ramadhan, memberi makanan berbuka puasa nilainya sebanding dengan pahala yang berpuasa, ini kesempatan berharga dan sayang jika disia-siakan, Ezytravelers! Yuuuk berbagi!

Selain empat kegiatan atau amalan yang dianjurkan tadi, kegiatan saat Ramadhan lainnya yaitu shalat tarawih, menghidupkan Lailatul Qadar, I’tikaf, Memperbanyak Dzikir, Doa, Istighfar, serta membayar Zakat Fitrah.

Wah, jika sudah membahas Zakat Fitrah biasanya sudah mendekati akhir bulan Ramadhan. Masyarakat biasa membayar zakat fitrah mendekati akhir Ramadhan, yang artinya mendekati bulan Syawal.

Tiga puluh hari tak terasa berlalu begitu cepat. Setelah menempa diri di bulan yang mulia, Ramadhan kita akan dipertemukan dengan bulan Syawal. Apa artinya? Bertemu dengan 1 Syawal artinyaaaa Idul Fitri di depan mata, yeaaay!

Idul Fitri berasal dari bahasa Arab (Idul Fitr) yang artinya Hari Raya, hari raya umat Islam yang jatuh pada 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Cara penentuan 1 Syawal bervariasi setiap negara jadi jangan heran jika merayakan Idul Fitrinya tidak bersamaan pada tanggal Masehi. Hari raya tiba dan waktunya menjalankan yang dianjurkan saat Idul Fitri.

Pertama, mandi pagi saat hari raya. Iya dong, sebelum memulai aktivitas Ezytravelers pasti mandi supaya wangi dan kece! Hihi. Kedua, berhias sebelum berangka shalat Idul Fitri. Nah, kalau ini sih habis mandi otomatis berhias kan? Haha. Ketiga, makan sebelum shalat Idul Fitri. Amunisi sebelum pergi shalat Idul Fitri itu penting, selain itu juga supaya gak dianggap masih puasa. So, sarapan dulu ya, Ezytravelers!

Keempat, mengambil jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang dari shalat Ied. Nah, kalau ini cara jitu memang bertemu dengan semakin banyak orang. Kelima, bertakbir. TakbirAllahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, la ilaha illa Allah, Allahu akbar, Allahu akbar, wa li-illahi al-hamd” mulai berkumandang sejak malam hari menjelang 1 Syawal hingga pagi mendekati shalat Idul Fitri.

Lantunan ini ngangenin banget ya, Ezytravelers! Keenam, shalat Idul Fitri. Shalat Ied ini dilaksanakan di pagi hari, waktunya setelah terbitnya matahari setinggi tombak (waktu Dhuha).

Shalat Idul Fitri di Bogor

Kebun Raya Bogor

Shalat Idul Fitri biasanya dilaksanakan di tanah lapang sehubungan dengan banyaknya muslim dan muslimah yang akan melaksanakan shalat. Selain di lapangan, shalat Idul Fitri juga tentunya biasa dilaksanakan di Masjid.

Kali ini, Ezytravelers bingung dimana mau Shalat Idul Fitri di Bogor? Menurut beberapa pengamatan saya, berikut beberapa lokasi yang disukai Ezytravelers untuk Shalat Idul Fitri di Bogor, antara lain:

1. Lapangan Sempur

Tempat shalat Idul Fitri di Bogor yang pertama adalah Lapangan Sempur. Lapangan yang berlokasi di tengah kota, tepatnya di Jalan Jalak Harupat ini sudah berenovasi semakin baik, jadi lokasi yang tepat untuk shalat Idul Fitri. Biasanya sebelum direvitalisasi memang lapangan sempur menjadi salah satu pilihan warga Bogor untuk melaksanakan shalat Ied.

lapangan sempur (dok arifin arsyad)

2. Kebun Raya Bogor

Sebagai kota hujan yang memiliki kebun alami yang besar, luasnya Kebun Raya Bogor pun menjadi solusi untuk shalat Idul Fitri. Hal ini sudah dilakukan pemkot kota Bogor bahwa lokasi di Kebun Raya cukup besar bisa menampung lebih banyak jamaah. Masyarakat Bogor pun lebih dekat dan mencintai alam melalui moment Hari Raya Idul Fitri ini.

Yuk keliling Bogor! Eits, ambil tiket pesawat promopaket perjalanan wisata & cari hotel murah sekarang!

 

3. Masjid Raya Bogor

yang berlokasi di pusat kota Bogor, tepatnya Jalan Pajajaran no. 10 merupakan salah satu masjid terbesar di Bogor. Luas 4,057 meter persegi, bangunan masjid kurang lebih 600 meter menjadi tempat jamaah untuk melaksanakan shalat. Masjid Raya Bogor pun menjadi salah satu solusi Ezytravelers yang akan shalat Ied.

Shalat Idul Fitri di Bogor

Nampak depan Masjid Raya Bogor

Jadi, di mana tempat favorit kamu untuk shalat Idul Fitri di Bogor? Yuuk sharing! 😉

426 Total Views 1 Views Today
Vote Us
(Visited 285 times, 1 visits today)



'Serunya Shalat Idul Fitri di Bogor, yuk!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool