Share on Pinterest
More share buttons
Setu Cikaret

Setu Cikaret Wisata Bogor Yang Katanya Angker

Disebut angker karena menurut perbincangan banyak orang, di Setu Cikaret Bogor yang menjadi salah satu tempat wisata di Bogor ini, dulunya sering terjadi atau munculnya hal-hal gaib (pernampakan) yang kasat mata, sehingga menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan. Seperti musibah tenggelamnya perahu di tengah Setu akhir tahun lalu (2014). Yang menyebabkan tewasnya 2 wisatawan yang sedang liburan di Bogor menikmati keindahan setu dari atas perahu yang mereka tumpangi.

Setu Cikaret Bogor

Setu Cikaret (Doc:Pribadi)

Menurut kabar, ada penampakan dan sebuah mitos yang dilanggar oleh masyarakat sekitar. Sehingga, mahluk atau siluman yang terganggu itupun meminta tumbal dari manusia yang sedang berkunjung. Percaya tidak percaya dengan mitos yang beredar, tapi kita tetap musti waspada di manapun kita ‘berdiri’.

Mitos-mitos seperti itu sebagai peringatan untuk kita jika berkunjung kesuatu tempat. Agar bisa menghormati dan menjaga aturan tata tertib yang dibuat oleh pengelola atau larangan yang sudah berkembang di masyarakat.

Di luar mitos angker atau musibah yang terjadi, Setu Cikaret Bogor ini memang layak untuk dijadikan tempat rekreasi murah di Bogor. Berada di Desa Harapan Jaya, kecamatan Cibinong dan menjadi salah satu desa wisata Bogor yang di kelola baik oleh pemkab.

Setu Cikaret Bogor ini menyuguhkan pemandangan yang indah untuk dinikmati. Dari sini kita bisa melihat pemandangan Gunung Salak, apalagi jika cuaca sedang cerah. Di sekitar Setu yang saat ini sudah banyak dibangun ruko dan perumahan, membuatnya semakin ramai dan jadi alternatif warga mencari hiburan.

 

setu cikaret

Setu Cikaret

Sebelum terjadi musibah tenggelamnya perahu wisata yang akhirnya menyebabkan ada yang tewas itu. Di Setu Cikaret Bogor memang ada wahana perahu (perahu Bebek) yang bisa digunakan pengunjung berkeliling di atas Setu sambil merasakan semilir angin. Namun mungkin untuk menghindari terjadi lagi kecelakaan, perahu wisata ini ditiadakan demi keamanan wisatawan.

Lesehan buat santai di pinggir setu

Tapi, untuk pengunjung yang mau ke sini, tidak perlu takut. Walaupun beredar mitos, Setu Cikaret masih tetap ramai didatangi wisatawan untuk bersantai bersama keluarga. Tempatnya yang nyaman dan mudah dijangkau oleh transportasi umum ini cocok untuk mencari udara segar di pagi hari atau sore hari.

Di sekitar Setu banyak terdapat penjaja makanan dan disediakannya fasilitas lesehan sembari mencicipi makanan, warung Bakso atau Soto Mie dan beragam penganan yang lain serta minuman khas daerah tropis (karena siang hari juga banyak pengunjung yang datang).

Mau keliling Indonesia murah? Ambil promonya di Keliling Nusantara. Yuk sekalian intip Paket Wisata murah dan Tiket pesawat murah untuk jalan-jalan hemat!

Tidak cuma untuk bersantai menyantap hidangan dan menikmati semilir angin yang berhembus. Di Setu Cikaret Bogor juga digunakan untuk aktivitas warga yaitu memancing. Saat saya berkunjung ke sana, banyak para pria yang sedang memancing ikan di pinggirian Setu. Ada juga sekelompok atau mungkin juga komunitas yang mengadakan kegiatan (gathering) di Setu ini.

Mancing

Banyak yang bisa dilakukan di sini, selain untuk rekreasi, Setu Cikaret Bogor juga sebagai tempat untuk melestarikan ekosistem alam. Dahulunya tempat ini juga digunakan warga untuk mencari nafkah. Menurut sejarah, Setu Cikaret Bogor yang luasnya lebih dari 10 Ha dan terbesar di Kecamatan Cibinong ini. Dulunya ada tempat petilasan Prabu Siliwangi berupa gundukan tanah yang disebut Munjul.

Jika tertarik untuk berkunjung ke sini, angkutan umum trayek Cibinong – Pagelaran (nomor 32) setiap hari melewati Setu Cikaret Bogor. Hanya sepuluh menit dari pusat perbelanjaan Cibinong City Mall dan sekitar 5 menit dari komplek Pemda.

18694 Total Views 1 Views Today
Setu Cikaret Wisata Bogor Yang Katanya Angker
4.5 (90%) 2 votes
(Visited 8,821 times, 1 visits today)


About

Blogger | @melfeyadin


'Setu Cikaret Wisata Bogor Yang Katanya Angker' have 4 comments

  1. 05/11/2015 @ 9:12 am Wongkamfung

    Andai saja hal-hal mistis tak disebut… tulisan ini pasti akan benar-benar terasa sebagai promosi wisata. 😉

    Reply

    • 05/11/2015 @ 12:17 pm Melly

      Hmm… gitu ya, makasih ya pak.
      Memang agak aneh sih jadinya..hihi
      nanti belajar lg bikin artikel yg lebih kece dan menjual 🙂

      Reply

  2. 05/12/2015 @ 7:22 am Eriek

    sebagian orang mungkin percaya hal yg gaib dan sebagian orang lagi tidak. mungkin nanti ada orang atau sekelompok orang yg bikin tour wisata angker ke tempat tersebut.

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool