Share on Pinterest
More share buttons

Serunya Mengenal Cokelat di Agrifestival IPB Bogor

Tumpukkan pekerjaan memang nampaknya tak kan pernah ada habisnya. Hari Senin sampai Jumat sudah cukup penat untuk bergulat dengan beragam problema dan drama. Maka dari itu, selalu girang saat berjumpa dengan hari Sabtu dan Minggu. Menikmati akhir pekan bersama keluarga, saudara, dan teman-teman kesayangan merupakan hal paling menyenangkan. Jika bicara “menyenangkan” selalu teringat pada kota hujan. Memang sih akhir-akhir ini dikenal dengan kemacetan, apa lagi kalau akhir pekan. Tak dapat terelakkan. Bahkan kemacetannya pun memadati jalan tikus. Tapi jika dipikir-dipikir, gimana Bogor gak macet? Wong banyak tempat wisata di Bogor yang bisa dijadikan pilihan buat seru-seruan. Bahkan jika ingin bermalam di kota hujan pun tak perlu kebingungan karena banyak hotel di Bogor yang bikin nyaman. Pantesan Bogor macet, warga kota sebelah banyak yang demen adem-ademan di kota hujan.

Agrifestival di IPB Dramaga

Agrifestival di IPB Dramaga

Kemacetan Bogor pada akhir pekan tak menghalangi saya menuju acara terkeren di kampus paling keren. Sejak pagi saya sudah bersiap-siap menuju Lapangan Rektorat IPB Dramaga. Saya memarkirkan kendaraan di samping lapangan. Terdengar suara tepuk tangan riuh penonton. Wah! Ada apa ini? Kok rame bener? The 5th Agribusiness Festival 2016 ini diselenggaran oleh Departemen Agribisnis IPB dan Himpunan Profesi Mahasiswa Peminat Agribisnis (HIPMA). Rangkaian acara terdiri dari Agribusiness National Competition (Agrination), Agribusiness Talkshow (Agritalkshow), dan Agribusiness Festival (Agrifestival) sebagai puncak acara. Pantas saja begitu ramai, karena pada tanggal 02 Oktober 2016 merupakan Agribusiness Festival (Agrifestival).

Eksplorasi Percussion

Eksplorasi Percussion

IPB Street Dance Crew

IPB Street Dance Crew

Indonesia merupakan penghasil biji kakao terbesar ketiga di dunia, maka dari itu mengangkat kakao sebagai komoditas utama sehingga tema Agrifest tahun ini adalah Coklat. Wuih!!! Gak nyesel deh menerobos kemacetan menuju Dramaga demi acara yang keren kayak gini. Pada acara puncak The 5th Agribusiness Festival 2016 terdapat rangkaian kegiatan yang sayang jika dilewatkan yaitu Cooking Demo, Cooking Class, Chocolate Fountain, Chocolate Games, Kumpul Komunitas, Free Chocolate, Agribusiness Talent, Tari Bali, IPB Street Dance Crew, dan Eksplorasi Percussion. Acara seru ini terbuka untuk umum loh! Bisa diikuti oleh siapapun.

Minuman Cokelat Gratis

Antrian Minuman Cokelat Gratis

Got Free Chocolate!

Got Free Chocolate!

Ada yang menarik perhatian, terdapat satu booth yang ramai dengan antrian. Setelah saya dekati, ternyata di booth ini ada bagi-bagi minuman cokelat OH! Bali secara GRATISSSSSSS. Tak mau ketinggalan, jadi ngantri juga deh ikut-ikutan. Pada saat mengantri, saya melihat sekeliling dan menargetkan beberapa booth yang harus saya kunjungi setelah mendapatkan minuman cokelat gratisan. Tak terasa sudah ada barisan paling depan. Yeay! cokelat gratisan sudah berada di tangan. Saya cicipi secara perlahan. Wah! pantas saja ramai yang antri, enak banget minuman cokelatya (saya sampai mengantri 2x loh hehehe).

Icip-icip Buah Cokelat

Icip-icip Buah Cokelat

Di samping booth minuman cokelat OH! Bali, terdapat booth informasi mengenai biji cokelat. Bahkan disediakan buah cokelat yang bisa dimakan. Sayangnya, saya tidak kebagian buah cokelat yang sudah matang. Tetapi jadi tahu bagaimana pengelolaan kakao di Indonesia yaitu pemanenan, proses fermentasi, proses pengeringan & sortir, proses roasting, proses winnowing (memisahkan kulit biji luar biji dengan inti biji), proses grinding (inti biji cokelat digiling halus), proses tempering, dan proses moulding.

Cooking Class di Agrifestival 2016

Cooking Class di Agrifestival 2016

Membuat Cokelat

Antusias Para Pengunjung di booth Cooking Class

Serunya Membuat Cokelat

Membuat Cokelat di Cooking Class Agrifestival 2016

Games Lempar Panah pada Dart Board

Games Lempar Panah pada Dart Board

Di Panggung juga gak kalah seru, terdapat penampilan Eksplorasi Percussion dan  IPB Street Dance Crew. Booth selanjutnya yang saya kunjungi adalah Cooking Class. Ramai juga disini, banyak sekali yang excited untuk belajar membuat  cokelat. Untuk memasuki booth ini memang tidak gratis, karena cokelat yang kita buat bisa dibawa pulang. Di samping booth Cooking Class, terdapat arena untuk bermain games. Seru juga disini, bisa lempar anak panah pada dart board dan lempar bola pada kaleng. Saya berhasil melempar anak panah ke dart board, lumayan dapat hadiah cokelat payung yang sangat ngetop pada saat saya kecil. Pada booth lain, banyak yang menjual beragam olahan cokelat dan berbagai pernak pernik seperti bros, tas, dan lainnya.

iron man

Dibonceng Iron Man

Serah Terima Sertifikat

Serah Terima Sertifikat

Sertifikat untuk Blogger Bogor

Sertifikat untuk Blogger Bogor

Banyak sekali yang hadir pada acara ini. Dari anak kecil hingga Iron Man. Ini bukan bualan, Iron Man benar-benar datang untuk memeriahkan Agrifest. Bahkan saya mendapatkan kesempatan untuk dibonceng oleh superhero itu. Di penghujung acara, saya naik panggung mewakili Blogger Bogor untuk menerima sertifikat sebagai partisipan dalam acara Agrifest yang sangat seru ini.

2171 Total Views 18 Views Today
Serunya Mengenal Cokelat di Agrifestival IPB Bogor
Vote Us
(Visited 131 times, 1 visits today)


About

Let's explore the world ?


'Serunya Mengenal Cokelat di Agrifestival IPB Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool