Share on Pinterest
More share buttons

Serunya Memanen Buah Naga di Sabisa Farm Bogor

Wah, tak terasa bulan puasa sebentar lagi akan usai. Sudahkah mempersiapkan segala hal untuk keperluan mudik lebaran? Jangan sampai terlambat untuk mendapatkan tiket pesawat. Sehingga di hari raya Idul Fitri bisa berkumpul dengan orangtua, saudara, dan juga para sahabat. Banyak orang yang menggunakan momen lebaran untuk liburan. Ini sekedar usulan, yuk liburan di kota hujan! Banyak hotel murah di Bogor dan tempat wisata untuk mendapatkan keseruan yang tak terlupakan.

Buah Naga yang Siap Dipanen di Sabisa Farm IPB

Buah Naga yang Siap Dipanen di Sabisa Farm IPB

Cari Tau Wisata Bogor Barat Lainnya Yang Mempesona !!

Salah satu keseruan yang bisa dilakukan di kota hujan yaitu mencicipi dan memetik buah naga langsung dari kebun. Kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi liburan bersama keluarga ataupun handai tolan. Para pengurus kebun yang ramah dan tak merasa keberatan jika diminta untuk memberikan penjelasan, sungguh membuat tempat ini semakin mengasyikkan. Kebun buah naga Sabisa Farm IPB yang terletak di Sindang Barang bisa dijadikan tempat untuk liburan dan juga pembelajaran. Pertama kali saya mengunjungi tempat ini tepatnya pada tanggal 06 Maret 2016. Sejak saat itu, saya kecanduan sehingga tak bisa melewatkan setiap akhir pekan tanpa mengunjungi Sabisa Farm.

Bunga hanya Bermekar di Malam Hari

Bunga hanya Bermekar di Malam Hari

Sabisa merupakan singkatan dari sarana belajar petani sarjana. Sehingga jangan heran jika melihat Kebun buah naga Sabisa Farm ini diurus langsung oleh para mahasiswa IPB yang memiliki minat dalam kegiatan Agribisnis dan belajar untuk menjadi farmer entrepreuner. Buah naga di Sabisa Farm IPB  memang berbeda dengan buah naga yang lain karena menggunakan bibit  bersertifikat, budidaya semi organik yaitu tidak menggunakan pupuk urea hanya menggunakan pupuk NPK dan lebih banyak menggunakan pupuk kandang. Oleh karena itu, harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pasaran. Terdapat buah naga merah dan juga putih. Pada saat musim panen, buah naga bisa dipetik dan langsung dibawa pulang dengan harga 30ribu rupiah per kilogram.

Budidaya Tanaman Buah Naga di Sabisa Farm IPB

Budidaya Tanaman Buah Naga di Sabisa Farm IPB

Para pengunjung yang ingin mencicipi dan memetik buah naga fresh from farm bisa datang langsung ke Sabisa Farm IPB yang terletak di Jl. Sindang Barang, Gedong Seng RT/RW 03/05, Kel. Loji, Kec. Bogor Barat, Bogor 16117. Tempat ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya HTM. Lokasi yang tidak jauh dari Stasiun Bogor ini,  bisa dijangkau menggunakan angkot 03 menuju arah Gunung Batu. Sampaikan pada supir angkutan bahwa tujuan anda adalah sebuah gang samping Yonif. Bisa menggunakan jasa ojeg ataupun berjalan kaki dari jalan raya untuk menuju kebun buah naga ini.

Happy Buyer di Sabisa Farm IPB

Happy Buyer di Sabisa Farm IPB

Jika sudah sampai di kebun buah naga Sabisa Farm, temuilah para pengurus kebun yang biasanya berkumpul di Saung Agritama. Disana biasanya terdapat buah jambu kristal dan pepaya yang bisa dibeli loh. Para pengurus akan dengan senang hati menemani berkeliling dan memberikan penjelasan dan pelajaran tentang buah naga. Minggu lalu saya sempatkan main kesana, informasi yang didapat bahwa bunga akan bermekaran H+5 lebaran yaitu tanggal 11 Juli 2016 dan buah naga akan siap dipanen pada pertengahan Agustus 2016.

Green House Sabisa Farm IPB

Green House Sabisa Farm IPB

Sabisa Farm IPB juga memiliki green house hidroponik loh. Para pengunjung bisa melihat dan mendapatkan sayuran segar disini seperti berbagai jenis selada yaitu Cos Lettuce, Green Lettuce, Butterhead Lettuce, dan Oak Leaf Lettuce. Harga selada 10ribu rupiah per 250gr yang tidak dicampur, sedangkan harga selada yang dicampur yaitu 20ribu rupiah per 500gr. Para pengunjung bisa langsung panen salada hidroponik ini pada tanggal 28 dan 29 Juli 2016.

4339 Total Views 8 Views Today
Serunya Memanen Buah Naga di Sabisa Farm Bogor
Vote Us
(Visited 2,316 times, 1 visits today)


About

Let's explore the world ?


'Serunya Memanen Buah Naga di Sabisa Farm Bogor' have 3 comments

  1. 07/19/2016 @ 5:12 pm Anonymous

    Kapan ya ane sempet ke tempat sik gini ..
    nice banget gan 🙂

    Reply

  2. 07/19/2016 @ 5:13 pm Billy Roger

    Kapan ya ane sempet ke tempat asik kaya gini ..
    nice banget gan 🙂

    Reply

  3. 03/29/2017 @ 8:29 pm comenk

    bisa beli bibitnya gak disini?

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool