Share on Pinterest
More share buttons
Hari Jadi Kota Bogor

Serunya Melihat Festival Seni Dan Budaya di Hari Jadi Bogor Yang ke-533

Dalam rangka Hari Jadi Bogor yang ke-533, kabupaten Bogor menggelar acara yang bertajuk Festival Seni dan Budaya, yang di ikuti oleh 40 Kecamatan se-kabupaten Bogor. Bertempat di jalur lambat Jln. Tegar Beriman, Kab Bogor 7 Juni lalu. Tujuannya adalah tentu saja mengenalkan langsung kekayaan seni budaya tradisional yang ada di Bogor ke masyarakat luas. Dan berharap acara rutin tahunan seperti ini menjadi daya tarik wisata di Bogor dan juga melestarikannya agar tidak dilupakan oleh generasi mendatang.

Hari Jadi Kota BogorAcara ini baru dimulai sekitar pukul 7 pagi yang diawali dengan kegiatan jalan sehat bersama bupati. Lebih dari 5000 peserta warga bogor dan sekitarnya yang antusias sekali untuk ikut, termasuk saya, terutama karna ada doorprize dari sponsor berhadiah city car yang ramah lingkungan. Pengundian doorprize ini dilakukan langsung oleh Bupat di akhir rangkaian acara Festival, dan warga yang beruntung membawa pulang mobil itu adalah seorang kakek-kakek sederhana dengan wajah lelahnya. Alhamdulillah selamat ya buat kakek.

IMG_20150607_084610

Hari Jadi Kota Bogor

Nah, selain jalan sehat yang mengajak seluruh warga Bogor untuk mulai memperhatikan kesehatan, di acara festival kemarin juga banyak sekali kegiatan yang memperkenalkan hasil seni dan budaya dari seluruh daerah di Kabupaten Bogor. Ada lomba sepeda ontel juga, pameran Batu Akik, lomba memasak bertema Laksa Ikan yang dirangkum dalam festival makanan dan minuman Kuliner di Bogor. Beragam olahan makanan dipertunjukan disini, yang menggunakan bahan-bahan pangan dari petani Bogor.

Hari Jadi Kota Bogor

Laksa Bogor

Hari Jadi Kota Bogor

Yang tidak kalah menarik adalah, dalam festival ini dibuat sebuah rekor muri, yaitu hidangan lebih dari seribu mangkuk Laksa Ikan khas Cibinong. Sayangnya saat pengukuhan ini, saya tidak bisa melihat langung karena ramainya warga yang ingin melihat dan berebut untuk mengambil ribuan mangkuk Laksa yang dihidangkan gratis untuk dinikmati warga. Berbagai macam isi laksa isian Ikan tersaji dengan beragam pilihan, mau isi ikan goreng, olahan ikan seperti bakso, atau hanya irisan ikan saja juga ada. Tapi memang kita tidak bisa memilih sendiri.

Hari Jadi Kota Bogor

Seribu mangkuk Laksa sebelum menjadi rebutan

Nah, setelah acara jalan sehat selesai dan pengukuhan rekor muri juga sudah terlaksana, saatnya menonton pawai budaya. Atau yang biasa warga Bogor sebut dengan Dongdang, yakni pawai yang mempertontonkan hasil bumi dari masyarakat. Namun karena Dongdang kali ini hanya sekedar seremoni saja, tak banyak yang dapat dilihat, kecuali pawai Ogoh-ogoh dari berbagai budaya di tanah air dan dari masing-masing kecamatan yang ada di Kab Bogor. Selain itu, di festival seni dan budaya Bogor ini juga disediakan stand khusus untuk para pelaku usaha (UKM) yang ingin memperkenalkan beragam kerajinan tangan maupun hasil dari oleh-oleh khas kabupaten di Jawab Barat, seperti keripik talas, brownies talas khas Bogor, Moci Sukabumi, Sepatu dan Tas dari Garut yang sudah terkenal kualitasnya, dan masih banyak yang lainnya, termasuk dari komunitas-komunitas yang ikut meramaikan acara. Seperti stand Komunitas Anak Kabupaten Bogor dan lainnya. Keseruan festival ini juga ditambah diramaikan juga oleh penyanyi dan beberapa band untuk menghibur warga.

Hari Jadi Kota Bogor

Kerajinan tangan dari Kabupaten Bogor

Hari Jadi Kota Bogor

Hari Jadi Bogor tahun ini memang banyak sekali rangkaian acaranya, baik di Kota maupun di kabupaten. Terakhir kemarin sebagai penutup HJB yang ke-533, menggelar kembali jalan sehat yang dibarengi dengan rekor muri menerbangkan lebih 21 ribu balon ke Langit di lapangan Sempur.

Hari Jadi Kota Bogor

Pameran Ontel

Tapi yang saya lihat, festival atau helaran budaya di Kabupaten Bogor kali ini tidak semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Terlalu banyak panggung yang didirikan, sehingga membuat warga bingung ingin mengikuti acara yang mana saja, dan jarak panggung ke panggung juga cukup jauh. Tapi mungkin saja ini untuk mengantisipasi membludaknya warga yang datang.

2888 Total Views 6 Views Today
Serunya Melihat Festival Seni Dan Budaya di Hari Jadi Bogor Yang ke-533
5 (100%) 1 vote
(Visited 467 times, 1 visits today)


About

Blogger | @melfeyadin


'Serunya Melihat Festival Seni Dan Budaya di Hari Jadi Bogor Yang ke-533' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool