Share on Pinterest
More share buttons

Sentra Kerajinan Daur Ulang di Bogor

Wisata ala Mancanegara

Jika Anda bertandang ke berbagai daerah, tentu yang dicari bukan sekadar lokasi wisata, kuliner, dan hotel. Oleh-oleh adalah salah satu incaran setiap pelancong. Ketika melancong ke berbagai daerah tentu Anda mencari daya Tarik khas daerah tersebut. Begitu pun dengan Bogor. Kota Hujan ini memiliki berbagai titik kunjungan yang menarik. Mencari informasi tentang wisata di Bogor, wisata sejarah Bogor, hotel di Bogor, dan aneka kulinernya, mudah sekali ditemukan. Akan tetapi mencari oleh-oleh yang unik, kadang tak gampang.

Bagi Anda yang gemar mengoleksi merchandise khas Bogor, saya sarankan untuk mencari pusat pembuatan oleh-oleh berupa kerajinan tangan. Ada satu sentra kerajinan yang cukup unik. Beragam handycraft di galeri ini dibuat dari bahan daur ulang. Sentra kerajinan tangan Bogor Kreatif, namanya.

Di tempat ini pengunjung dapat membeli beragam kerajinan tangan dan aneka barang bertema Bogor. Apa lagi bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Galeri Bogor Kreatif menyediakan dokumentasi Bogor tempo doeloe dalam bentuk foto dan buku.

Galeri Bogor Kreatif bisa Anda temukan di Jl. Tentara Pelajar no.4. Sentra industri kreatif ini dibangun oleh Kang Nurdin, yang sehari-harinya biasa disapa Kang Bimbim. Galeri yang punya koleksi merchandise beragam ini rupanya dibangun dengan proses yang penuh kesulitan. Lelaki kelahiran Tasikmalaya dan besar di Bandung ini memulainya sendiri dengan gigih.

Galeri Bogor Kreatif

Kang Bimbim pembina Galeri Bogor Kreatif

Kang Bimbim memulai usaha kerajinan daur ulang ini dari Kaki lima. Jadi tidak langsung menempati tempat yang cukup luas ini. Pada mulanya ia ngemper di beberapa kota, seperti Bandung, Jogja, bahkan sempat menclok ke Jakarta, sebelum akhirnya menetap di Bogor. Beberapa kali ia mengajak teman-teman sesama pedagang kaki lima, untuk mangkal bersama. Ada yang bertahan, namun lebih banyak yang tak cukup sabar mengejar keberhasilan. Setelah berangsur-angsur Bogor Kreatif makin dikenal, ia mengajak kembali teman-teman sesama Pedagang Kaki lima untuk bergabung bersamanya. Jadilah Galeri Bogor Kreatif memiliki koleksi kerajinan tangan yang beragam.

Sentra kerajinan tangan berbahan daur ulang ini perlahan tak hanya menjadi bengkel kerajinan, tetapi juga menjadi tempat praktik anak-anak sekolah yang tertarik dengan seni daur ulang. Para pengrajin tak segan mengajarkan bagaimana cara membuat beragam pernak-pernik dan kerajinan tangan kepada pelajar dan siapa saja yang mau belajar. Kegiatan ini rupanya menjadi daya tarik bagi pelajar dari kota lain. Bahkan saat ini Galeri Bogor Kreatif amat dikenal oleh mahasiswa di Korea. Mereka pernah berkunjung dan mencoba membuat beberapa kerajinan di tempat ini.

Salut dengan dedikasi Kang Bimbim yang bukan sekadar mencari pengepul dapur, tetapi juga memberikan wahana belajar buat para pelajar dan anak muda Bogor. Ia juga memberikan keleluasaan bagi beragam komunitas, untuk mangkal di pelataran Art Gallery yang cukup luas.

8956 Total Views 3 Views Today
Sentra Kerajinan Daur Ulang di Bogor
5 (100%) 1 vote
(Visited 2,564 times, 1 visits today)


About

tinggal di Bogor, suka kelayapan mengamati geliat masyarakat


'Sentra Kerajinan Daur Ulang di Bogor' have 1 comment

  1. 10/04/2015 @ 6:21 pm ely

    ikut pelatihan nya gratis /bayar pak.. kayanya menarik tuh

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool