Share on Pinterest
More share buttons

Sekolah Mentari, Pendidikan Gratis Untuk Mereka yang Tak Mampu di Kabupaten Bogor

 

Guru adalah Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Ini sudah jadi hal yang fakta adanya. Selain jasa-jasa guru sejak kita lahir hingga selesai pendidikan ini tak terbalas dengan materi apapun saking besarnya. Di negara maju, guru sangat dihormati. Mantan murid rela terbang dengan pesawat hanya untuk menemui guru mereka yang dahulu mengajar waktu Sekolah Dasar. Atau membelikan tiket pesawat kepada guru untuk plesiran dan wisata, sekaligus menemui mantan murid yang sudah menjadi orang hebat. Ini terjadi di Finlandia, dimana guru adalah kalangan yang sangat terhormat, terutama guru pendidikan dasar menengah dan atas. Negeri yang berada di Skandinavia ini memang jauh dengan Indonesia. Namun bukan berarti kita tidak akan menjadi seperti itu, negara maju karena pendidikan. Jadi, guru memang penting untuk wujudkan itu semua.

Lalu, bagaimana kalau kita sendiri menjadi guru? Tanpa tanda jasa. Hanya tekad membantu mereka yang tidak memiliki biaya untuk sekolah gratis. Kalangan kurang mampu di pedesaan misalnya. Tentu menjadi tabungan pahala yang merupakan “tanda jasa” tak tergantikan dari Tuhan. Menjadi guru untuk mereka yang tidak mampu tentu hal yang berat karena sifatnya yang kerelawanan. Namun bisa dilakukan berbekal semangat dan juga kegiatan freelance, part time atau mengisi waktu luang bermanfaat. Sembari mengasah diri untuk ilmu, juga mengajarkan ilmu bermanfaat untuk anak-anak yang membutuhkan sekolah gratis.

Di Kabupaten Bogor, ada sekolah yang digratiskan oleh pengelolanya. Pemilik lahan sekaligus menjadi pengajarnya. Tanpa bekal pendidikan formal guru, mantan Office Boy alias pesuruh kantor. Namun tekadnya gagah, demi pendidikan anak-anak tak mampu di sekitar tempat tinggalnya.

Sekolah gratis Mentari kang CecepKang Cecep, pendiri Sekolah Mentari

Sekolah Desa Mentari namanya. Adalah sekolah gratis di Bogor yang didirikan oleh Kang Cecep Suryana. Beralamat di Desa Ciaruteun Ilir, Kampung Pabuaran/Poncol RT 02 RW 01 Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor Kode Pos 16630. Lokasi kampung ini di kabupaten Bogor, dan bisa ditempuh perjalanan yang tak terlalu jauh dari ibukota maupun dari pusat kota bogor.

Sekolah ini GRATIS, dengan mengandalkan Relawan-relawan guru lokal untuk mengajar. Sekolah ini membuka Sekolah Menengah Pertama Mentari dan Sekolah Dasar Mentari. Jumlah murid saat ini 32 (tiga puluh dua) orang yang merupakan kalangan miskin perdesaan. Orangtuanya tak mampu menyekolahkan sehingga anak-anak ini sebelumnya tidak sekolah. Dengan adanya Sekolah Desa Mentari, maka mereka dapat melanjutkan sekolah dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang pastinya berguna untuk masa depan mereka kelak.

Sekolah Mentari SMPsiswi SMP Sekolah Mentari

SHARE BERITA INI AGAR BANYAK TANGAN MEMBANTU

Sekolah Mentari BalaiBalai tempat belajar anak-anak Mentari

Lalu bagaimana dengan pengajarnya? Juga relawan dan guru tetap. Dua komposisi yang merupakan sumberdaya untuk murid-murid Mentari mendapatkan ilmu. Untuk relawan dan guru ini, sedang pula disiapkan rumah untuk mereka bermalam dan tidak mengganggu apabila harus pulang pergi sehingga capek. Apalagi jika rumah yang jauh. Untuk itulah, Kang Cecep membangun rumah dan sampai saat ini masih memerlukan donasi atau bantuan agar cepat terealisasi.

Sekolah Mentari - Rumah Guru relawanProses pembangunan rumah untuk guru dan relawan. Perlu bantuan!

Saat ini, telah dibuka pula taman belajar anak/PAUD (Calistung) dan sudah ada 19 orang yang mendaftar loh. Sehingga Kang Cecep makin termotivasi untuk menyelesaikan pembuatan rumah untuk guru serta tempat belajar yang lebih representatif. Saat ini, balai terbuka digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) selama ini.

Sekolah Mentari PAUDPAUD Sekolah Mentari yang berjumlah 19 anak

Keren ‘kan ? Jika ingin membantu, kita bisa melakukan satu dari tiga hal ini. Boleh juga semuanya. Pertama, Sekolah mentari membutuhkan Guru Tetap atau Relawan untuk pengajaran. Kedua, sekolah mentari juga membutuhkan Bahan material untuk fisik bangunan yang sedang dikerjakan. Ketiga, kamu bisa juga menjadi orangtua asuh atau kakak asuh bagi anak putus sekolah yang ditampung di Sekolah Mentari yang bebas biaya ini.

Sekolah Mentarimereka butuh bantuan!

Untuk informasi lebih lanjut, silakan aja hubungi kang Cecep Suryana di Instagram @suryana_cecep untuk bertanya perihal tiga hal yang mereka saat ini sangat butuhkan tersebut.  Kamu juga bisa membantu menyebarkan informasi keberadaan sekolah gratis untuk masyarakat tidak mampu di Bogor ini di akun media sosial kamu, semoga makin banyak bantuan untuk sekolah gratis mentari asuhan kang Cecep dan kawan-kawan yang bertempat di Kampung Pabuaran/Poncol di Kabupaten Bogor ini.

 

2083 Total Views 2 Views Today
Sekolah Mentari, Pendidikan Gratis Untuk Mereka yang Tak Mampu di Kabupaten Bogor
Vote Us
(Visited 523 times, 1 visits today)



'Sekolah Mentari, Pendidikan Gratis Untuk Mereka yang Tak Mampu di Kabupaten Bogor' have 1 comment

  1. 09/27/2017 @ 10:24 pm Bhayhacky

    Boleh minta CP nya
    Saya ada rencana buat bakti sosial
    Di bidang pendidikan

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool