Share on Pinterest
More share buttons
menelusuri pecinan bogor di jalan suryakencana

Sehari Menelusuri Kawasan Pecinan Bogor di Jalan Suryakencana

Wah, di bulan Mei ini ada dua tanggal merah yang bisa dibilang kurang strategis. Mau jalan jauh, khawatir tidak cukup waktunya. Mau jalan ke Mall dekat rumah, sungguh bosan rasanya.

Bagaimana jika Ezytravelers mencoba menelusuri kawasan Pecinan Bogor? Banyak hal menarik yang bisa Ezytravelers dapatkan di sini.

Pecinan Bogor

Gapura Lawang Suryakancana

Sebelum jam makan siang, saya memulai perjalanan dari rumah menuju Pasar Bogor menggunakan ojek online. Sekejap saya terkesiap dengan tampilan gapura yang serba merah. Berbeda sekali dengan beberapa tahun lalu saat saya masih sekolah dan sering mengunjungi beberapa toko di kawasan ini. Pada gapura terdapat tulisan “Lawang Suryakancana Kampung Tengah – Buitenzorg Dayeuh Bogor”.

Pecinan Bogor

Jasa Tukang Sol di Jalan Suryakencana – Pecinan Bogor

Saat seru-seruan mengambil foto gapura, ternyata sol sandal saya terbuka sehingga harus mencari jasa tukang sol. Saya berjalan dan melewati sebuah vihara yang bernama Vihara Dhanagun. Di sampingnya terdapat Plaza Bogor atau wilayah Pasar Bogor. Untung saja saya melihat di sebrangnya terdapat tukang sol bernama Pak Rahmat yang sudah meneruskan usaha Ayahnya ini sejak tahun 1997.

Jika Ezytravelers memerlukan jasa Pak Rahmat untuk membetulkan sandal, sepatu, dan juga tas tentu bisa menemui beliau setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 di depan Plaza Bogor.  Hanya 15 menit saja, Pak Rahmat sudah selesai mengelem dan menjahit sandal saya. Harga untuk jasa membetulkan sol adalah Rp20.000.

Pecinan Bogor

Lapak Bunga Segar

Setelah masalah sol sandal terselesaikan, saya melanjutkan penelusuran. Saya melewati depan Jl. Lawang Saketeng, terdapat banyak bunga segar terpajang. Warna-warni dan harumnya bunga amat menyegarkan. Jika Ezytravelers memerlukan bunga segar nan indah, bisa mendapatkannya di kawasan Pecinan Bogor samping Jl. Lawang Saketeng.

Selain itu, banyak sekali toko berjajaran di sini. Sebagian banyak, toko masih mempertahankan gaya klasik. Aneka ragam toko yang berada di kawasan ini meliputi kebutuhan pokok sehari-hari. Misalnya saja toko pakaian, toko sepeda, toko oleh-oleh, toko perabotan, toko emas, toko alat tulis kantor, swalayan, dan masih banyak lainnya. Salah satu toko yang sering saya kunjungi adalah swalayan Grand alasannya karena harganya lebih murah.

Saya pun melanjutkan berjalan kaki, lalu nampak terlihat Jl. Rangga Gading. Jalan ini merupakan jalan menuju Kampus Kesatuan. Tak jauh dari situ, di sebrangnya terdapat sebuah gereja yang bernama Gereja Sidang Jemaat Allah BETLEHEM. Jalan terus, lalu terdapat sebuah kafe bernama Cyrano. Setahun lalu pernah mendatangi kafe tersebut. Banyak menu menggemaskan yang ditawarkan.

Pecinan Bogor

Yuk Main ke Gang Besi!

Kaki pun tak ingin berhenti melangkah, sehingga sampailah pada sebuah gang yang dipenuhi dengan graffiti. Saya bertanya pada seorang Bapak yang sedang berdiri di depan gang dan menanyakan nama gang tersebut. Ternyata gang yang penuh graffiti itu bernama Gang Besi.

Saya sempatkan untuk berfoto-foto di sini. Setelah merasa puas, saya pun melanjutkan perjalanan. Apabila Ezytravelers ingin bermalam di kawasan Pecinan Bogor tepatnya di Jalan Suryakencana, The 101 Hotel bisa dijadikan pilihan. Hotel terbaru di kawasan ini.

Perut pun sudah keroncongan, saya tergoda untuk mencicipi Soto Kuning (Asli Bogor) Pak. M. Yusuf. Saat memasuki kedai tersebut, saya segera memesan Soto Daging, Nasi, dan Es Teh Manis. Hanya dalam waktu lima menit, pesanan pun sudah tersaji. Dua buah jeruk limau saya peras untuk mendapatkan cita rasa asam. Bisa menambahkan sambal untuk menambah cita rasa pedasnya.

Sudah tak tahan! Saya langsung menyantap Soto Kuning dan nasi. Dagingnya empuk atau tidak alot, kuah kuningnya pun sedap dan mantap. Harga Soto Kuning Daging adalah Rp30.000, sedangkan Nasi harganya Rp5.000, dan Es Teh Manis dibanderol dengan harga Rp3.000. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.30.

Pecinan Bogor

Lokasi Kedai Soto Kuning Pak M. Yusuf

Pecinan Bogor

Dagingnya Empuk

Setelah keluar dari kedai Soto Kuning Pak M. Yusuf, saya tergiur untuk menikmati Es Bir Kotjok yang terbuat dari jahe, kayu manis, dan gula aren. Satu gelas Es Bir Kotjok hanya perlu merogoh kocek Rp5.000. Gerobak Es Bir Kotjok hadir setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 17.00.

Pecinan Bogor

Segarnya Es Bir Kotjok

Banyak yang bilang, belum main ke Suryakencana jika belum merasakan Asinan Jagung Bakar Gang Aut. Saya pun melangkahkan kaki lalu terlihat sebuah gerobak Asinan Jagung Bakar. Satu porsi yang saya pesan dan langsung disantap di tempat.

Kesegeran kuah Asinan Jagung Bakar dan sedikit potongan mentimun menjadi penutup kulineran. Asinan Jagung Bakar bisa didapatkan setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00 atau sehabisnya.

Yuk keliling Bogor! Eits, ambil promo hotel di bogor, paket perjalanan wisata dan booking tiket online!

Pecinan Bogor

Asinan Jagung Bakar Bpk. Subur

Pecinan Bogor

Segarnya Menikmati Asinan Jagung Bakar

Sebetulnya masih ada yang ingin saya coba yaitu Martabak Encek. Gerobaknya amat ramai oleh pembeli. Martabak Encek merupakan martabak legendaris dikarenakan sudah ada sejak dulu.

Menurut salah satu pembeli, yang membuat kenikmatan Martabak Encek adalah kelembutannya karena penggunaan wisman. Uniknya, pembuatan Martabak Encek ini menggunakan bara arang. Tanggal merah selanjutnya, harus berhasil berburu martabak legendaris ini!

Yuk jalan-jalan ke Pecinan Bogor!

716 Total Views 5 Views Today
Sehari Menelusuri Kawasan Pecinan Bogor di Jalan Suryakencana
Vote Us
(Visited 318 times, 1 visits today)


About

Let's explore the world ?


'Sehari Menelusuri Kawasan Pecinan Bogor di Jalan Suryakencana' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool