Share on Pinterest
More share buttons

Sehari Keliling Taman-Taman “Tematik” di Bogor!

“Bogor akan membangun Sejuta Taman Bogor”, ujar Bima Arya selaku Walikota Bogor. Paparan tersebut mulai terbukti perlahan-lahan dengan adanya taman-taman tematik yang sudah bermunculan di kota Bogor. Wisata  kekinian di kota besar ya salah satunya wisata taman kota. Apa aja ya taman tematik yang sudah ada di Bogor? Hayuuk ah coba terbang keliling!

Jika berjalan dari arah jakarta, mari kita mulai posisi jika keluar dari tol BORR (Bogor Out to Ring Road), perjalanan bisa dimulai ke Taman Corat Coret.

  1. Taman Corat Coret

Taman ini berlokasi di Jalan Adnawijaya (Pandu raya). Taman Corat Coret yang dibangun dan diresmikan pada 10 Januari 2016 ini  diperuntukan supaya warga Bogor dapat mengekspresikan vandalisme atau seni menghias di media dinding yang luas.

Taman Corat Coret (Dok. pribadi)

Taman Corat Coret (Dok. pribadi)

Setelah dari Taman Corat – Coret, kita berlanjut ke Jalan Sudirman dekat air mancur. Di kiri jalan sebelum lampu merah depan Istana Bogor, kita akan menemukan Taman Peranginan.

2. Taman Peranginan

Taman ini cocok sekali namanya karena banyak angin di sekitar tersebut dengan dukungan lokasi yang bebas bangunan sehingga angin terasa sejuk sekali disana.

Taman Peranginan (Dok. Hendra)

Taman Peranginan (Dok. Hendra)

Melanjutkan perjalanan dari Taman Peranginan, di lampu merah depan Istana Bogor kita dapat berbelok ke kiri ke arah Lapangan Sempur. Di depan lapangan sempur yang sedang dibangun, terdapat sebuah taman baru, yang disebut Taman Ekspresi.

3. Taman Ekspresi

Taman ini didesain berbentuk tempat duduk berundak dengan fokus panggung di bawah, sehingga penonton/pengunjung dapat menonton dengan leluasa. Taman Ekspresi Sempur ini diresmikan oleh Bima Arya pada tanggal 15 November 2015.

Taman Ekspresi (Dok. Pribadi)

Taman Ekspresi (Dok. Pribadi)

Setelah asyik di Taman Ekspresi apalagi jika ada pertunjukan, kita dapat melanjutkan perjalanan ke arah kiri jalan dan akan menemukan Taman Kencana.

4. Taman Kencana

Taman yang berada di Jalan Kencana ini sudah lama ada di Bogor. Tapi tunggu dulu…taman kencana yang sekarang berbeda dengan yang dulu. Taman kencana “terbarukan”! Hihi. Lihat saja tampilan Taman Kencana saat ini. Memiliki tulisan yang lebih nyata juga dipercantik dengan penuhnya jajaran bunga. Menariknya, disini ramai warga bogor untuk sekedar bertemu handai taulan, foto bersama kawan, bahkan untuk berlatih musik bersama. Artinya area publik ini sudah digunakan dengan semestinya. Sippp!

Taman Kencana (Dok. Pribadi)

Taman Kencana (Dok. Pribadi)

Selain menikmati taman, di area Jalan Kencana ini memang terdapat banyak kuliner yang recommended alias patut untuk dicoba, seperti macaroni schotel, pizza kayu bakar, ataupun waroeng taman kencana yang lokasinya dekat melingkari taman tersebut.

Melanjutkan perjalanan dari Taman Kencana, kita bisa berjalan lurus dan berbelok ke kanan ke Jalan Padjajaran hingga kita akan bertemu dengan Taman Lalu Lintas Bogor. Taman ini berada di sebelah kanan sebelum Tugu Kujang, persis diseberang Toko buah All fresh. Taman ini ikonik menegaskan bahwa kita sedang di kota berjulukan seribu angkot, kota Bogor. Taman sederhana yang penuh warna ini cocok untuk berfoto apalagi untuk turis, baik domestik maupun turis asing.

5. Taman Lalu Lintas Bogor

Taman Lalu Lintas (Dok. Malangtimes)

Taman Lalu Lintas (Dok. Malangtimes)

Selain ada taman tematik yang dibangun oleh Pemkot Bogor, ternyata Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pun tergerak untuk membuat taman yang bertemakan sains, yaitu Taman Obat dan Entomedisin. Taman ini berlokasi di LIPI Jalan Juanda, Bogor.

6. Taman Obat dan Entomedisin

Taman Obat dan Entomedisin (Dok LIPI)

Taman Obat dan Entomedisin (Dok LIPI)

Taman kota atau ruang terbuka hijau (RTH) memang dibutuhkan untuk keseimbangan kota. Melengkapi misi sejuta taman kota di Bogor, Bima Arya menyatakan bahwa saat ini juga sedang persiapan taman selanjutnya, yaitu taman matematik (taman yang dipersiapkan berada di kelurahan tegal gundil , sebagai sebuah taman belajar bagi anak-anak dengan konsep matematika, berada di area lingkungan SD, SMP, dan SMA), taman lingkungan (taman yang juga dipersiapkan berlokasi di kelurahan tegal gundil memiliki konsep lintasan joging, tanaman dan lintasan terapi), dan taman kaulinan (taman bermain).

Wahh banyak dan akan bertambah banyak yaa taman di Bogor. Menariknya, di taman kota yang sudah ada diingatkan juga bahwa kita harus menjaga taman kota Bogor tercinta ini. Penanda pengingat ini ada di taman-taman kota di Bogor.

Penanda Dilarang Menginjak Rumput

Penanda Dilarang Menginjak Rumput

Penanda Aturan di Taman Bogor (Dok. Pribadi)

Penanda Aturan di Taman (Dok. Pribadi)

Jadi, yuk ikut seimbangkan usaha pemerintah kota Bogor yang sudah membangun area publik dengan datang dan menjaganya. Semakin kita sering berinteraksi di area publik, semakin meningkatkan kebahagiaan loh. Mari berkeliling taman tematik di Bogor!

4378 Total Views 3 Views Today
Sehari Keliling Taman-Taman “Tematik” di Bogor!
5 (100%) 1 vote
(Visited 744 times, 1 visits today)



'Sehari Keliling Taman-Taman “Tematik” di Bogor!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool