Share on Pinterest
More share buttons
sayur asem legendaris bogor

Sayur Asem Legendaris RM Purwakalih Bogor

Sebagai orang Sunda dan anak rumahan pasti akrab dengan masakan rumahan, masakan yang biasanya dimasak oleh Ibunda tercinta sehari-hari. Menu-menunya mungkin sederhana, hanya berupa sayur-sayuran mulai dari sayur asem, sayur lodeh, sayur bening dan aneka tumisan. Lauknya pun ya berputar-putar itu saja dari ayam goreng, ikan asin, teri, tahu, tempe ditambah aneka garnis (*biar berasa di master chef :p) alias teman kriuk semacam gorengan perkedel, bakwan, dan yang paling simple ya kerupuk. Buat yang sedang merantau atau sudah terlalu sering makan makanan kekinian seperti junk food, adakalanya kita ingin kembali makan masakan rumahan. Tenang saja, di Bogor banyak kok restoran dan rumah makan yang menyajikan kuliner bogor masakan Sunda, masakan rumahan yang sehari-hari biasa kita makan tapi tentu dengan rasa yang aduhai istimewa.

rumah makan purwakalih bogor

Tak ada hiasan kekinian, cukup spanduk besar RM Purwakalih
Selesai Makan Kenyang Main Yuk Ke : Curug Seribu Bogor Yang Mengagumkan

Salah satu rumah makan Sunda yang tersohor adalah Rumah Makan Purwakalih Bogor, adanya di daerah Mbah Dalem, Batu Tulis, . Secara jalan lebih tepatnya berada di ujung lawang gintung. Dari arah Sukasari untuk kesini bisa menyusuri jalan satu arah Lawang Gintung, persih sebelum pertigaan yang mengarah ke Stasiun Batu Tulis, siap-siap, persis berada di tikungan sebelah kanan letak RM Purwakalih berada. Agak repot parkir jika sedang macet, karena disitu memang langganan macet. Kendaraan bisa di parkir disisi kanan, di trotoar persis depan rumah makannya atau jika jalananan agak senggang bisa di parkir di sebelah kiri jalan.

Sabtu itu sengaja istri saya tidak masak karena berniat untuk mencicipi masakan di RM Purwakalih. Salah satu menu yang paling tersohor dan trade mark-nya Rumah Makan Purwakalih Bogor yaitu sayur asem. Saking tersohornya beberapa teman yang suka berburu kuliner selalu menyebutkan sayur asem rumah makan ini paling enak.

sayur asem

Menu yang tinggal dipilih

Dari parkiran depan terlihat rumah makan ini sangat sederhana, jauh dari sentuhan kekinian. Hanya warung makan biasa dengan deretan meja dan kursi. Ada spanduk besar di depan yang berisi nama rumah makannya dan tulisan “Sayur Asem” yang menandakan menu ini memang menjadi andalan.

Di dalam kita harus memesan dan memilih menu yang mau kita makan di belakang. Disitu sudah disediakan berbagai lauk setengah matang yang bisa kita pilih. Sistemnya adalah lauk yang kita pilih nantinya dipanaskan sebelum dihidangkan.

Ada pepes juga

Ada pepes juga

Hati-hati yang kolesterol :p

Hati-hati yang kolesterol :p

“Nasinya untuk berapa orang?Mau sayur asem atau sayur sop?” tanya si Bapak yang belakangan saya ketahui adalah pemilik rumah makan ini.

“Bukannya sayur asemnya yang terkenal, Pak?” jawab saya agak heran.

“Iya tapi kadang suka pada pengen sop-nya juga” pungkas si Bapak.

Akhirnya saya pilih sayur asem karena memang sudah jadi target saya, hehe. Di pilihan lauknya ada macam-macam, mulai dari ayam goreng, aneka bakwan, sampai jeroan. Kali ini untuk lauknya saya pilih otak dan bakwan udang sebagai pelengkap. Selesai pesan saya pun mencari tempat duduk. Tidak lama kemudian akang-akang pelayan menyiapkan standar pelayanan rumah makan sunda yaitu lalapan dan sambal berikut nasi dan teh tawar hangat. Menyusul kemudian lauk dan sayur asem yang saya pesan.

 

sayur asem legendaris

Taraa, tinggal disantap

Lalap rebus

Lalap rebus

Kali pertama sayur asem langsung dicicipi. Rasanya memang enak dengan isian standar sayur asem, mulai dari jagung, kacang panjang, melinjo, nangka muda dan kacang tanah. Rasanya manis asam segar, terasa harum terasinya. Gak salah sayur asemnya jadi andalan. Otak goreng dan bakwan udangnya juga enak dipadukan dengan nasi putih hangat tapi tidak terlalu istimewa, standar enak.

Di spanduk dalam rumah makan saya liat ada pilihan menu minuman. Satu menu yang menarik dan rasanya wajib dicicipi adalah es lobi-lobi. Menu lainnya seperti aneka jus kan biasa jadi saya memesan es lobi-lobi. Buahnya sendiri sangat susah dicari saat ini, bakan ke pasar tradisional pun belum tentu ada.

Beruntung saat ini punya stok lobi-lobi jadi pesanan saya bisa dibuatkan. Tak lama kemudian es lobi-lobi pesanan saya tiba, rasanya manis dan asam. Segar sekali, dari tampilannya serupa minuman bersirup, bedanya ada buah lobi-lobi di dasar gelas. Wajib dicoba!

Semoga beruntung pas pesan pas ada :D

Semoga beruntung pas pesan pas ada 😀

Tiba giliran membayar, tidak ada kasir disini jadi si Bapak akan ke meja kita dan menyebutkan menu yang kita pesan. Untuk 2 nasi, 2 sayur asam, 2 goreng otak dan 2 bakwan udang ditambah 1 es lobi-lobi cukup ditebut dengan Rp107.000.

Sedikit berbincang tentang sejarah Rumah Makan Purwakalih Bogor ketika membayar tadi. Saat ini RM Purwakali dikelola oleh generasi ketiga. Bapak pemilik Rumah Mmakan Purwakalih Bogor saat ini saja berusah 46 tahun. Awalnya warung ini didirikan oleh neneknya lalu sampai diwariskan ke beliau sekarang. Artinya sudah lebih dari 26 tahun RM Purwakalih berdiri. Tempat awalnya bukan di tempat sekarang melainkan di seberang Istana Batu Tulis dimana saat itu kebanyakan supir bemo sebagai pelanggannya. Lama-lama pelanggannya bergeser jadi supir angkot karena bemo mulai dihidangkan. Kalau sekarang sih malah mobil-mobil bagus yang mampir kesini.

Jalan-jalan wisata ke Bogor tidak lengkap kalau belum mencicipi masakan Sunda-nya dan Rumah Makan Purwakalih Bogor salah satu rumah makan yang punya masakan otentik khas Bogor. Jika mampir kesini pastikan sayur asem dan es lobi-lobi masuk ke daftar pesanan Anda.

Cek Promo PEVITA (pembuatan Visa & Paspor) Disc sampai dengan Rp75.000 , dan Promo lainnya| by. ezytravel
1654 Total Views 8 Views Today
Sayur Asem Legendaris RM Purwakalih Bogor
1 (20%) 1 vote
(Visited 792 times, 1 visits today)


About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Sayur Asem Legendaris RM Purwakalih Bogor' have 1 comment

  1. 10/05/2016 @ 2:44 pm Anonymous

    boleh lah dikirim sebagai tester.. 🙂

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool