Share on Pinterest
More share buttons
Batagor Bogor

Saung Pak Ewok Bogor, Bukan Cuma Sop Buah

Pak Ewok bisa dikatakan sebagai pelopor salah satu kuliner yang berasal dari Bandung yang bernama Sop Buah. Sejak tahun 80-an Pak Ewok dengan gerobaknya selalu setia menjajakan dagangannya di kawasan jalanan Cimandiri, di belakang Gedung Sate Bandung. Sop Buah sendiri menghidangkan potongan aneka buah seperti strawberry, mangga, sawo, melon, jambu batu, nangka, jeruk, melon, apel, pear dan sebagainya, dalam satu mangkuk dengan disertai susu kental manis dan es batu. Walau tampak sederhana, tapi Sop Buah ini mampu memikat banyak orang sehingga tak pernah sepi dikunjungi para pelanggannya yang duduk di pinggir jalan di samping gerobak ini.

Melihat suksesnya usaha ini di Bandung, di tahun 2005 ada yang memboyong Sop Buah Pak Ewok ini ke kota Bogor, dengan tempat yang lebih besar dan nyaman yang diberi nama: Saung Pak Ewok. Saung Pak Ewok ini berlokasi di Jl. Bukit Tunggul No. 5, kawasan Taman Kencana Bogor. Dan dalam waktu singkat, Sop Buah Pak Ewok di tempat ini juga ikut menjadi ikon kuliner Bogor, seperti pendahulunya di kota Bandung, dan menjadi salah satu tujuan orang yang tengah wisata ke Bogor.

Sop Buah Durian

Sop Buah Durian

Ada yang berbeda dari penyajian sop buah di Saung Pak Ewok ini, kita bisa memilih “kuah” dari sop buah sesuai selera kita, bisa susu, jeruk ataupun kuah yoghurt. Kuah susu menghadirkan cita rasa kuah yang manis, jeruk memberikan cita rasa jeruk yang segar dan yoghurt menyediakan rasa asam segar yang khas dari yoghurt. Itu saja? Belum, sekarang kita juga bisa menikmati sajian sop buah yang berbeda: Sop Buah Durian. Ya, butiran buah durian tersaji di antara potongan buah tersebut, menggoda para penggemar durian untuk turut merasakan nikmatnya buah ini di antara potongan buah lainnya.

Saung Pak Ewok juga merupakan kedai makan yang menyediakan aneka makanan dan minuman selain sop buah. Banyak kuliner Bandung yang “diboyong” ke Saung Pak Ewok. Salah satu yang menjadi favorit di Saung Pak Ewok adalah Batagor alias Baso Tahu Goreng. Ini merupakan jajanan khas Bandung yang merupakan varian modifikasi dari Baso Tahu. Dalam sepiring Batagor Komplit kita bisa menemukan Baso Tahu, Siomay dan Baso yang semuanya digoreng yang disajikan dengan bumbu kacang yang legit. Kucurkan sedikit jeruk nipis untuk menambah cita rasa dari sajian ini.

Siomay Komplit

Siomay Komplit

Telur rebus, paria, kol, baso tahu, kentang rebus dan siomay, semuanya ada dalam satu piring dan diguyur bumbu kacang yang legit. Kalau di Bandung biasanya cukup disebut Baso Tahu, tapi kalau di Jakarta dan Bogor disebutnya justru Siomay. Di Saung Pak Ewok ini kita juga bisa menemukan menu Siomay Komplit dengan isi yang lengkap. Walaupun hanya kudapan, tapi menikmati satu porsi Siomay Komplit ini juga cukup mengenyangkan.

Bakso Cuankie

Bakso Cuankie

Masih dari kuliner Bandung, Saung Pak Ewok juga menghadirkan Baso Cuankie. Sepintas mirip Bakso Malang, tapi cuankie menghadirkan aroma kuah yang berbeda, lebih gurih, dengan isi baso, baso tahu goreng, siomay, pangsit dan lain-lain. Saus, kecap dan sambal menjadi pelengkap rasa yang membuat menu yang satu ini paling cocok untuk dinikmati sore hari, sambil menikmati udara yang sejuk di sekitar kawasan Saung yang rimbun oleh pepohonan.

Masih banyak menu makanan lainnya yang bisa kita nikmati di Saung Pak Ewok ini, sebut saja Rujak Cireng, Kupat Tahu Tasik, Nasi Lada Hitam, Pempek, Roti Cane, Dimsum dan sebagainya. Untuk minuman, selain sop buah, kita juga bisa menikmati menu lainnya seperti aneka juice, kelapa muda, es jeruk mangga, Lecy squash, Oreo Cappucino dan beragam olahan minuman lainnya. Image Pak Ewok lekat dengan Sop Buah, tapi di Saung Pak Ewok Bogor ini kita bisa menikmati beragam menu enak lainnya karena yang disajikan di sini Bukan Cuma Sop Buah.

8248 Total Views 34 Views Today
Saung Pak Ewok Bogor, Bukan Cuma Sop Buah
5 (100%) 1 vote
(Visited 1,873 times, 1 visits today)


About

Foodie - Blogger - Bogor


'Saung Pak Ewok Bogor, Bukan Cuma Sop Buah' have 2 comments

  1. 06/06/2015 @ 7:33 am Hidayah Sulistyowati

    Duh, kok aku nggak diajak kesini sama adikku pas tahun kemarin ke bogor ya?

    Reply

  2. 03/31/2016 @ 12:38 pm dewi

    Artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com yaa.. Terima kasih

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool