Share on Pinterest
More share buttons
Sate Maranggi favorit warga Bogor itu di Sari Asih

Sate Maranggi Favorit Warga Bogor itu di Sari Asih, Yummy!

Sate, sesuai KBBI memiliki arti makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Makanan ini merupakan makanan khas Indonesia, dengan bumbu bermacam-macam menyesuaikan satenya. Makanan khas Indonesia ini menjadi favorit masyarakat Indonesia, terbukti di daerah manapun dimana ada sate, ada banyak pelanggannya. Bahkan Mr. Barack Obama (mantan kepala negara Amerika Serikat) menjadikan sate jadi salah satu daftar makanan kesukaan dalam deklarasinya dan makanannya yang beliau inginkan untuk dicicipi saat di Indonesia. Dahsyatnya sate! Haha. Sate di Indonesia kini semakin banyak, pedagang sate di berbagai daerah terus berinovasi mengembangkan keahlian meracik makanan, seperti yang kita ketahui ada sate ayam, sate kambing, sate padang, sate madura, sate hati, sate kelinci (yang ini gak tega deh untuk dimakan), sate buntel, sate lilit, sate solo ), sate beureum, dan yang kekinian saat ini adalah sate maranggi.   Eh tapi sudah pada tau dong? Sate maranggi favorit warga Bogor itu di Sari Asih!

Sate Maranggi favorit warga Bogor itu di Sari Asih

Sate Maranggi Sari Asih

Sate maranggi menjadi salah satu makanan favorit dunia, buktinya sate maranggi ikut serta World Street Food Congress di Filipina dan termasuk ke dalam salah satu dari 8 jajanan kaki lima favorit dunia versi CNN. Keren kan? Iyalah, makanan Indonesia punya tuh. Bangga dong kita! Hihi. Sebagai warga Bogor yang beriman dan gaul baik Bogor kota maupun kabupaten, cari sate maranggi favorit warga Bogor itu di Sari Asih jawabannya! Lokasi yang berdekatan dengan Puncak Bogor menjadikan warga Bogor banyak yang berdatangan kesini. Tidak hanya warga Bogor, tapi warga Jakarta dan sekitarnya yang sedang melintas kawasan Puncak Bogor dan Cianjur banyak yang sengaja menyempatkan kesini di tengah perjalanannya. Seperti apa ya rasanya? Yuk cobain!

Sate Maranggi favorit warga Bogor itu di Sari Asih

Menu Sate Maranggi Sari Asih

Restoran Sate Maranggi Sari Asih ini tepatnya berlokasi di Pacet Beunying, Cipanas, Cipendawa, Cianjur. Hebatnya restoran ini dengan hanya memiliki menu utama sate maranggi tapi restoran ini selalu penuh hingga buka 24 jam. Keren coy! Heuheu. Pencarian kami ke restoran ini berlangsung di malam hari, jadi niatnya mau makan malam disini. Berkendara dari arah Istana Cipanas lurus menuju Cianjur, pada peta google memberi informasi bahwa perkiraan perjalanan ke Sate Maranggi Sari Asih hanya belasan menit. Tibalah kami di Restoran Sate Maranggi Sari Asih dengan bantuan indikator kebulan asap hasil panggangan sate.

Saat turun dari kendaraan, tenyata restorannya sederhana tapi parkirannya penuh. Wah, sate maranggi favorit warga Bogor itu di Sari Asih memang! Ramai banget! Perut sudah keroncongan ditambah kebulan wangi sate yang merebak, jadinya segera masuk dan memesan. Pegawainya pun dengan gesitnya  langsung menanyakan “mau sate maranggi berlemak atau tanpa lemak? berapa tusuk?” kami sebutkan, kemudian dengan ‘teknologi’ teriakan kepada pegawai yang mengipas sate, memberi info pesanan kami. Sederhana tapi menghasilkan karya bersama yang unggul.

Terlihat dengan silih berganti kendaraan pelanggan yang datang, pegawai cekatan dan  tak membiarkan ada pengunjung yang berdiam saja menunggu, semua terlayani. Harga sate maranggi tanpa lemak Rp 3500/tusuk  adapun dengan lemak Rp 2500/tusuk, ditambah nasi bungkus atau ketan bakar sama-sama Rp 2500 saja. Minuman yang disediakan berbagai pilihan seperti es jeruk, es kelapa, dan lainnya, yang harganya pun terjangkau hanya sekitar Rp 3000- Rp 7000 saja.

Suasana restoran di Sari Asih

Suasana restoran di Sari Asih

Sate Maranggi tanpa lemak

Sate Maranggi tanpa lemak

Bumbu oncom sate maranggi Sari Asih

Bumbu oncom sate maranggi Sari Asih

Mau jalan-jalan? Temukan Harga Tiket Murah, Promo Diskon, dari Hotel di Bogor

Sate maranggi merupakan sate khas Purwakarta, yang dalam penyajiannya sate maranggi tidak menggunakan saus kacang/kecap sebagai siraman. Kenapa sate maranggi tidak menggunakan bumbu saus siraman? Ya, disinilah ciri khas dan uniknya sate maranggi! Awal pembuatan sate maranggi, daging (baik kambing atau sapi) dilakukan perendaman daging dalam bumbu. Bumbu perendaman itu terdiri dari kecap, bawang merah, bawang putih, rempah-rempah (seperti jahe, lengkuas, ketumbar, dan kunyit), gula merah, dan sedikit cuka/air asam jawa. Setelah daging direndam selama 30 menit-2 jam di dalam lemari pendingin, kemudian daging ditusuk ke lidi bambu dan dipanggang diatas bara api. Teknik ini adalah cara andalan menghasilkan rasa enak dan beda pada sate maranggi.

Sate maranggi favorit warga Bogor di Sari Asih

Sate maranggi dan ketan bakar

Jadi, wajar dong tidak perlu bumbu/ saus siraman? Karena memang rasa dari satenya sudah enak.  Sate maranggi ini biasa ditemani ketan bakar atau nasi putih biasa. Kemudian jika butuh tambahan rasa, sate maranggi ini memang biasa ditemani bumbu oncom. Itulah cita rasa asli sate maranggi favorit warga Bogor itu di Sari Asih, yummy! Tunggu apalagi? Jangan ketinggalan cobain enaknya sate maranggi favorit warga Bogor di Sari Asih ini 😉

1036 Total Views 1 Views Today
Sate Maranggi Favorit Warga Bogor itu di Sari Asih, Yummy!
Vote Us
(Visited 467 times, 1 visits today)



'Sate Maranggi Favorit Warga Bogor itu di Sari Asih, Yummy!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool