Share on Pinterest
More share buttons

Sate H Ismail, Sate Madura Enak di Taman Kencana Bogor

Banyak kejadian luar biasa di tahun 2008, salah satu yang selalu diingat dan mengubah sejarah dunia adalah peristiwa terpilihnya Barrack Obama sebagai presiden berkulit hitam pertama di negara Amerika Serikat. Euforia terpilihnya Barrack Obama juga merambat sampai ke Indonesia. Segala sesuatu tentang sang pemenang saat itu pastilah menjadi konsumsi publik, tidak terlepas pula pada Barrack Obama. Rupanya ada keterkaitan antara Barrack Obama dengan Indonesia. Usut punya usut di masa lalunya Barrack Obama pernah bersekolah di sekolah dasar menteng Jakarta sehingga rasa-rasanya kemenangan Barrack Obama merupakan kemenangan juga untuk orang Indonesia. Tak berapa lama setelah terpilih, Barrack Obama ditanya tentang kenangannya di Indonesia, lalu ia menjawab tentang kuliner yang ia suka, salah satunya adalah sate. Dengan ucapannya yang khas “Sate, Nasi Goreng”. Nah kalau begitu, boleh dong kita cicipi salah satu sate Bogor yang paling enak. Selain banyak hotel dan penginapan yang terjangkau, wisata kuliner sudah wajib hukumnya saat melancong kota Bogor salah satunya ya ke warung sate Bogor ini.

Rasa sate bogor H Ismail tidak sesedarahana kiosnya

Rasa sate H Ismail tidak sesedarahana kiosnya

Selain Sate Ini, Ada Juga Loh Sate Maranggi Di Bogor 

sate bogor

Walaupun bukan makanan khasnya tetapi ketika kita dengar sate enak pastilah bayangan kita langsung mengarah ke sate madura. Seolah-olah cap label sate madura sudah jaminan pasti mendapat sate yang enak. Untuk itu bagi para penggemar sate yang kebetulan sedang melancong ke Bogor wajib coba sate madura H. Ismail yang ada spot kuliner Kota Bogor yaitu di area Taman Kencana tepatnya di Jalan Ciremai Kios no 9-10 Bogor. Tempatnya memang agak tersembunyi di deretan warung di dekat kafe Warung Taman, tetapi jangan ragukan pembelinya, setiap jam makan pasti warung sate ini selalu dipenuhi pengunjung.

Cara berkunjung ke Warung Sate H. Ismail yang penting tau patokannya yaitu Taman Kencana, dari situ tinggal jalan kaki ke Jalan Ciremai sekitar 20 meter saja, lalu perhatikan deretan kios-kios yang dilewati. Salah satunya adalah Warung Sate H. Ismail yang legendaris. Bagaimana tidak legendaris, menurut karyawannya warung sate ini sudah ada sejak tahun 1961 yang didirikan oleh Haji Ismail. Dan katanya beliau sampai saat ini masih hidup loh.

Siang itu saya bersama partner kerja sedang ingin makan siang berart di sekitar Taman Kencana. Memang banyak tempat makan di sekitar situ tapi kebanyakan dalam format kafe, yang mana secara hitungan ekonomis harus mengeluarkan kocek lebih jika ingin kenyang. Untuk itu kami pilih ke Warung Sate H. Ismail untuk menuntaskan rasa lapar siang itu. Setelah memarkirkan kendaraan di depan kios-kios di seberang Taman Kencana kami pun masuk ke warung sate Bogor. Setelah memilih tempat duduk, untuk memesan kita wajib ke kasir untuk menuliskan pesanan di secarik kertas berisi daftar menu.  Kami memilih sate ayam sebagai makan siang saya dan sate kambing untuk partner kerja. Untuk minumannya, cukup es teh manis walau banyak pilihan minuman lainnya khas warung seperti aneka jus dan softdrink.

Menu andalan sate H Ismail

Rasa sate H Ismail tidak sesedarahana kiosnya

Tak berapa lama pesanan kami pun tiba, sate ayam, sate kambing dan nasi sebagai sumber karbohidrat. Dari aroma pembakaran satenya saja sudah menggugah selera. Yang wow lagi adalah ukuran satenya yang tidak tanggung-tanggung, ukurannya besar-besar sekali. Standarnnya sate ayam dipasangkan dengan bumbu kacang yang kental, sedangkan untuk sate kambing, standarnnya adalah dengan bumbu kecap dan acar. Jangan tanyakan soal rasa, dagingnya empuk sekali, dan karena ukurannya besar-besar membuat setiap kunyahan sangat berarti. Bumbu kacangnya sangat pas, perpaduan antara gurih dan asin juga sedikit manis. Tidak ada rasa yang dominan semuanya terasa berimbang. Sate kambingnya pun ternyata juga sangat empuk, plus bumbu sederhana berupa kecap manis, rasa-rasanya tidak bisa berhenti untuk mengunyah. Selain menu sate sebenarnya ada sop dan gule khas madura, tapi sayang siang itu perut kami tidak bisa lebih dari satu piring. Jadi jangan kuatir bagi bukan penggemar sate Bogor, menu lainnya katanya sih tidak kalah enak.

Sate Ayam H Ismail dengan bumbun kacang

Sate Ayam H Ismail dengan bumbun kacang

Sate Kambing H Ismail dengan bumbu kecam yang maknyuss

Sate Kambing H Ismail dengan bumbu kecam yang maknyuss

Untuk harga, seporsi sate ayam (10 tusuk) dihargai 20ribu rupiah, sedangkan seporsi sate kambing (10 tusuk) dihargai 30ribu rupiah. Nasi, satu piringnya cukup dibayar dengan seharga 5ribu rupiah. Semua harganya tidak tertulis pasti di menu, jadi jika memang membawa uang pas-pasan, jangan lupa tanya-tanya ke kasir daripada jadi malu ga bisa bayar. :p

Daftar menu sate bogor H Ismail Bogor

Daftar menu sate H Ismail Bogor

Jika dilihat dari tempatnya, mungkin kita tidak akan menyangka kalau kios sederhana itu memiliki sejarah panjang dalam dunia kuliner Bogor. Sate khas Maduranya wajib dicoba, dan siapa tau nantinya kita jadi presiden seperti Barrack Obama. “sateeee!”

2526 Total Views 7 Views Today
Vote Us
(Visited 1,381 times, 1 visits today)

About

Aktif menulis di blog pribadi ilhabibi.com. Karyawan yang berkutat dengan system ERP di sebuah perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.


'Sate H Ismail, Sate Madura Enak di Taman Kencana Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool