Share on Pinterest
More share buttons

Sarapan Wangi Nasi Kemangi di Bantarjati Bogor

Beberapa hari yang lalu, Saya baru saja mendapatkan undangan premiere sebuah rilis tayang film Indonesia terbaru yang diangkat dari novel. Ceritanya tentang asmara di antara dua sejoli di Jepang sana; Negeri Sakura. Ingat Sakura, jadi teringat bunga-bunga yang wangi, seperti Kemangi yang konon katanya bisa membuat aroma tubuh dan nafas ketika berbicara menjadi lebih semerbak dan sedap. Jadi ingat paket promo tiket pesawat dari EzyTravel tempo hari, pagi-pagi awal bulan seperti ini, rasanya ingin sekali sarapan manja di hotel di Bogor, sembari menikmati aroma pagi yang masih segar terasa.

Rasa sate bogor H Ismail tidak sesedarahana kiosnyaStasiun Bogor

Pagi itu, pekan pertama di bulan Agustus, setelah perjalanan yang cukup melelahkan setelah bermalam di Jakarta, ambil kereta paling pagi untuk kembali ke kota Bogor tercinta. Disambut sejuknya hawa pagi hari yang masih segar di Stasiun Kereta Api Bogor, disapa megahnya Gunung Salak yang terbentang di depan mata. Ah, ternyata tak kalah indahnya kota hujan kebun raya ini dengan Jepang beserta Gunung Fuji-nya yang menjulang di utara khatulistiwa sana.

Rekomendasi Kuliner Menarik : Pilihan Menu Sehat Di Red Suki Bogor
stasiun kota bogor di pagi hari

Cukup dengan Rp5ribu saja dari pusat kota Jakarta dengan menggunakan Commuter Line, maka sampailah saya kembali di Bogor dari Stasiun Cikini pagi itu. Mengingat masih pagi, dan ketakutan akan terjebak macet yang amat sangat di pekan pertama di bulan kemerdekaan Republik Indonesia ini, akhirnya saya pun memutuskan untuk menggunakan salah satu jasa aplikasi transportasi kendaraan online berbasis sepeda motor. Tak menunggu beberapa lama, akhirnya saya pun dijemput oleh sang kurir di seberang Stasiun Bogor, tepat di depan Lembaga Pemasyarakatan Paledang.

Menelusuri jalan raya dari sepanjang depan Taman Topi Kapten Muslihat, lalu mengikuti Sistem Satu Arah sampai di persimpangan Taman Ekspresi Sempur, ambil arah kiri lalu lanjut ke Jalan Pajajaran Raya usai perempatan lampu merah belok kiri, hingga sampai di pertigaan Bangbarung ambil arah kanan melewati deretan pusat jajanan pinggir jalan mulai Bakso Seuseupan di sisi kiri, Steak Abuba di sisi kanan, sampai akhirnya bertemu dengan Happy Cow yang sederet dengan Sop Duren Lodaya cabang Bantarjati. Nah di depan pagar Happy Cow lah salah satu pusat sarapan nan ramai di Bogor hadir memanjakan lidah siapa saja yang berburu semerbak wanginya Nasi Kemangi.

Tidak hanya Nasi Kemangi, tetapi juga ada Nasi Uduk, dan sang Bintang Utama, yakni Ceker Cabe Ijo ala Bang Jamal, tersuguh nyata menangkis fatamorgana, menjadi pertolongan pertama pada kelaparan setelah perjalanan yang cukup membuat kantuk dari Cikini sampai ke Bantarjati. Mata pun langsung menyala penuh seksama, memilih lauk-pauk pilihan yang tersaji istimewa di wadah-wadah yang khusus disiapkan dari sejak pukul 6 pagi oleh Bang Jamal.

Yang menarik dari Nasi Kemangi ala Bang Jamal, adalah menunya yang tiap minggu silih berganti di antara menu-menu pilihan seperti berbagai macam menu Telur yang Balado, Dadar, Kecap, Cabe Ijo; macam Perkedel ada Tahu dan Kentang; macam menu Ayam yang Suwir Lada Hitam, Goreng Kelapa, Kecap Cabe Ijo, juga Chicken Katsu. Untuk Pepes ada Tahu, Oncom, Ikan Mas, & Ayam. Tumisan pun banyak pilihan seperti Tumis Daun Pepaya, Bunga Pepaya, Pare, Kacang Panjang, Oncom, Cumi Asin, dan Terong Balado. Tidak ketinggalan berbagai menu Ikan seperti Kembung Balado, Tongkol Balado, dan Pesmol Mujair. Selain Ceker Cabe Ijo, ada juga yang khas sebagaimana selalu ada di menu pilihan khas teman bersantap Nasi Uduk, tak lain dan tak bukan yakni Rendang Jengkol.

semur jengkol teman makan nasi kemangi

Selain Ceker dan Jengkol ada banyak pilihan menu lainnya seperti Ayam Goreng, Ayam Kecap, dan Ayam Cabe Ijo dengan kisaran harga Rp10ribuan. Ada pula pilihan menu pepes-pepesan seperti Pepes Tahu, Pepes Ayam, & Pepes Ikan Mas mulai dari Rp5ribuan sampain Rp15ribuan. Sidedish lainnya seperti Mendoan, Perkedel, Telur, & Tumisan Sayur juga cukup terjangkau di rentang Rp5ribuan. Tidak ketinggalan pula masih ada keistimewaan lainnya di lapak sarapan Nasi Kemangi ala Bang Jamal di Bantarjati ini, yakni Sosis Lada Hitam yang gurih dengan dominasi irisan bawang putih yang besar-besar batangnya, tinggal hap langsung terasa kenyangnya, hanya seharga Rp10ribu seporsinya.

sosis bakar lezat

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk bersantap sarapan ria di lapak Nasi Kemangi ala Bang Jamal ini, tersedia beberapa paket untuk sajian nasinya berdasarkan lauk yang sudah termasuk di dalamnya. Ada Paket Nasi Kemangi Komplit Rp10ribu, sudah termasuk Orek Tempe, Bihun Goreng, serta Kentang Goreng. Untuk Paket Nasi Kemangi Komplit lainnya dengan lauk yang lebih bervariasi  berada pada kisaran harga mulai dari Rp14ribu sampai Rp19ribu.

nasi kemangi enak lengkapini niiih yang yummy! komplit n enak!
nasi kemangi bogoryuuk mari makan !
Yuk Nginep Di Hotel Bogor Termurah Hanya dari Ezytravel.co.id

Saya pribadi lebih memilih sedikit lauk tapi nampol, dengan “bintang utama” di piring saji dari anyaman rotan bambu berupa Sosis Lada Hitam beserta Rendang Jengkol dan Nasi Kemangi, maknyus bin top markotop deh pokoknya. Semua kelezatan pun menggelinjang manja, menggoyang lidah berjuta rasa nan nyata, perpaduan antara kenikmatan gurih pedas manis yang menyatu dalam sekali “hap”.

nampol nih size nasi nya dan lauknya.. kenyang!
nasi kemangi bogorrendang jengkolnya juga sedaap cuy!

Terimakasih Bang Jamal sudah menghadirkan pilihan Sarapan Pagi yang begitu nikmat terpampang nyata memanjakan lidah sampai tak henti bergoyang karenanya. Terimakasih kepada Cici Mitha dan Bang Anjas yang telah menemani saya menikmati Sarapan Berjuta Rasa di Bantarjati Bogor Utara kota hujan kebun raya tercinta. Sampai bertemu lagi di kala sarapan bersama lainnya…

DSC_0122tenkyu bang n ci!
DSC_0122cepet banget abisnya broh! jangan ampe ketinggalan pagi2 dah abis loh
1413 Total Views 7 Views Today
Vote Us
(Visited 593 times, 1 visits today)


About

Writer • Networker • Eater --- WhatsApp at: +6281250413403 Email to: taufan.sulaeman@gmail.com


'Sarapan Wangi Nasi Kemangi di Bantarjati Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool