Share on Pinterest
More share buttons
Ketoprak Japar Bogor

Sarapan Lezat di Ketoprak Japar Bogor

Sabtu menjadi hari favorit untuk saya yang dari Senin-Jum’at keseringan sarapan dengan gorengan. Hari Sabtu merupakan hari yang pas karena saya bisa berburu kuliner enak di kota saya tercinta ini. Yaps kota Bogor. Mendadak saya ingin sekali menikmati ketoprak saat pertama kali buka mata di Sabtu yang cukup cerah saat itu. Ketoprak. Tentu makanan ini sudah tidak asing ya di telinga ezytravelers sekalian. Ketoprak adalah makanan yang menggunakan bumbu kacang, jangan tertukar dengan gado-gado, pecel atau karedok ya. Yang membedakan ketoprak dengan saudara-saudaranya sesama makanan berbumbu kacang adalah penggunaan bawang putih yang menjadi ciri khas bumbunya.

Komponen utama dari ketoprak ini adalah ketupat, bihun, tauge dan tahu. Tidak lupa kerupuk juga ya sebagai pelengkap. Ada juga ketoprak yang menggunakan kentang dan telur sebagai pelengkap. Di Bogor, ada satu ketoprak yang sangat terkenal, yaitu Ketoprak Japar. Jadi lah saya memilih Ketoprak Japar untuk sarapan saya Sabtu itu. Walau lebih cocok untuk makan siang sih ya karena terlalu berat, tapi saya tetep teguh pendirian untuk sarapan Ketoprak Japar 😀

Oiya ezytravelers, sarapan merupakan hal yang penting loh untuk ezytravelers memulai segala aktivitas. Gak usah takut gemuk kalau hanya sarapan. Ya kecuali kayak saya ya, sarapan gak cukup sekali :’D Sarapan malah disarankan loh untuk yang sedang menjaga berat badan, karena sarapan ini dapat membantu kita mengontrol nafsu makan saat makan siang. Sarapan juga dapat menjadi sumber energi saat kita beraktivitas.

Nah, kalau untuk saya sih cocok ya sarapan ketoprak sebagai sumber energi. Secara di dalam ketoprak ada ketupat yang punya kandungan karbohidrat. Hohohoho. Ditambah ada tauge juga yang masuk kategori sayur. Saya nih termasuk orang yang gak suka sayur, jadi sangat terbantu kalau ada makanan enak yang emang di dalamnya ada campuran sayurnya.

Ketupat dan Tauge di Ketoprak Japar Bogor, Mantap

Ketupat dan Tauge di Ketoprak Japar Bogor, Mantap

Apa sih yang membuat Ketoprak Japar ini terkenal?

Ketoprak Japar menjadi sangat terkenal di Bogor karena tingkat kepedasannya. Jika ketoprak lain menggunakan cabai rawit biasa, ketoprak ini menggunakan cabai jablay yang tingkat pedasnya di atas cabai rawit biasa. Kebayang dong ya keringetannya saat makan ketoprak ini dengan cabai jablay. Ketoprak Japar sangat cocok untuk penyuka kuliner pedas. Tapi untuk yang cupu macam saya alias gak kuat pedas, masih bisa ko menikmati Ketoprak Japar yang terkenal ini. Tipsnya nih kalau beli ketoprak ini jangan sebut pedas atau sedang ya, sebut aja langsung jumlah cabainya. Kayak saya nih yang cupu, saya sebut aja cabai satu. Hahahaha, duh kok lucu makan ketoprak cabainya cuma satu :’D

Oh iya selain karena tingkat kepedasannya, Ketoprak Japar ini juga terkenal dan digemari oleh banyak kalangan karena bumbunya yang kental dan banyak untuk satu porsi ketopraknya. Pokoknya ma’teuh banget deh bumbunya.

Bumbu Kacang Ketoprak Japar Bogor yang Menggugah Selera

Bumbu Kacang Ketoprak Japar Bogor yang Menggugah Selera

Setelah Diaduk, Bumbu Kacang Ketoprak Japar Bogor Tetap Bikin Ngiler

Setelah Diaduk, Bumbu Kacang Ketoprak Japar Bogor Tetap Bikin Ngiler

Lokasi

Kalau biasanya ketoprak lain itu berjualannya keliling dengan menggunakan gerobak dorong, Ketoprak Japar ini punya tempat mangkal sendiri loh ezytravellers. Tempat mangkalnya ini ada di dalam perumahan Taman Yasmin Bogor, tepatnya di Yasmin Sektor 1. Tempat mangkalnya di pojok jalan yang sangat strategis dekat cluster anggrek. Walaupun hanya disediakan tempat duduk plastik, pengunjung rela loh menunggu untuk dapat menikmati satu porsi Ketoprak Japar yang terkenal ini.

Jalan-jalan di Bogor, tapi takut ada spot kelewat? Hmm.. tour aja! Nih cari Paket Tour Murah, Sekalian weekend di Bogor Cari Hotel Murah, Kalau dari Bogor, kamu bisa Booking Tike Pesawatke destinasi favorit kamu!
Lokasi Ketoprak Japar Bogor

Lokasi Ketoprak Japar Bogor

Kalau saya sih untuk sarapan tidak pergi ke pusatnya, melainkan saya sarapan di cabang Ketoprak Japar. Tempat saya makan ini lebih dekat dengan rumah saya. Ya walaupun Yasmin Sektor 1 juga dekat sih, tapi cabangnya ini lebih dekat. Adanya di sebrang lapangan bondol dan mesjid At-Taqwa. Tempat mangkalnya tidak hanya gerobak dengan bangku plastik, tapi cabangnya ini ada di ruko jajanan. Jadi saya bisa makan normal dengan menggunakan meja dan kursi tanpa mengurangi kenikmatan makan ketoprak yang HQQ :p

Harga

Satu porsi ketoprak japar ini dihargai 12.000 rupiah. Lumayan murah jika dibandingkan dengan kelezatan yang kita dapat saat menghabiskan seporsi ketoprak sedap menggugah selera ini. Gak bikin kantong bolong kan, ezytravelers? 😛

1187 Total Views 27 Views Today
Vote Us
(Visited 186 times, 4 visits today)



'Sarapan Lezat di Ketoprak Japar Bogor' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool