Share on Pinterest
More share buttons
doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

Sarapan Doclang Pasar Gunung Batu, Yuk!

Bogor yang kini dikenal sebagai tempat yang pas untuk berwisata kuliner memang benar adanya. Tempat nongkrong yang identik dengan cafe atau tempat makan pun semakin menjamur di Kota Hujan ini. Mulai dari yang mewah hingga makanan pinggir jalan. Mulai dari yang harga mahal hingga harga pinggiran. Pokoknya kuliner Bogor tidak kalah dengan kuliner di tempat lainnya, deh! Salah satu makanan khas Bogor yang ingin saya rekomendasikan untuk menu sarapan ialah Doclang.

Doclang yang rupanya mirip kupat sayur ini memiliki rasa unik guring yang juga manis. Bumbu kacang dicampur beberapa komponen lainnya seperti sedikit cabe, garam, dan bumbu penyedap yang telah dihancurkan menjadi syarat utama dalam penyajian doclang. Doclang Pasar Gunung Batu menjadi tempat favorit saya untuk menikmati sarapan di Bogor.

Sebenarnya, penyajian satu porsi doclang Pasar Gunung Batu tidak jauh berbeda dengan doclang lainnya yang dijual di Bogor, namun cita rasa yang diberikan sedikit berbeda. Jika biasanya doclang memiliki rasa yang sungguh manis, beda dengan doclang Pasar Gunung Batu yang terasa lebih gurih. Bagi saya penikmat rasa gurih dan pedas tentunya akan lebih menyukai doclang versi Pasar Gunung Batu dibandingkan tempat lainnya hihi.

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Temukan pilihan terbaik ini: Booking Tiket Online, Paket wisata Indonesia dan Keliling Nusantara

 

doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

Sebenarnya, pedagang doclang bisa ditemukan dengan mudah di Kota Bogor. Doclang sendiri bisa dijual di tempat atau dijual berkeliling. Biasanya penjual doclang keliling akan memanggul dagangannya. Artinya, lontong atau kupat, tahu, kentang, dan bumbu kacang beserta sambal dan kecap dibawa berkeliling. Waw! Pedagang doclang keliling ini juga hanya bisa ditemukan di pagi hari, sama seperti pedagang doclang Pasar Gunung Batu.

Doclang yang dijual berkeliling juga memiliki rupa yang sama dengan doclang saya rekomendasikan di Pasar Gunung Batu. Potongan kupat atau lontong di atas piring ditambahkan potongan tahu dan juga kentang goreng, kemudian bumbu kacang dituangkan di atasnya ditambah bawang goreng dan juga kerupuk. Nah, jika kalian memesan doclang di Pasar Gunung Batu, penjual doclang akan menawarkan penambahan telur rebus di atasnya. Telur rebus yang dipesan juga bisa dipotong menjadi dua atau tetap disajikan dalam bentuk utuh. Semuanya tergantung selera kalian, yah!

doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

Doclang Pasar Gunung Batu ini boleh dikatakan juga legendaris. Karena penjualnya telah membuka warung doclang di Pasar Gunung Batu selama hampir 20 tahun. Yup, saya sudah menikmati menu doclang khas ini sejak saya berumur 3 tahun, loh! Dan rasa yang disajikan dari pertama saya mencobanya hingga saat ini tetap lah sama. Gurih dan tidak terlalu manis, namun tetap bercita rasa!

doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

Menurut saya doclang itu paling enak disantap dengan cara diaduk terlebih dulu, ezutravellers! Ibaratnya, rasa nikmat dari satu porsi doclang itu ada saat bumbu kacang beradu dengan bawang goreng dan kerupuk di atasnya. Karena saat ketiganya menyatu dengan kupat atau lontong dan tahu serta kentang goreng, kalian akan merasakan semua material bercampur jadi satu di lidah.

Apalagi kalau kerupuk yang awalnya garing atau renyah menjadi lumer setelah terkena bumbu kacang. Emm, rasanya tidak terbayangkan lagi! Bagi saya bumbu kacang yang dibuat oleh penjual doclang di Pasar Gunung Batu ini yang paling pas di lidah. Dari banyaknya pedagang doclang yang bisa ditemui di Bogor, cita rasa unik dari racikan bumbu doclang Pasar Gunung Batu tetap jadi juaranya!

doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

doclang pasar gunung batu doc.delladiningtyas

Doclang Pasar Gunung Batu buka setiah harinya mulai pukul 07.30 dan tutup jika dagangannya sudah habis, ezytravellers. Jika kalian beruntung, kalian bisa menikmatinya hingga pukul 11.00 tapi tidak jarang pada pukul 09.00 kalian akan kehabisan menu doclang andalan saya. Apalagi di waktu akhir pekan, doclang lebih cepat habis jika dibandingkan dengan hari lainnya.

Kebanyakan orang membeli doclang setelah mereka berbelanja di Pasar Gunung Batu. Maklum, lokasinya yang berada di dalam pasar ini menjadi alasan doclang Pasar Gunung Batu begitu populer di kalangan ibu rumah tangga yang senang berbelanja di sana. Jadi tidak heran kalau kalian akan menemukan banyak pembeli yang membawa serta dagangannya ke sini hihi. So, pilihan sarapan doclang di Pasar Gunung Batu bisa jadi pilihan lainnya, kan?

tiket mudik murah

 

1211 Total Views 3 Views Today
Sarapan Doclang Pasar Gunung Batu, Yuk!
Vote Us
(Visited 111 times, 1 visits today)


'Sarapan Doclang Pasar Gunung Batu, Yuk!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 Hellobogor.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool